Bagaimana Cara Mengelola Stres Kerja dengan Baik

Bagaimana Cara Anda Mengelola Stres Kerja dengan Baik
Bagaimana Cara Anda Mengelola Stres Kerja Dengan Baik

Setiap orang ingin tahu bagaimana cara mengelola stres kerja dengan baik, termasuk juga Anda. Setiap orang dipastikan pernah mengalami stress dengan penyebab yang berbeda-beda. Namun dari itu semua yang terpenting adalah bagaimana cara pengelolaannya.  Dengan pengelolaan diri yang baik, stres tidak akan menjadi beban seharian Anda.

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan bisa membuat Anda menjadi stress dan pada akhirnya Anda malas atau menunda untuk mengerjakannya. Stress merupakan hal yang wajar dialami oleh seseorang ketika dirinya terlalu memikirkan sesuatu.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya stres kerja bisa dikelola dan dikurangi dengan keterampilan dan perilaku Anda. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stress dengan baik seperti yang dikutip dari dummies.com.

(1) Tidur yang baik untuk kurangi stres

Untuk mengurangi stres, Anda harus mendapatkan waktu tidur yang baik dan berkualitas. Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa yaitu sekitar 7-8 jam dalam sehari. Meski ada beberapa dari Anda yang sudah terbiasa tidur hanya 6 jam. 

Dengan memperoleh KUALITAS waktu tidur yang baik maka Anda tidak akan merasa LELAH saat bangun di pagi hari.  Lelah saat bangun pagi adalah faktor pertama penyebab stres terjadi.  Hindari sedapat mungkin bekerja larut malam yang berdampak pada kurangnya kualitas tidur Anda.

(2) Mengurangi kemarahan, mengurangi stres

Anda perlu melatih SABAR dan menghindari amarah untuk mengurangi stres yang Anda alami. Belajar mengatur ekspresi kemarahan, kesedihan, dan penyesalan juga penting untuk Anda lakukan.  Kemampuan mengelola EMOSI sangat berguna untuk menekan level stres Anda, dan menjadi proses pembelajaran kedewasaan diri.

Emosi yang berlebih jika tidak terakomodasi akan menjadi pemicu stres tubuh.  Sebelum Anda bereaksi dengan stimulan yang muncul, alangkah bijaknya Anda berlikir sejenak.  Dengan menelaah kondisi yang jadi pemicu, Anda dapat memberi RESPON positif.  Dampaknya amarah akan mereda bahkan hilang, dan pasti stres akan turun.

(3) Tahu bagaimana caranya untuk bersantai

Cari tahu bagaimana cara Anda untuk bersantai dan menenangkan pikiran Anda, seperti misalnya melakukan MEDITASI atau OLAH RAGA. Lakukan juga aktivitas-aktivitas yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari rasa stress.  Nikmati waktu Anda sedapat mungkin, baik dalam kesendirian atau hangout bersama teman diluar lingkungan kerja.

Istilah yang umum untuk kesendirian adalah Me Time.  Temukan caranya dan tentukan waktu Anda untuk menyendiri.  Tujuannya agar Anda bisa INTROSPEKSI atau mencari INSPIRASI

(4) Kelola waktu secara efisien

Gunakan waktu Anda secara efisien dengan membuat jadwal kegiatan yang Anda lakukan. Anda akan bisa mengontrol waktu Anda sendiri apabila mampu mengelola waktu dengan baik.  Gunakan waktu Anda secara efisien dengan melihat pareto prioritas pekerjaan.  Pengelolaan waktu adalah salah satu cara Anda dapat menghindari stres berlebihan.

(5) Jangan khawatirkan hal-hal tidak penting

Sebaiknya Anda PAHAM hal-hal apa saja yang PENTING dan TIDAK PENTING bagi diri Anda. Berusahalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang tidak penting sebab hal tersebut hanya akan menambah stres Anda.

Banyak pekerjaan dihadapan Anda, namun tidak semua menjadi beban tanggungjawab sendiri.  Pasti ada pekerjaan yang dapat didelegasikan kepada rekan atau bawahan.  Berikan kesempatan kepada tim Anda lebih KREATIF dalam bekerja, dan ini menjadi HADIAH bagi Anda dengan berkurangnya tekanan.

(6) Hiduplah sebagai diri sendiri

Jadilah diri Anda sendiri dengan melihat kembali secara baik-baik apa yang menjadi TUJUAN hidup Anda. Cobalah untuk meraih tujuan hidup tersebut agar Anda bisa merasakan kebahagiaan.  Jangan memaksa melakukan perubahan yang bukan “diri Anda”.  Lakukan perubahan sesuai dengan Anda apa adanya dan tujuan akhir yang akan dicapai.

Setiap orang memiliki KEMAMPUAN dan KEMAUAN yang berbeda.  Tidak semua hal akan cocok dengan diri kita, dan orang lain.  Anda pilih mana yang jadi HARAPAN dan IMPIAN Anda, dan raih dengan kerja keras dan semangat membara.

(7) Humor untuk meredakan stres

Stres bisa dikurangi dengan sebuah HUMOR yang Anda lakukan, salah satu contohnya yaitu dengan sesekali menertawakan diri Anda sendiri.  Membaca komik lucu, cerita lucu dan lainnya, akan mengalirkan hormon bahagia dalam aliran darah.  Salah satu cara mengelola stres kerja dengan membaca adalah cara MURAH dan MUDAH.

Tertawa adalah cara sederhana mengalirkan perasaan, dan jika Anda punya beban kerja berlebih, cobalah mencari situasi yang bisa bikin Anda TERTAWA.  Humor bisa dilakukan bersama orang-orang dekat, yang sudah saling kenal SIKAP dan PERILAKU.  Jangan sampai Anda bergurau yang mungkin akan sulit diterima rekan Anda.  Maksud hati melepas stres, justru malah menambah pikiran ketika teman tidak terima cara humor Anda.

(8) Habiskan waktu bersama orang-orang terdekat

Menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat Anda dapat meminimalisir rasa stress. Hal tersebut dikarenakan merekalah yang mau mendengarkan sekaligus peduli pada Anda.  Orang dekat di kantor, atau di rumah mampu membawa suasana lepas dan ceria bagi Anda.

Luangkan waktu bersama keluarga di akhir pekan, berkunjung di alam terbuka, menikmati udara segar, mampu membangkitkan SEMANGAT dan BAHAGIA.

Beberapa cara tersebut diatas bisa Anda lakukan untuk mengelola stres kerja secara baik. Dan dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan Anda dapat mengatasi dan mengatur tingkat stress yang muncul serta semakin jarang mengalaminya. Ada baiknya juga Anda meninggalkan kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan yang baik.

Leave a Reply