Anda pun pasti mampu menjadi seorang Pemimpin yang Percaya Diri

smileKepemimpinan adalah Pengaruh tidak lebih dan tidak kurang, inilah inti dasar dari Definisi Kepemimpinan yang mungkin sering Anda dengar.  Sebagai pemimpin Anda perlu mempunyai Pengaruh dan jika pengaruh tersebut masih kecil dan terbatas maka latihlah kepemimpinan Anda untuk terus berkembang sehingga makin luas pengaruh Anda.  Dengan terbangunnya pengaruh yang cukup luas, seiring hal tersebut Anda akan menjadi Pemimpin yang percaya diri.  Meski membangun kepercayaan diri juga bukan hal mudah, terlebih jika Anda tidak memiliki harga diri yang kurang untuk memulainya.  Sebagaimana kebanyakan orang yang cukup sulit untuk menyapa terlebih dahulu, padahal Anda akan mampu terus mengembangkan rasa percaya diri dan keyakinan hanya dengan memulai untuk menyapa terlebih dahulu.  Kepercayaan diri bukanlah hal teknis, namun sebuah perilaku emosional yang dapat dipicu dan dilatih dengan tindakan fisik.  Maka demi untuk mengembangkan organisasi, meningkatkan pengembangan diri dan karir serta memperkuat pengaruh kepemimpinan, sebagaimana dikutip dari entrepreneur.com berikut langkah mudah yang dapat Anda lakukan.

1.  Rencanakan Sesuatu pada saat Anda Spontan keluar ruangan.

Perencanaan adalah sebuah konsep berpikir strategis dan sistematis, namun adakalanya Anda perlu melakukan sebuah perencanaan disaat Anda tengah melakukan sebuah spontanitas.  Misal, Anda spontan berlari menaiki tangga dari lantai paling bawah ke paling atas, dan disaat tersebut akan terjadi peningkatan kemampuan Anda berpikir akan sesuatu  kemungkinan baru bagi bisnis atau organisasi Anda.  Spontanitas adalah sebuah tindakan yang dapat memicu pola pikir kreatif dan inisiatif.

2.  Dengarkan sebelum Berbicara.

Banyak orang yang mendengarkan hanya karena menunggu waktu kapan dia berbicara.  Dan pada hakikatnya jika Anda hanya menunggu waktu berbicara, niscaya hubungan yang tengah Anda bangun dengan lawan bicara menjadi sebuah kesia-siaan dan rencana diplomasi atau negosiasi akan berkahir lebih cepat dari yang Anda bayangkan.  Belajarlah untuk mendengarkan secara aktif, yakni memperhatikan percakapan dan menelaah jawaban yang diberikan lawan bicara Anda.  Anda akan menunjukkan kepedulian dan peningkatan hubungan emosional.

3.  Perhatikan Penampilan.

Penampilan mampu mengangkat performa presentasi Anda hingga 25%, dan inipun berlaku pada setiap perkara yang Anda lakukan.  Urusan Bisnis, Sosial ataupun Pendidikan sekalipun cukup membantu rasa percaya diri jika Anda mampu menampilkan komposisi pakaian yang dikenakan dan aksesoris yang melekat.

4.  Latihan Fisik.

Tubuh yang sehat adalah pikiran yang sehat, dalam situasi apapun. Luangkanlah waktu Anda 10 atau 20 menit setiap hari demi menjaga tubuh Anda fit. Hal ini akan meningkatkan postur tubuh dan bahasa tubuh serta harga diri Anda dan memperkuat situasi untuk pengambilan keputusan – terlebih pada situasi penuh stres. Endorfin yang Anda hasilkan selain membangun rasa percaya diri, juga terlihat orang lain dari pancaran wajah Anda.

5.  Tersenyumlah.

Senyuman, meski Anda bukanlah seorang yang punya percaya diri tinggi akan menempatkan orang disekitar Anda terasa nyaman.  Senyuman juga membangun pengaruh Anda kepada orang sekitar.  Senyum adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda menjadi pemimpin yang berpengaruh.

Leave a Reply