Menghadapi Mental Block untuk Pengembangan Diri

Saat ini Anda sering mendengar bahwa Jangan Mental Block membuat Anda mensia-siakan Kesempatan untuk Sukses dan Berhasil.  Mental Block adalah Perasaan yang menghalangi atau membebani Diri Anda dalam melakukan sesuatu.  Rasa Takut, Rasa Malu, Tidak Percaya Diri, Sungkan, Enggan, Pasrah Diri dan lainnya adalah sekian contoh dari Mental Block dalam Diri Anda.  Inilah yang menghambat Anda meraih kesuksesan dan meraih impian hidup yang didambakan.

Mental Block adalah suatu doktrin, pemahaman, kepercayaan yang mendalam terhadap suatu peristiwa. Ciri yang paling menonjol dari mental block adalah membatasi diri sendiri terhadap apa yang mereka pikir mampu mereka lakukan. Sehingga belum sampai Anda mencapai apa yang bisa dicapai, Anda terlanjur memvonis diri sendiri dengan berkata, “Saya tidak akan mampu mencapainya.” Maka hilang sudah peluang Anda untuk meraih impian.

Bagaimana Anda Menghadapi atau Menghancurkan Mental Block?

Ada cara sederhana, namun cukup efektif menghancurkan Mental Block dalam diri Anda.

1.  Tindakan Afirmasi Positif

Otak kita sama dengan apa yang dikatakan mulut kita. Misalnya kita mendapatkan penawaran atau peluang, tapi mulut kita berkata, “Ah saya tidak akan bisa melakukan hal itu, saya ini tidak berpengalaman, jadi kalau saya nekat saya yakin tidak akan berhasil.” Jika kalimat tersebut yang keluar dari mulut kita, secara otomatis otak kita akan berhenti merespon. Bisa kita bayangkan, kalau otak sudah tidak merespon, mustahil akan ada tindakan untuk menangkap peluang yang ada.  Untuk itu langkah pertama pertama yang harus kita lakukan untuk menghancurkan mental block adalah dengan melakukan afirmasi positif. Caranya, katakan sesuatu pada diri sendiri dengan menggunakan kata-kata positif yang memotivasi secara berulang-ulang. Misalnya, saya harus berani, saya pasti bisa, saya pasti sukses dan lain-lain. Hal ini nampak sepela, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan penuh keyakinan, ini akan merangsang alam bawah sadar Anda untuk meresponnya. Sehingga akan berdampak pada tindakan nyata untuk mewujudkan apa yang sudah Anda katakan.

mental block2.  Tindakan Nyata untuk Melawan Rasa Takut

Rasa Takut bukanlah sesuatu yang harus Anda hindari, namun sebuah Perasaan yang perlu Dihadapi.  Tidak ada yang harus ditakuti kecuali rasa takut itu sendiri. Dan cara paling ampuh untuk melawannya adalah dengan menghampiri dan melawan rasa takut tersebut . Contoh, jika Anda takut berbicara di depan umum, maka lawanlah dengan membiasakan diri berbicara di depan publik. Jika Anda takut gagal, maka lawanlah dengan terus mencoba sampai Anda meraih keberhasilan.  Dengan kata lain rasa takut tidak akan hilang jika Anda tidak melawannya dengan tindakan nyata untuk mengatasi.

3.  Terus Belajar sesuatu yang Baru

Bakat adalah sesuatu yang telah Anda miliki sejak lahir, atau karunia alami.  Namun jikalau Anda merasakan sebuah Pekerjaan tidak sesuai Bakat, maka Anda telah secara sadar Memperkuat Mental Block.  Anda memiliki Bakat dan Potensi, dan banyak cara agar seluruh Potensi tersebut dapat dikeluarkan dan dipergunakan dalam Kehidupan.  Bakat adalah Dasar dari sebuah Ketrampilan, namun jika Anda tidak mengasah diri dan berlatih sungguh, maka Bakat hanya menjadi Mutiara dalam Lumpur.  Ketrampilan dalam Komunikasi, Presentasi, Hubungan Sosial juga bergantung pada Kemauan Anda untuk selalu Belajar dan Mengembangkan Bakat dan Potensi.  Istilah Bisa karena Biasa merupakan Cara Sederhana bagi Anda untuk tahu Bakap dan Minat dalam sebuah Bidang Pekerjaan.  Lakukan sesuatu dari setiap Pelajaran Baru Anda.  Hilangkan Pikiran bahwa Anda tidak punya bakat dalam diri. Yakinlah Anda bisa menjadi ahli di bidang apapun yang Anda kerjakan, jika Anda mau membakati itu semua dengan terus belajar.

4.  Membuka Diri Untuk Melihat Peluang

Satu alibi yang sering digunakan banyak orang yang belum mencapai impian hidupnya “saya sudah melakukan yang terbaik”. Apakah benar Anda sudah melakukan yang terbaik? Jika benar, mengapa Anda belum berhasil? Karena rasanya tidak mungkin Anda tidak berhasil jika sudah melakukan yang terbaik.  Satu hal yang harus Anda tahu, jika sampai hari ini apa yang sudah Anda upayakan belum membuahkan hasil, maka berpikirlah terbuka untuk melihat peluang yang lain. Dan hilangkan pikiran yang mengatakan saya sudah melakukan yang terbaik. Jika itu yang Anda lakukan maka Anda akan mentok dan tidak akan melakukan apa – apa lagi untuk melakukan perubahan.  Ketahuilah di luar sana , masih banyak peluang-peluang menjanjikan menunggu Anda. Coba buka pikiran Anda, buka telinga Anda untuk melihat dan mendengar apa yang ada di luar Anda. Banyaklah membaca, banyaklah bergaul dengan orang-orang optimis maka peluang demi peluang akan Anda dapatkan.

Jika kita mampu keluar dari mental block, maka apa yang kita impikan akan terwujud, apa yang kita inginkan akan menjadi kenyataan. Sukses itu akan lebih dekat dengan diri, sehingga jalan kita untuk meraihnya akan menjadi lebih mudah.

ikhtisar.com

Leave a Reply