Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin..?

Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin..?

Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin..?

Semakin tinggi kepemimpinan seseorang akan semakin besar efektivitas, dalam perkara Kerja, urusan Sosial atau Lingkup Keluarga.  Dalam kehidupannya setiap manusia selalu berharap mendapatkan sukses, yang mana menurut John C. Maxwell meliputi 4 hal yaitu: Hubungan antar Manusia (Relationships), Kelengkapan Diri (Equipping), Perilaku dan Sikap (Attitude), dan Kepemimpinan (Leaderships).  Inilah Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin.

Sukses berada dalam jangkauan hampir setiap orang, namun dengan tingkat Kepemimpinan terbatas dapat dipastikan pula hasil efektivitas pun akan terbatas.  Sukses pribadi hanya berdampak kecil dibandingkan Anda mampu membangun kepemimpinan jauh lebih tinggi sehingga merimbas pada pengaruh serta sukses besar.  Anda tidak akan mempu menyelesaikan banyak hal tanpa landasan Kepemimpinan dan sangat banyak Waktu, Tenaga serta Pikiran tercurah seolah menjadi sia-sia.  Contoh sederhana ialah, ketika Anda melakukan Hari Jumat Bersih dengan membersihkan meja kerja pribadi, dampak yang timbul hanya sebatas area kerja Anda, namun jikalau Anda berhasil Mengajak dan Mempengaruhi orang sekitarnya untuk berbuat sama, dapat dipastikan hasil lebih besar bagi seluruh lantai area kerja.  Inilah yang disebut Pengaruh dan Efektivitas Kepemimpinan.  Ini pula Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin.

Mengapa Anda harus Tumbuh sebagai Pemimpin..? dan Bagaimana Caranya..?

Kepemimpinan selalu berkembang setiap hari dan bukan tumbuh dalam sehari.  Yang paling penting adalah apa yang Anda lakukan hari demi hari dan untuk Jangka Panjang.  Kepemimpinan bukanlah anugerah semata, melainkan kumpulan ketrampilan yang dapat dipelajari dan diperbaiki.  Aspek kepimpinan sesungguhnya cukup komplek dan rumit diantaranya:

  • Respek atau Perhatian
  • Pengalaman
  • Kekuatan Emosional
  • Ketrampilan Bawahan
  • Disiplin
  • Visi
  • Momentun dan Ketepatan Waktu
  • Dan masih banyak lagi 

Anda terlahir dengan bakat besar sebagai pemimpin atau tidak, namun ada Fase Pertumbuhan Kepemimpinan yang akan terjadi.

Fase-1, Anda tidak Mengetahui Apa yang Anda tidak Ketahui

Inilah kondisi yang sangat rendah dalam fase pertumbuhan Anda menjadi pemimpin, karena Anda sendiri tidak mau, alih-alih tidak tahu, apa itu kepemimpinan bahakan dalam diri sendiri.  Anda telah menolak sebelum mencoba melihat dan sedikit memahami.

Fase-2, Anda Mengetahui Apa yang Anda tidak Ketahui

Pada momen ini Anda mulai menyadari ada hal-hal yang harus dipelajari.  Ketika Anda berada pada posisi sebagai pimpinan suatu proyek dan sadar tidak ada yang mengikutinya (membantu), seketika Anda tersadar bahwa fakta ini memaksa untuk belajar.  Proses belajar berlangsung terus menerus dan harus dengan Kedisiplinan serta Kegigihan.

Fase-3, Anda Tumbuh dan Mengetahui serta mulai Terlihat

Pada saat proses belajar Anda mulai terlihat dengan melakukan disiplin pertumbuhan pribadi harian, maka hal-hal menarik akan terjadi.  Kegiatan Anda mencatat, membaca, serta mendengarkan orang merupakan bagian belajar membangun kepemimpinan.

Fase-4, Anda Melangkah karena Apa yang Anda Ketahui

Ketika fase-3 telah dilalui secara alamiah Anda mulai tumbuh menjadi efektif dan harus memikirkan langkah selanjutnya.  Ketika itulah Anda akan membangun kemampuan memimpin hampir otomatis dan hasil kerja keras mulai terlihat lebih dibandingkan pengharapan.  Tetaplah dalam Kedisiplinan dan Berjuang Keras, karena proses masih panjang.

Kepemimpinan berkembang setiap hari dan untuk membangun serta memimpin hari esok mulailah dari hari ini.  Kepemimpinan bukanlah pekerjaan sehari dua hari, melainkan pekerjaan sampai akhir hayat Anda.  Belajar dan tetaplah belajar adalah rahasia menjadi Pemimpin Sejati.

Leave a Reply