Manfaat Solusi Kokoh dalam Manajemen Strategi Perusahaan Anda

kembangkan solusi kokohSolusi Kokoh sudah Anda sepakati sebagai pilihan Manajemen Strategi yang efektif dalam peningkatan performa perusahaan.  Dan Anda juga telah mempelajari perilaku apa saja yang berperan dalam menjadikan Solusi yang Kokoh sebagai pilihan.  Untuk mendorong solusi kokoh semabri menghambat pertumbuhan pola pikir instan, Anda sebagai pemimpin perusahaan dapat melakukan beberapa hal berikut.

Masih mengacu pada 10 Manajemen Strategi paling Handal di dunia, Anda perlu melakukan tindakan berikut sehingga solusi kokoh menjadi salah satu pilar dalam keberhasilan organisasi Anda.

1.  Evaluasi Periodik Jangka Panjang.

Proses review dan evaluasi selalu dilakukan secara periodik, seperti per semester (6 bulan) dan per tahun.  Evaluasi menjadi bagian dari monitoring dan kontrol efektivitas program yang dijalankan.  Namun demikian Anda perlu pula melakukan evaluasi yang cukup jauh periodenya seperti 5 tahunan atau 10 tahunan.  Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa perusahaan secara menyeluruh dari tahun ke tahun. Karena setiap organisasi bisnis mempunya hukum dasar yakni bertumbuh dan berkembang.  Dan pertumbuhan tidak akan terjadi dalam waktu singkat 1 atau 2 tahun, melainkan bertahun-tahun kemudian.

2.  Penghargaan Jangka Panjang.

Sudah pasti jika perusahaan untung maka yang mendapat bagian adalah karyawan dan para kontributor khususnya.  Akan tetapi penghargaan yang bersifat tahunan, seperti bonus atau jasa produksi mungkin sudah cukup konservatif saat ini.  Kinerja jangka pendek harus mampu mendukung penghasilan masa depan (jangka panjang) seperti pensiun.  Alokasikan sebagian bonus menjadi kepemilikan saham misalnya, sehingga akan membuat setiap individu harus mempertaruhkan kinerja tahunannya demi masa depan.

3.  Identifikasi Faktor Kunci dalam Jangka Panjang.

Carilah orang yang sangat berpengaruh dengan performa perusahaan dalam jangka panjang, baik secara market share, kualitas ataupun kuantitas, kerjasama tim dan lain sebagainya.  Anda identifikasikan orang yang berperan pada kinerja perusahaan dan berikan penghargaan pada mereka.

4.  Penghargaan Individu.

Bonus yang bersifat personal akan mengangkat moral dan mental setiap orang yang berprestasi.  Keputusan yang dilakukan seseorang dan berdampak jangka panjang perlu Anda apresiasi dengan pengakuan.

5.  Evaluasi Keputusan Investasi.

Lakukan evaluasi jika Anda berinvestasi pada riset pasar, riset produk baru atau pembelian peralatan baru.  Hal ini menjadi sebuah contoh bahwa keputusan investasi harus bersifat jangka panjang.  Inilah inti dari solusi kokoh bukan solusi instan.

6.  Kompensasi sesuai Performa Perusahaan.

Perusahaan yang bertumbuh perlu memberikan alokasi bagi kesejahteraan karyawan mereka.  Ini cara yang dilakukan banyak perusahaan Jepang untuk membangun perekonomian mereka.  Setiap orang akan terpancing untuk produktif karena adanya kompensasi yang dinantikan.

Leave a Reply