Mengurangi Turnover Karyawan bukan Mustahil

Mengurangi Turnover Karyawan bukan Mustahil
Mengurangi Turnover Karyawan bukan Mustahil

Gaji dan kompensasi yang kompetitif, bahkan diatas rata-rata industri yang sama, kemudian waktu kerja yang fleksibel, lalu adanya tunjangan biaya bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, merupakan salah satu cara dalam mempertahankan karyawan (Employee Retention).  Khususnya bagi karyawan generasi millenium (baca : Gen Y), cara tersebut adalah prioritas utama untuk merekrut dan mempertahankan mereka sehingga menurunkan turnover perusahaan.  Mengurangi Turnover Karyawan bukan Mustahil selama tahu celah dan selahnya.  Akan tetapi mengurangi turnover banyak cara yang dapat Anda lakukan, sederhana namun efektif, dan tidak pula menguras cost perusahaan.

Tip mengurangi Turnover Karyawan

Pengaruh lingkungan kerja yang Anda tawarkan kepada karyawan, menjadi sangat dominan menurunkan angka Turnover (Pergantian), dan rekomendasi berikut ini adalah salah satu cara yang umum, sangat mendasar akan tetapi cukup sulit ditemui saat sekarang.

  1. Carilah orang yang tepat pertama kali, melalui tes dasar perilaku dan kompetensi. Dengan mendapatkan orang yang tepat, posisi yang tepat dan pada tempat yang tepat akan menjadi langkah awal yang baik.
  2. Saat bersamaan jangan pula menolak karyawan dengan potensi besar meski belum ada posisi yang “tepat” baginya. Dengan mempekerjakan karyawan yang cerdas Anda dapat menurunkan tingkat Turnover.
  3. Tawarkan kompensasi yang kompetitif dan komprehensif, dengan mengandung beberapa komponen seperti asuransi jiwa, jam kerja fleksibel, atau lainnya. Tidak salah juga dimuka Anda sudah tawarkan tunjungan pensiun, sehingga makin membuka potensi mendapatkan karyawan dengan loyalitas tinggi.
  4. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya melalui sesi pelatihan, presentasi, mentoring atau tugas khususnya lainnya. Karyawan sangat respek manakala mereka diberikan kepercayaan mengungkapkan apa yang mereka tahu.
  5. Praktekkan cara Anda memperlakukan karyawan dengan respek setiap waktu. Dengarkan dan perhatikan apa yang mereka ucapkan, simak ide dan saran mereka, jangan mempermalukan mereka.  Dengan komunikasi yang baik Anda telah menunjukkan nilai mereka yang berharga.

Masih banyak cara lainnya untuk mengurangi tingkat turnover karyawan.  Dengan memperlakukan karyawan secara “manusiawi” Anda telah membangun sebuah Tim yang Solid.  Mengurangi Turnover Karyawan bukan Mustahil, meski dalam kondisi dunia ekonomi makin agresif dan kompetitif.  Selama Anda masih menjadikan orang-orang sebagai backbone dalam industri dan bisnis, maka itulah nilai sesungguhnya sebuah kesuksesan.

Menurunkan Turnover Karyawan bukan hal yang Mustahil
Menurunkan Turnover Karyawan bukan hal yang Mustahil

Leave a Reply