Mengembangkan Antusiasme dalam Interview

Wawancara selalu gampang-gampang susah, terlebih diawal pembicaraan.  Mengawali sesuatu ternyata lebih sulit dibandingkan ketika telah menjalaninya.  Anda akan lebih tertutup pada menit-menit awal sesi wawancara, namun lebih terbuka setelah itu.  Ketika Anda mengawali wawancara yang paling utama adalah mempersiapkan diri dalam Perilaku dan Mental.   Segera ganti perilaku Negatif Anda atau Sifat Buruk dalam pikiran Anda menjadi sesuatu yang Positif dan Produktif.  Inilah beberapa Sikap dan Perilaku yang perlu Anda bawa dalam proses interview atau wawancara.

Bagaimana Anda mempersiapkan diri menghadapi wawancara dengan antusias.  Berikut beberapa tip wawancara yang dapat Anda pelajari:

1.  Percaya Diri.

Kenapa Anda harus percaya diri..? Karena Anda berhasil mendapatkan kesempatan mengikuti sesi wawancara.  Hal ini menunjukkan Anda telah melewati beberapa pesaing, sehingga kenapa pula Anda tidak Percaya Diri.  Anda perlu menunjukkan Rasa Percaya Diri, namun tidak perlu Over Confidence.  Cukup dengan mempelajari dan memahami Job Description Anda selama ini serta pengalaman kerja yang menonjol.  Hal tersebut menjadi Bahan Kepercayaan Diri Anda dalam menghadapi Interview.

2.  Optimis.

Mengapa Anda mendapatkan Undangan Wawancara..? Hal ini karena Anda telh berhasil melewati Screening sehingga pewawancara atau pemilik kerja telah melihat Anda memiliki Kapasitas dan Kemampuan dalam melakoni Posisi Kerja yang diharapkan.  Mereka ingin mengetahui Anda lebih jauh dengan bertatap muka, melihat potensi diri, bahasa tubuh dan perilaku.  Pewawancara ingin mempertimbangkan Anda untuk mendapatkan posisi tersebut daripada menolaknya.  Untuk itulah Anda perlu mengembangkan Rasa Optimis (Keyakinan) dalam menghadapi wawancara ini.

3.  Berpikir dan Bersikap Positif.

Wawancara akan selalu menjadi hal baru bagi Anda.  Jika Anda telah mengalami frustrasi di masa lalu, sebagai hasil dari wawancara kerja yang gagal sebelumnya atau mencari pekerjaan, lupakan mereka! Fokus pada apa yang ada di depan Anda untuk memajukan Karir Profesional dan setiap wawancara membawa selangkah lebih dekat pada pekerjaan baru.  Anda kembangkan Sikap Positif terhadap Diri Sendiri atau Perusahaan Baru tersebut walau belum menjamin keberhasilan untuk bergabung dengan mereka.  Anda jaga sikap profesional dengan Berpikir dan Bersikap Positif.

4.  Antusias.

Perlakukan setiap wawancara sebagai kesempatan menarik untuk belajar sesuatu tentang perusahaan orang lain, dan bahkan diri Anda sendiri. Sebagai Profesional Anda harus terus belajar dan salah satunya dengan memanfaatkan sesi wawancara kerja.  Lihatlah hal itu sebagai kesempatan untuk memiliki percakapan yang menyenangkan dengan sesama manusia.  Wawancara adalah pertemuan serius mengenai pemikiran.  Jangan lupa tujuan Anda berada disana, sehingga pertahankan Perspektif dan Fokus.

ikhtisar.com

Leave a Reply