Menjadi Pemimpin yang Strategist bagi Organisasi Anda

strategic leaderPemimpin tidak harus menjabat sebagai CEO atau Top Manajemen dalam perusahaan, dan tidak pula harus mempunyai pengalaman kerja berpuluh tahun dalam sebuah organisasi. Yang utama dalam posisi seorang pemimpin adalah mampu mempengaruhi orang di sekitarnya untuk ikut terlibat aktif dalam pengembangan organisasi. Keterlibatan yang bersifat pemberdayaan untuk tumbuh kembang perusahaan menjadi lebih baik dan performa serta produktivitas kerja masing-masing individu meningkat. Menjadi pemimpin mungkin menjadi idaman banyak para profesional, karena akan tampak jelas peran serta dan tanggung jawabnya dalam struktur organisasi, namun menjadi sebuah tantangan besar pula jika Anda belum menunjukkan kompetensi yang handal dalam mengelola organisasi, seperti visi dan misi serta strategi perusahaan. Salah satu diantara kompetensi seorang pemimpin yang handal adalah mampu mengembangkan strategi dan mengimplementasikannya sampai level paling bawah.

Pemimpin puncak bertanggungjawab dengan keberhasilan roda perusahaan yang dipimpinnya, dengan mengacu pada planning dan strategi yang dibuat. Proses monitoring dan kontrol sebuah strategi adalah tugas pokok seorang pemimpin puncak. Mengacu pada pendapat seorang ahli manajemen strategi yakni Michael Porter, maka terdapat beberapa aktivitas dan perilaku seorang pemimpin yang strategist, yakni pemimpin organisasi yang selalu mengedepankan strategi dalam tindakannya.

1. Mampu menjaga Performa Organisasi dengan Resource Terbatas.

Pemimpin yang strategist tidak akan menuntut Sumber Daya berlebihan demi sebuah prestasi atau performa. Seorang pemimpin strategist mampu membangun kemegahan dengan tangan sendiri, artinya cost benefit ratio dalam pengembangan organisasi menjadi acuan utama Anda. Sungguh ironis jika kesuksesan menjadi pemimpin pasar dalam layanan pelanggan terjadi karena sumber daya manusia yang berlimpah tidak diimbangi dengan efisiensi biaya operasional. Anda Perlu disiplin dan konsisten dalam menjalankan strategi yang ada untuk selalu kreatif dan inovatif meski sumber daya terbatas atau kurang. Jadilah pasukan khusus bukan kelompok padat karya.

2. Menentukan Prioritas Utama bagi Organisasi.

Stephen Covey sudah mengajarkan kebiasaan seorang yang efektif, yakni menentukan yang utama. Ini pula yang menjadi acuan bagi Anda sebagai pemimpin yang strategist. Meski perusahaan tengah berada dalam performa yang maksimal, serta banyak karyawan yang senang dengan kesuksesan mereka, Anda tidak menyarankan untuk cepat berpuas diri. Perubahan untuk selalu lebih baik harus menjadi dasar Anda menggerakkan mereka setiap saat. Meski rencana berjalan lancar, Anda sebagai pemimpin yang strategis harus tetap fokus dan peka dengan kondisi yang mungkin berubah. Perubahan yang terjadi akan berdampak pada strategi perusahaan dan harus siap diantisipasi oleh semua lapisan. Disinilah peran Anda sebagai pemimpin strategist harus mampu melihat prioritas utama bagi pergerakan perusahaan.

3. Membangun rasa tanggungjawab bersama akan Strategi Perusahaan.

Strategi harus dishare kepada seluruh jajaran organisasi sehingga masing-masing individu akan merasakan apa yang dicanangkan perusahaan. Sungguh percuma jika strategi hanya menjadi konsumsi terbatas bagi manajemen puncak, dan tidak terasa kepada lapisan struktur bawah organisasi. Mereka akan merasa sebagai pelaksana belaka yang tidak perlu terlibat lebih jauh mengenai visi misi masa depan perusahaan. Strategi yang dirancang perlu dimodifikasi dalam penyampaiannya kepada setiap jajaran organisasi Anda, sehingga keberadaan mereka benar-benar dibutuhkan perusahaan.

4. Menjadi Teladan dan Role Model untuk seluruh jajaran.

Tugas pemimpin tidak lain adalah mengajarkan anggotanya untuk paham dan mengerti tujuan perusahaan. Anda berfungsi sebagai guru dan mentor bagi setiap individu organisasi. Pemimpin yang strategist harus komunikatif dan aktraktif kepada setiap karyawannya untuk paham terhadap konsep dan visi misi perusahaan. Pemimpin Strategist pun perlu menunjukkan bahwa Anda konsen terhadap strategi yang dijalankan, dan ini merupakan sebuah role model yang efektif bagi organisasi.

Pemimpin strategist adalah model pemimpin yang harus menjadi acuan Anda dalam mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik setiap saat. Anda perlu memberikan wawasan yang sama kepada masing-masing karyawan akan strategi perusahaan dan menjadi guru terhadap mereka dalam mencapai tujuan organisasi.

Leave a Reply