Mengelola Kinerja Tim sebagai bagian penting dari Project Control

tim kontrolMengelola Tim Kerja adalah salah satu aspek kritis dalam Project Management.  Hal ini tidak saja menyangkut Pengelolaan Staff namun juga setiap Pelanggan, Personal, dan Sub Kontraktor yang terlibat dalam Tim Proyek.  Beberapa aspek kunci dalam Pengelolaan Orang (People Management)  yang efektif adalah:

  • Pendelegasian Tanggung jawab tugas kerja dan memastikan komitmen setiap anggota tim
  • Membangun Kerjasama Hubungan Kerja dan Memastikan Komunikasi yang efektif antara semua anggota tim proyek
  • Memantau moral tim dan mengambil tindakan untuk memperbaiki area permasalahan yang ada
  • Memberikan tinjauan kinerja yang efektif dan penilaian untuk memotivasi staf dan memfasilitasi pengembangan karir

Sedangkan Sub Proses yang perlu dilalui diantaranya ialah:

Set Up Standar dan Prosedur Kinerja Tim, Sebagai elemen kunci dalam memastikan kualitas proyek, pastikan bahwa anggota tim telah terlibat dalam pengembangan standar dan prosedur untuk apa pun yang berdampak pada perilaku tim secara umum.

Menetapkan Tanggung Jawab, Melakukan pertemuan dengan tiap individu yang bertanggung jawab untuk setiap paket-paket pekerjaan untuk meninjau tujuan dan menetapkan tanggung jawab. Pastikan ada pemahaman dan komitmen bersama untuk produk akhir yang setiap orang untuk memproduksi, persyaratan mutu untuk setiap produk akhir, standar dan prosedur yang harus diikuti, dan estimasi biaya dan jadwal setiap orang yang diminta untuk berkomitmen.

Bertemu dengan Tim Melakukan pertemuan mingguan atau dua mingguan dengan para pemimpin tim untuk meninjau masalah, berbagi pengalaman, dan menyelesaikan masalah dan keprihatinan. Pastikan bahwa pemimpin tim mengadakan pertemuan serupa dengan anggota tim mereka, dan bahwa masalah diidentifikasi dicatat, dikomunikasikan, dan diikuti hingga penutupan.

Berkomunikasi tentang Informasi Proyek pada skala kecil, komunikasi yang efektif mungkin memerlukan tidak lebih dari rutinitas dan interaksi informal antara tim. Pada proyek dengan beberapa sub-proyek dan atau tim proyek yang didistribusikan, program komunikasi yang lebih formal akan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan dalam proyek tersebut.

Kenali Sukses sebagai Penguatan Positif adalah elemen kunci dari membangun tim yang efektif. Ini dapat sesederhana seperti beberapa Kata Pujian atau Pengakuan Publik, atau Nominasi dan Kandidat untuk Penghargaan dan Pengakuan Formal dan pengakuan dan ini akan sangat memiliki Dampak.

Memantau Moral Tim Pada proyek kecil, “Manajemen dengan Melihat – Management by Walking Around” akan cukup untuk menilai moral tim. Pada proyek dengan sub-proyek yang berbeda, teknik yang lebih formal seperti survei tim dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang memerlukan tindakan perbaikan.

Pastikan Ulasan Kinerja Tim bahwa proses didefinisikan dalam Kinerja Karyawan dan Program Pengembangan diikuti secara teratur, umpan balik yang konstruktif pada kinerja masing-masing orang. Ulasan harus terjadi pada setiap akhir Tahap Utama, setiap kali anggota tim atau pemimpin timnya akan meninggalkan proyek, pada akhir proyek, atau secara periodik setiap enam bulanan.

ikhtisar.com

Leave a Reply