Menggunakan TOWS Matrix dalam Manajemen Strategi

cara pandang dalam TOWS matrixPengembangan sebuah strategi dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan.  Sudah banyak pakar yang berkecimpung dalam teori pengembangan strategi dan sudah ratusan mungkin ribuan macam strategi yang dipakai dalam manajemen.  Strategi merupakan dasar atau fundamental bagi keberlanjutan organisasi Anda, sejak dimulai (lahir) sampai dengan tahap tumbuh kembangnya.

Salah satu alat dalam pengembangan strategi yang terkenal adalah SWOT Matrix (Strength Weakness Opportunities Threat), dan saat ini pengembangan strategi SWOT sudah menggunakan pendekatan analisa external-internal.  Inilah mengapa TOWS Analysis adalah varian dari alat bisnis klasik yakni SWOT Analysis.  Pola pendekatannya yang berbeda namun pada prinsipnya masih menggunakan environment external dan internal.  TOWS Analysis akan lebih dominan melihat sudut pandang External dibandingkan SWOT Analysis yang menggunakan sudut pandang Internal.  Strategi bertujuan menciptakan sebuah kemenangan dalam seni berorganisasi atau berbisnis.

Berikut ini adalah cara Anda mengembangkan strategi memakai pendekatan TWOS Matrix.  Kombinasi dari faktor internal dan eksternal akan menghasilkan sebuah pilihan strategi yang baik.

#Strengths & Opportunities (SO)

Bagaimana Anda dapat menggunakan Kekuatan (Strengths) untuk mengambil keuntungan dari Peluang (Opportunities) yang ada.  Kekuatan adalah faktor internal yang Anda miliki, baik bersifat individual ataupun kelompok.  Faktor kekuatan ini dapat menjadi paramater paling krusial dalam keberhasilan strategi Anda.

#Strengths & Threats (ST)

Bagaimana Anda dapat menggunakan Kekuatan (Strength) untuk menghadapi adanya potensi dan Ancaman (Threats) yang nyata.  Kekuatan juga diperlukan dalam mengatasi ancaman kompetitor, dan dalam dunia bisnis dimana perubahan atau dinamika pasar yang sangat cepat, akan membuat perubahan yang cepat pula setiap pemain.  Semisal kekuatan Anda adalah jumlah jaringan bisnis yang tersebar luas, maka pengelolaan dan pengawasan harus semakin intensif agar kompetitor tidak memakan pangsa pasar berlebihan.

#Weaknesses and Opportunities (WO)

Bagaimana Anda dapat menggunakan Peluang (Opportunites) untuk mengatasi kelemahan (Weakness).  Selain kekuatan yang bisa dikedepankan, kelemahan dalam organisasi Anda pun harus dapat diminimalkan, agar tidak menjadi mangsa bagi pesaing dan pasar.  Dengan adanya peluang yang terbuka, maka kelemahan Anda dapat dikelola lebih baik.

TOWS Matrix#Weaknesses and Threats (WT)

Bagaimana Anda dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan menghindari Ancaman (Threats).  Kelemahan yang ada harus dapat menghindari ancaman nyata atau ancaman potensi.  Kerjasama antar tim sangat diperlukan agar kelemahan ini tidak membuat organsasi Anda sulit bersaing.

TOWS Matrix Analysis adalah alat sederhana untuk menghasilkan pilihan strategi bagi perusahaan Anda.  Dengan TOWS Matrix Anda dapat melihat secara cerdas bagaimana memanfaatkan peluang yang terbuka dan pada saat yang bersamaan dapat melindungi kelemahan dari ancaman yang ada.

Leave a Reply