Ketika Anda Menjadi Pemimpin yang Dipercaya, maka bersiaplah Sukses dan Kaya

Berbicara tentang Pemimpin dan Kepemimpinan tiada habisnya selama Anda berada dalam Lingkungan Kehidupan Manusia.  Sebagai Pribadi dan Individu atau sebagai Anggoa Kelompok Organisasi, Anda tidak akan pernah lepas dari Kepemimpinan.  Adakalanya Anda berlaku sebagai Pengikut, namun tidak jarang Anda berperan sebagai Pemimpin.  Menjadi Pemimpin merupakan sebuah Berkah yang tidak boleh disia-siakan.  Bukan memanfaatkan posisi dan jabatan, melainkan memanfaatkan Kesempatan menjadi yang dikenang dan dihargai.  Untuk itulah Anda perlu membangun Kepercayaan dalam Kepemimpinan Anda.  Menjadi Pemimpin yang Dipercaya merupakan Modal Sukses dalam Kehidupan.

Pemimpin mengarahkan Tim mencapai Goals, Memotivasi dan Meringankan Beban yang dihadapi.  Untuk itu diperlukan selain Ketrampilan Kepemimpinan, juga Kepercayaan dari anak buah.  Nilai Trust ini yang akan membangun Nilai Kepemimpinan dengan hakiki.  Bagaimana Anda dapat menjadi Pemimpin yang dipercaya, berikut beberapa tips.

1.  Walk the Talk

Jika Anda melakukan yang benar, maka orang akan mengikutinya.  Pastikan ide yang Anda ajukan merupakan Nilai yang Positif bagi Organisasi, selanjutnya Anda melakukannya sesuai ketentuan yang telah dibuat.  Jelaskan bagaimana Anda ingin sebuah perubahan atau perbaikan terjadi bagi Tim dan manfaatnya bagi semua orang.

2.  Percaya Diri

Pondasi untuk tumbuh bagi Pemimpin adalah Percaya Diri.  Anda harus yakin dan percaya diri dalam Pengambilan Keputusan dan Berkomitmen dengan Putusan tersebut.  Pada saat tidak ada percaya diri, maka Anda akan ragu dan tidak tegas dalam Mengambil Keputusan, yang mungkin berdampak buruk bagi semua.

trusted leader3.  Teladan atau Memberi Contoh

Pemimpin yang baik selalu menjadikan perilakunya sebagai contoh bagi pengikut.  Anda tidaklah memperoleh Kepercayaan begitu saja pada saat orang lain tidak melihat Anda melakukannya.  Mahatma Gandhi berkata, “Be The Change you wish to see in the world”.  Tumbuhnya Kepercayaan karena perilaku yang dilihat para pengikut.

4.  Terbuka

Keterbukaan tidak selalu bersifat buruk bagi perkembangan organisasi.  Jika Anda menghadapi sebuah permasalahan yang mungkin tidak dapat diselesaikan sendiri, alangkah baiknya Anda Membuka Diri dengan berbagi kepada Tim, selain menghindari Prasangka, Anda akan mendapatkan Masukan dan Opini demi penyelesaian masalah yang ada.

5.  Adil dan Konsisten

Sikap Adil yang mungkin cukup sulit dan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda sebagai Pemimpin.  Anda memiliki banyak pengikut dengan Karakter dan Perilaku yang berbeda.  Adakalanya Anda menyukai seseorang sehingga sedikit melebihkan mereka dibandingkan yang lainnya.  Namun untuk menjadi Pemimpin yang adil, Anda perlu menempatkan setiap anggota tim pada porsi seharusnya.  Anda harus konsisten dengan sikap tersebut sehingga masing-masing anggota tim merasakan hal yang sama satu dan lainnya.

6.  Berpikir “kita”

Sebagai Pemimpin yang Jujur, Anda akan selalu berkata bahwa keberhasilan adalah Kerja semua orang dalam Tim.  Mungkin banyak Ide dan Masukan dari buah pemikiran Anda, namun tetaplah Sukses merupakan Kerjasama semua Anggota Tim.  Lao Tzu, Guru Kepemimpinan pernah mengungkapkan bahwa Pemimpin yang Sukses adalah Pemimpin yang ketika tugas diembannya rampung dengan baik, maka anggota tim akan mengatakan “we did it ourselves!”.

Anda adalah Pemimpin bagi diri sendiri dan orang lain, yang dipercaya dan yang didukung.  Kembangkan sikap Pemimpin yang Dipercaya sehingga Anda merasakan Manfaat menjadi Pemimpin.

ikhtisar.com

Leave a Reply