Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Cara mengatasi rasa takut gagal
Cara mengatasi rasa takut gagal

Sehebat apapun dan sejago apapun ketrampilan Anda, pasti punya rasa takut.  Satu diantara rasa takut adalah takut gagal.  Nah, yang uniknya adalah Bagaimana cara mengatasi rasa takut gagal Anda ini bukan? Takut gagal jadi momok yang menghalangi KREATIVITAS dan PRODUKTIVITAS seseorang.

Mengapa banyak orang begitu ragu untuk mengambil TINDAKAN atas impian mereka akan KEBEBASAN pribadi.  “Takut akan kegagalan,” katanya. “Kita semua merasakannya.”  “Setiap hari, saya bangun dan saya khawatir bisnis saya akan macet besok.”  Pun Anda mungkin merasakan hal yang sama.  Anda bangun, dan dihinggapi rasa takut gagal akan KINERJA atau PERFORMA hari ini.  Bahkan Anda mungkin punya rasa takut gagal saat PRESENTASI siang ini.

Anda bergulat dengan ketakutan akan gagal setiap hari. Namun Anda harus tetap melakukannya lagi. Salurkan ketakutan Anda akan kegagalan menjadi AURA POSITIF. Jika tidak, maka itu bisa melumpuhkan.

Elon Musk mengatakan bahwa ia merasa sangat ketakutan. Tapi jika itu dia rasa cukup penting, maka dia memaksakan diri untuk mengatasi rasa takut.

Hanya mitos bahwa pengusaha atau orang sukses tidak merasakan ketakutan akan kegagalan. Dalam setiap percakapan yang pernah ada, para pendiri bisnis, mereka semua benar-benar merasakan ketakutan akan kegagalan.  Rasa takut gagal adalah situasi yang akan dihadapi.

## Apa yang Anda LAKUKAN-lah yang penting

Rasa takut gagal, tidak ada bedanya dengan rasa takut sukses.  Kepala akan berkecamuk dengan pertanyaan-pertanyaan seputar rasa takut.  Bagaimana jika…? Kalau nanti…? Jikalau tidak…? Dan seterusnya.

Bila Anda merasa takut gagal – kemudian teman Anda akan menunduk saat Anda gagal, atau Anda akan membuat malu keluarga, atau Anda akan terlihat seperti pesakitan media sosial, maka, ingatlah ini ….

Anda memiliki dua pilihan yakni :

  1. Tetap DIAM saja.
  2. BERGERAK MAJU.

Pilihan pertama MUDAH. Jangan lakukan apapun, teruslah hidup seperti adanya. Hal NORMAL. Tidak bisa dibedakan dengan yang lain. Tinggallah di rumah, habiskan waktu nonton TV, dan bermain media sosial.

Jika Anda memilih untuk tetap DIAM, setidaknya Anda akan merasa AMAN dan NYAMAN. Tidak terlalu mengerikan bukan? Bukankah itu cara hidup yang baik?

Kehidupan yang aman dan nyaman adalah kematian yang lambat. Studi menunjukkan bahwa duduk berlebihan masih mengarah pada kematian dini. Gerakan tubuh akan melepaskan endorphin yang terasa baik di otak Anda. Anda harus bergerak. Keluar rumah, jalan pagi, jogging sore atau berenang di komplek perumahan.

Studi menunjukkan bahwa BELAJAR akan mencegah hilangnya INGATAN. Belajar mengarah pada PERTUMBUHAN. Tumbuh menyebabkan PERUBAHAN. Dan Perubahan itu tidak nyaman. Tapi apakah itu layak bagi Anda? Mengatasi rasa takut adalah dengan bergerak.  Aktifkan otot tubuh dan lengan Anda.

## BERGERAK dan BELAJAR membawa SUKACITA

BAHAGIA adalah apa yang Anda rasakan saat merasa AMAN dan NYAMAN.  SUKACITA adalah apa yang Anda rasakan saat mengambil RISIKO dan BELAJAR. Anda saat ini sedang tumbuh.  Anda berubah setiap saat.

