Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda tanpa harus menjadi Tirani

produktivitas karyawanSebagai pemimpin perusahaan tentunya Anda ingin mempunyai Tim Inti yang Handal, Kreatif, Inovatif dan pastinya Produktif.  Produktivitas akan berkaitan dengan hasil akhir sebuah organisasi dibangun, yakni keuntungan Materi atau Non Material.  Anda dapat mencari cara terbaik bagi organisasi Anda untuk membuat perubahan menjadi lebih baik dengan beribicara pada setiap karyawan.  Produktivitas yang menjadi tanggung jawab Anda adalah Produktivitas seluruh lapisan organisasi, bukan hanya pribadi Anda sebagai pemimpin.  Anda perlu mengarahkan masing-masing individu dalam tim untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai visi dan misi.  Menjadi pemimpin yang mampu mendorong tanpa harus mendorong-dorong adalah tantangannya.  Dikutip dari inc.com, berikut beberapa saran yang dapat Anda jadikan acuan membangun produktivitas tanpa menjadi Tirani.  Tentukan tujuan dan arah yang jelas dari organisasi Anda, dan golongkan dalam 3 perilaku, yaitu Ekspresif, Ketegasan dan Fleksibilitas. 

1.  Ekspresif (Expressiveness).

Ekspresi adalah Komunikasikan Tujuan Anda dengan Jelas dengan beberapa cara berikut:

A.  Pertemuan Besar kepada setiap karyawan yang dapat dilakukan pada awal tahun (Kick Off Meeting) atau pertengahan tahun (MidYear Meeting), namun perlu juga  Anda bertemu langsung dengan beberapa orang  dalam penetapan tujuan secara introspektif .

B.  Komunikasikan visi dan proses dengan metode yang berbeda, dimana beberapa orang perlu berbicara untuk mengerti, sedangkan yang lain hanya perlu tahu informasinya sebelum menanggapi .

C.  Brainstorming atau sesi Problem Solving (Pemecahan Masalah), dapat menjadi salah satu sarana untuk mengungkapkan goals dan objectives, dan hindari memberikan tekanan pada setiap orang untuk kreatif atau menemukan jawabannya segera. Bila mungkin, menerima saran atau ide setelah pertemuan. 

2.  Ketegasan (Assertiveness).

Jadilah Kolega, namun dengan Batasan.

A.  Pastikan suasana kekerabatan untuk membantu menjaga semangat tinggi karyawan Anda, tetapi tambahkan kondisi kompetitif untuk mendorong setiap orang untuk maju.

B.  Tidak semua orang akan agresif untuk maju pada tujuan, dan hal itu adalah wajar.

C.  Memberikan ruang kebebasan pada setiap orang, bagi yang ingin agresif dan bergerak cepat maupun yang hanya berjalan sesuai dengan kapasitasnya.  Dengan demikian tujuan akan tetap terjaga baik dan bebas konflik. 

3.  Keluwesan (Flexsibility).

Tetap Fokus pada Tujuan tapi bersedia untuk Beradaptasi.

A.  Tetapkan Tujuan Prioritas yang berguna bagi tim Anda untuk tahu kapan fokus boleh berubah pada proyek lain, akan tetapi batas waktu juga harus jelas sehingga menjaga tim terfokus .

B.  Apakah tujuan harus tetap pada jalurnya?   Anda dapat mengandalkan mereka yang memilih situasi yang ditetapkan untuk memastikan hal tersebut terjadi. Pastikan pendapat mereka didengarkan dan dihargai.

C.  Jika tujuan diubah apakah akan ada informasi baru? Anda dapat mengandalkan mereka yang menerima perubahan untuk memimpin. Menciptakan sebuah platform untuk memperkuat suara mereka dalam tim.

ikhtisar.com

Leave a Reply