Bagaimana Cara Meningkatkan Ketrampilan Presentasi agar Karir Anda lebih Progressif

meningkatkan ketrampilan presentasiSudah disadari bahwa kesuksesan Anda dalam bekerja dapat ditentukan dari beberapa faktor diantaranya:

  • Technical Skill, Kemampuan Teknis Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau proyek yang diberikan, yang lebih dikenal dengan Hard Skill.
  • Soft Skill, Kemampuan Anda dalam mengkomunikasikan proyek kepada anggota tim terkait sehingga saling berkontribusi mencapai hasil yang diharapkan.  Softskill ini dapat berupa Ketrampilan Komunikasi (Communication Skill), Perilaku (Character) dan Bahasa Tubuh (Body Language)

Satu diantara manfaat ketrampilan dalam berkomunikasi adalah penyampaian materi yang tepat sasaran dan jelas tujuannya.  Sebagai seorang pekerja Anda akan sering melakukan komunikasi baik berdua dengan lawan bicara atau dalam sebuah forum.  Keahlian komunikasi, menjadi syarat penting yang harus dipenuhi, dan hal tersebut akan lebih mudah dalam pemaparan materi secara lebih jelas bagi orang lain. Tujuan penyampaian secara jelas ini terkait dengan harapan pendengar Anda menerima Ide dengan Baik dan Segar (Fresh).

Presentasi yang berlangsung monoton hanya akan mengurangi hasrat pendengar  dan memberikan dampak tidak baik dalam penyampaian pesan dan ide yang ingin dijelaskan.  Terlebih dengan bahasa tubuh yang tidak menunjang, dapat dipastikan presentasi Anda akan sia-sia.  Keahlian dan Ketrampilan Komunikasi juga diperlukan dalam penilaian Anda terhadap Audiens dan cara-cara menghadapi Sanggahan atau Pertanyaan yang mungkin timbul.

Selain Kemampuan Komunikasi yang di tunjang Bahasa Tubuh perlu juga ketrampilan Anda dalam berbahasa yang tepat.  Berikut beberapa tips dalam mengemukakan pesan Anda dalam bahasa yang baik dan benar:

  • Ucapan Artikulasi Kata Jelas.  Sering berlatih dalam pengucapan kata akan mempermudah komunikasi dan presentasi Anda.  Logat tidak menjadi kendala selama Ucapan dan Artikulasi Anda Jelas dan Terdengar Wajar.
  • Intonasi dan Kecepatan yang Cukup.  Terkadang Anda ingin dengan segea menyampaikan pesan dan ide, namun adakalanya pendengar Anda termasuk tipe orang yang menelaah kata demi kata sebelum menyimpulkannya.  Jangan beranggapan bahwa ucapan yang cepat menunjukkan Kecerdasan dan Kepintaran, justru khawatirlah ketika orang lain tidak menerima pesan Anda dan akhirnya mengabaikan.
  • Istilah Kata Sopan dan Membumi.  Tidak perlu berlaku ke-barat-barat-an dengan memperbanyak istilah asing yang mungkin banyak Audiens Anda tidak paham dan tidak mengerti.  Sebijaknya Anda mengedepankan Bahasa Lokal atau Bahasa Nasional yang cenderung lebih dimengerti.  Lakukanlah latihan dengan sering membaca Artikel dan Surat Kabar dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Dengan memperdalam ketrampilan komunikasi dan bahasa yang tepat, selanjutnya Anda perlu mempelajari alat presentasi secara baik pula serta kondisi tempat Anda melakukan pemaparan.  Jangan Anda sampai mengalami Demam Panggung, karena gaptek dengan Pointer terbaru atau Slide Presentasi tidak nge-link dengan yang seharusnya.  Penguasaan Perangkat Keras ini cukup membantu Anda terhindar dari kesalahan fatal yang mungkin terjadi.

Selanjutnya perhatikan pula Penampilan Anda agar terlihat Formal dan Normal, tidak berlebihan yang dapat mengganggu Audiens saat menerima pesan atau materi.

Bicaralah hanya mengenai materi yang benar-benar anda kuasai dan tidak melakukan Overlapping berlebihan. Perbanyak Referensi Materi yang perlu didalami sebagai persiapan ketika ada pertanyaan tak terduga atau berbicara hal yang sedikit agak menyimpang namun masih pada tema yang sama.  Memperbesar penguasaan Materi Presentasi menghindarkan Anda dari pertanyaan yang menyimpang dari Tema Presentasi yang membuat Anda tampak bukan seorang Ahli.  Presentasi yang hebat akan memuluskan Jalan Karir Anda dalam Organisasi karena kemampuan Anda menjalin hubungan Komunikasi yang handal sehingga Ide, Pikiran dan Gagasan Anda dapat tersampaikan secara Baik dan Jelas.

Leave a Reply