Menurut Aktor Brad Pitt dalam sebuah wawancara menyatakan kebahagiaan itu terlalu dibesar-besarkan. Sementara Sukacita adalah kehidupan yang jauh lebih DALAM dan MEMUASKAN yang lebih stabil daripada KEBAHAGIAAN sesaat dan semu.

Jadi pilihan kedua ini cukup sulit. Menaklukan ketakutan akan kegagalan Anda adalah sulit. Namun Anda bisa memecahnya menjadi dua langkah kecil.

(1) Lakukan apa yang Anda TIDAK SUKA

Sulit rasanya melakukan sesuatu yang Anda tidak suka.  Anda tidak ingin berbisnis ONLINE, Anda takut gagal, dan Anda tidak mau mencobanya.  Tips pertama mengatasi takut gagal adalah LAKUKAN apa yang Anda TIDAK SUKA.  Jika bisnis online tersebut penting (seperti Elon Musk bilang tadi), maka paksa diri Anda melakukannya.

Contoh lainnya, saat Anda ingin berenang, namun udara dingin dan air kolam yang membeku membuat Anda merasa malas.  Anda ingin berenang tapi badan rasanya menolak air dan udara yang dingin.  Ada rasa takut dingin saat ingin berenang.  Apa yang Anda harus lakukan?

Jawabannya, ceburkan diri Anda ke kolam, dan rasakan dingin tersebut mengalir ke seluruh tubuh.  Awalnya Anda akan menyesal, karena begitu membekunya air kolam ini. Namun setelah Anda bergerak dan berenang beberapa lap, air akan menyegarkan tubuh Anda dan pikiran menjadi jelas.  Jantung memompa darah beroksigen melalui pembuluh darah dan arteri yang melebar.

Anda mulai merasakan SUKACITA. Kepanikan awal yang mengerikan dari air dingin mereda dan Anda merasa sangat hidup. Anda merasa tak lebih dari sekedar senang.

Ingin menaklukkan ketakutan Anda akan kegagalan? Katakan tidak pada hal-hal yang mudah – hal-hal yang Anda rasakan – bukan hal yang benar-benar ingin Anda lakukan. Sering ada perbedaan antara apa yang Anda RASAKAN dan apa yang benar-benar Anda INGINKAN.

(2) Ikuti IDE pertama Anda

Kreativitas bisa menabrak Anda setiap saat dengan acak sepanjang hari. Sebuah dorongan untuk menulis. Sebuah inspirasi untuk memasak. Keberanian untuk menyanyi. Tekad untuk berinvestasi.  Gagasan ini akan menimpa Anda dan imajinasi Anda memancarkan visi positif tentang masa depan.

“Bagaimana jika …” rasa takut gagal meremukkan kreativitas Anda. ALASAN, RASIONALISASI, norma sosial, dan “tanggung jawab” membombardir inspirasi Anda sampai MATI. Pada titik ini, Anda perlu mengingat kembali gagasan atau ide pertama Anda, dan lemparkan cara mudah Anda (tetap diam, aman, dan nyaman). Terus Bergeraklah maju menuju VISI dan sesuaikan prosesnya dengan kebutuhan.

Jika Anda ingin membangun bisnis, maka FOKUS dengan ide tersebut.  Pertanyaan “bagaimana jika..?” harus menjadi pelecut Anda tetap MAJU dan BERGERAK.  Tidak ada lain kecuali BERGERAK, BERGERAK dan BERGERAK.

Ingin menaklukkan ketakutan Anda akan kegagalan? Lakukan AKSI atas gagasan pertama Anda. Jika tidak, Anda akan membicarakan diri sendiri dan DO NOTHING. Tapi jika Anda mematuhi dorongan KREATIF Anda, Anda akan menemukan KEGEMBIRAAN.

Tidak semua orang ingin maju. Banyak orang baik-baik saja dengan diam mereka. Keduanya pilihan yang baik-baik saja. Tidak ada yang buruk.  Semua pilihan Anda.  Ini hidup Anda dan mungkin sangat singkat.

Apa yang akan Anda lakukan dengan itu? Mengatasi rasa takut gagal, dengan DIAM atau BERGERAK. Tentukan PILIHAN Anda dan lakukanlah.

Leave a Reply