Menjadi seorang Talenta yang Produktif dalam Pengembangan Diri Anda

talenta produktifSeorang yang produktif tidak hanya akan berguna bagi Atasan dan Tim, namun juga bagi diri sendiri, terutama dalam pengembangan diri dan karir profesional.  Selain sebagai pekerja keras dan pekerja cerdas, seorang produktif mempunyai berbagai kualitas dan karakter yang membedakan mereka dari orang lain.  Perbedaan kualitas individu inilah yang memberikan kinerja luar biasa, sebagaimana dikutip dari inc.com berikut ciri-ciri pribadi yang produktif untuk menjadikan Anda seorang talenta yang berkualitas.

1.  Melaksanakan Pekerjaan meski mendapatkan Penolakan.

Tidak hanya kerja keras yang akan membuat Anda berbeda dari orang lain. Orang Produktif tidak merasa khawatir dengan mengikuti dan menyenangkan orang lain meski hal tersebut tidak mereka setujui.  Anda selalu terlatih untuk mendengar kritik, menanggung tawa atau bahkan permusuhan. Namun demikian Anda tetap mengukur berdasarkan standar diri yang terbaik.  Dan kebanyakan dalam proses yang dilalui, Anda akan berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.

2.  Melihat Ketakutan bagaikan Siang dan Malam.

Siapakah yang tidak mempunya rasa takut, meski seorang ahli sekalipun, namun jika Anda mampu menyembunyikannya, meski tengah tampil di panggung, itulah ciri seorang yang mempunyai Talenta Produktif.  Anda tidak menonjolkan sisi ‘bergetar’ menghadapi  pendengar, namun mampu memanipulasi dengan sebuah persiapan matang.  Anda tentu mempunyai cara tersendiri dalam mengatasinya.  Sebelum beraksi, Anda biasanya dapat mandi lebih awal, memakai pakaian yang menarik dan meminum air agar tidak gugup. Anda mungkin takut, namun akan menjadikannya sebuah kebiasaan yang pasti terjadi seperti kepastian datangnya Siang dan Malam, atau terbitnya Matahari dan lainnya.  Orang produktif tidak lebih berani daripada yang lain, akan tetatpi berhasil menemukan kekuatan untuk terus maju. Anda menyadari bahwa melumpuhkan ketakutan akan menciptakan Kepercayaan dan Keyakinan Diri yang tinggi.

3.  Melakukan yang Terbaik pada hari Terburuk.

Sebagai orang sukses Anda tidak akan membuat alasan. Anda tetap maju karena tahu bahwa segala sesuatunya membutuhkan waktu dan usaha. Anda akan mengasah kebiasaan baik dan melakukan usaha terbaik meski menghadapi hari yang buruk sekalipun.

4.  Melihat Kreativitas sebagai Upaya bukan Inspirasi.

Kebanyakan orang akan menunggu ide, dan mereka berpikir bahwa kreativitas akan terjadi sendiri. Berharap bahwa inspirasi akan menunjukkan kepada kita sebuah konsep atau cara baru.  Ungkapan bahwa “ide besar akan datang” mungkin ada benarnya. Akan tetapi sebuah Kreativitas merupakan hasil dari usaha dan upaya. Penemuan besar adalah hasil dari perjuangan, kerja keras dan percobaan.  Pekerjaan yang dilakukan dengan sebuah niat dan semangat lah yang menghasilkan inspirasi.  Sebagai Orang Produktif Anda tidak akan menunggu ide, Anda paham bahwa ide-ide besar akan datang jika rajin bekerja, bukan rajin bermimpi.

5.  Meminta Bantuan bukanlah Kelemahan.

Saat Anda tersesat langkah bijaksana yang perlu dilakukan adalah meminta bantuan rekan atau orang lain.  Hal inipun berlaku pada saat Anda tengah kesulitan memutuskan sebuah permasalahan, dan tidak menutup diri akan bantuan dari orang lain.  Meski Anda mempunyai kelebihan, namun sebagai Talenta yang produktif tidak perlu ragu untuk meminta bantuan jika kurang tahu akan suatu hal. Meminta bantuan adalah sebuah tanda kekuatan dan kunci mencapai hasil lebih dari yang Anda inginkan.

6.  Memulai dan Bertindak.

Jangan pernah menunggu kondisi sempurna, meski tengah menghadapi tugas sulit, atau menghindari tantangan besar.  Mungkin Anda tengah mengalami penurunan motivasi dan disiplin diri. Tetapi menunda pekerjaan bukan sebuah solusi yang efektif.  Jika Anda segera memulai tindakan, pada akhirnya Anda akan berpikir bahwa pekerjaan tersebut tidak seberat yang dibayangkan. Itulah yang dialami orang-orang produktif.  Tidak berpikir tentang rasa sakit di awal, Anda hanya fokus pada seberapa baik bisa bekerja dan terlibat. Anda hanya bisa memulai dan tidak akan berhenti.

7.  Menyelesaikan Tugas.

Tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti sebelum selesai. Kecuali ada alasan yang benar-benar menyulitkan. Dan tentu saja, itu hampir tidak pernah terjadi pada saat Anda menghadapi semua tantangan dan rintangan.

One thought on “Menjadi seorang Talenta yang Produktif dalam Pengembangan Diri Anda

  1. trinitycom December 6, 2013 at 1:25 PM

    Sependapat. Tingkat kualitas diri setiap orang memang sangat menentukan tingkat karya dan performa-nya. Beberapa karakteristik diri ini, adalah bagian lain dari kualitas kepribadian yang sangat potensial untuk menjadi orang-orang produktif yang berkinerja luar biasa. Itu juga yang menjadi salah satu dari tugas kami. Membantu memaksimalkan bakat ketrampilan dan kepribadian para potensimuda. Membantu menjadi orang-orang muda yang produktif dan mandiri. Tq, Admin for sharing yang menguatkan.

Leave a Reply