Menjaga Performa Perusahaan melalui Penghargaan kepada Karyawan

Menjaga Performa Perusahaan melalui Penghargaan kepada Karyawan

Menjaga Performa Perusahaan melalui Penghargaan kepada Karyawan

Bagaimana Anda dapat menjaga dan mempertahankan Moral dan Produktivitas dalam suatu Siklus Operasional atau suatu kejadian kerja?.  Roda Ekonomi dan Bisnis Perusahaan atau Organisasi pasti mengalami Pasang Surut.  Berikut beberapa saran yang dikutip dari 100 Ways to Reward Employees (Workman), by Bob Nelson dalam memberikan Apresiasi dan Penghargaan bagi pekerjaan yang berhasil baik.  Apresiasi ini akan mampu mempertahankan Kinerja dan Performa Organisasi.  Inilah mengapa Anda perlu Menjaga Performa Perusahaan melalui Penghargaan kepada Karyawan.

  1. Berikan kesempatan pada orang Anda untuk melakukan Relaksasi pada akhir pekan seperti Spa atau Pusat Terapi Fisik.  Anda seolah mendorong mereka untuk melakukan Aktivitas yang dapat memperlancar Sirkulasi Aliran Darah dan berpengaruh terhadap Semangat dan Mental Kerja.  Melepas Stress dan Beban kerja sekali dalam sepekan cukup efektif dalam mempertahankan semangat kerja.
  2. Berikan Otorisasi dalam beberapa kegiatan sehingga Tim Anda mendapatkan Kepercayaan dan merasakan sebuah Penghargaan walau hanya seperti Kegiatan Meeting Rutin, Gathering Dealer dan Customer.
  3. Tulis “Surat Pujian” kepada Karyawan dan Tim Anda yang Berprestasi  dan Berkontribusi, dapat berupa Surat Resmi, Note, Memo dana lainnya.  Dapat pula Anda Share Prestasi mereka setiap Briefing Pagi kepada seluruh lini organsisasi atau departemen Anda.
  4. Berikan kesempatan mereka mengemudikan Kendaraan Anda yang mungkin masih jauh dari harapan mereka memilikinya.  Sensasi ini cukup membanggakan bagi mereka.
  5. Ajaklah mereka sesekali Nonton Bareng – NOBAR untuk film yang mungkin tengah trend saat ini.  Ini cukup efektif membangun kebersamaan Atasan dan Bawahan dan menghilangkan aral komunikasi yang mungkin sering terjadi setiap hari.
  6. Jikalau Anda cukup senang dengan permainan Golf, sertakan mereka dalam kegiatan Anda ini sebagai bentuk apresiasi  lain dengan mengenalkannya pada Relasi dan Kolega Bisnis Anda
  7. Belikan sesuatu yang cukup menarik perhatian anak mereka, walau tidak harus pada saat momen khusus seperti Ulang Tahun atau Kenaikan Kelas.  Anda dapat lakukan setiap saat dan setiap momen apapun.  Ini menunjukkan perhatian Anda lebih tidak hanya urusan Pekerjaan namun juga perhatian terhadap Lingkungan dan Keluarganya.
  8. Letakkan Bunga atau Balon di meja mereka pada saat pagi hari sebelum aktivitas atau rutinitas berjalan.  Anda dapat pula menggantinya berupa Makanan Ringan seperti Coklat atau Gula-gula.
  9. Selain memberikan hadiah pada anaknya, tak lupa Anda juga perlua luangkan Waktu dan sedikit Uang untuk Hadiah Kecil pada Tim Anda.
  10. Berikan dispensasi ketika mereka berhasil mereferensikan salah satu karyawan yang berhasil melewati masa percobaan dan bekerja dengan baik dalam bentuk Pulang Tengah Hari.

Mempertahankan lebih sulit daripada Merebut, hal ini sudah merupakan Peribahasa Umum dan berlaku Universal dalam setiap elemen kehidupan manusia, baik perilaku Sosial, Budaya atau Bisnis.  Mempertahankan dan Menjaga Performa atau Kinerja Organisasi tidak lepas dari Performa Individu.  Dengan bermacam ragam dan karakter unik setiap Individu dalam Tim Anda, maka perlu perlakuan yang berbeda pula bagi masing-masing Individu.

Comments
  1. Louanne | Reply

Leave a Reply