Menetapkan Impian Pribadi, Perencanaan Hidup Anda sesuai Keinginan

personal goal setting, menjalani kehidupan impianMemiliki impian atau tujuan dalam hidup adalah pedoman bagi setiap individu dalam menjalani kehidupannya. Dasar inilah yang memotivasi setiap pribadi akan bekerja keras, berusaha tiada henti dan terus belajar demi tercapainya cita-cita dan impian. Personal Goal Setting atau Perencanaan Impian Pribadi adalah bagian dalam aktualisasi diri sehingga menjalani kehidupan akan menjadi sebuah perjalanan yang menantang dan menyenangkan.

Banyak orang merasa seolah-olah tergantung oleh kehidupan di dunia. Mereka bekerja keras, namun tidak mendapatkan tempat berharga dan kebahagiaan. Alasan utama adalah mereka tidak menghabiskan cukup waktu untuk berpikir apa yang diinginkan dari kehidupan, dan tidak dapat mengatur diri sendiri terhadap tujuan yang diimpikan.

Penentuan Tujuan (Goal Setting) adalah proses yang kuat untuk berpikir tentang masa depan ideal Anda, dan untuk memotivasi diri sendiri untuk mengubah visi tentang masa depan menjadi kenyataan. Proses menetapkan tujuan akan membantu Anda memilih tujuan dalam hidup. Dengan demikian Anda tahu di mana harus memusatkan daya upaya Anda serta menghadapi gangguan yang mungkin terjadi.

Bagaimana Anda dapat merangkai sebuah Impian Pribadi, berikut langkah-langkah sederhananya.

1.  Buatlah Gambaran Besar Masa Depan Anda

Yang pertama harus Anda lakukan akan membuat rencana besar jangka panjang selama hidup Anda. Dengan rencana seumur hidup tersebut Anda akan dapat melihat perspektif besar yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Buatlah beberapa kategori impian yang ingin diraih dalam hidup Anda, sehingga tercapai keseimbangan hidup. Misalkan mengenai Karir dan Pekerjaan, Keuangan dan Investasi, Pendidikan dan Wawasan, Keluarga dan Kerabat, Perilaku dan Sikap, Spritual atau Kesenangan Pribadi.

Dengan melakukan pengkategorian impian, akan mempermudah Anda membuat rencana yang lebih detil dan spesifik, serta membuat peta rencana kerja yang jelas. Pastikan impian tersebut adalah keinginan Anda bukan keinginan karena pengaruh orang tua, teman, keluarga atau lingkungan. Namun jika Anda memiliki pasangan, masukan dari pasangan dapat menjadi pertimbangan.

2.  Buatlah Target-target Kecil yang mudah dicapai

Gambaran Besar perlu Anda detilkan dalam gambar kecil yang lebih mudah diraih. Keberhasilan kecil akan memotivasi Anda lebih kencang meraih impian besar. Rencana jangka panjang 10 tahun dapat Anda turunkan dalam rencana 5 tahunan, tahunan, 6 bulanan dan bulanan. Masing-masing rencana tersebut perlu mengacu pada rencana sebelumnya, sehingga proses yang dijalani sebenarnya adalah proses jangka panjang dengan check point bertahap. Buatlah to do list harian yang memudahkan Anda memonitor progress yang sudah terlalui.

3.  Buatlah Rencana dan Mulailah Bekerja

Setelah target kecil Anda dapatkan, mulailah membuat rencana kerja dan bertindak merealisasikannya. Lakukan proses berjalan dengan tetap me-review dan updating to do list Anda. Sesekali coba analisa rencana jangka panjang dan lakukan penyesuaian ketika ada perubahan prioritas berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi.

Dalam membuat rencana, Anda dapat menggunakan metode yang umum yakni SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time Bound). Metodologi ini adalah cara efektif dalam mewujudkan impian hidup Anda.

Dalam membangun impian dan menetapkan tujuan hidup yang selaras dan sesuai dengan harapan, Anda harus konsisten dan komitmen dengan Tujuan Jangka Panjang. Perubahan dan Penyesuaian adalah cara melakukannya, namun tujuan akhir adalah tetap. Buatlah cara-cara efektif yang sesuai dengan karakter Anda, dan akan memotivasi diri Anda melakukannya.

Comments
  1. nurmiyati | Reply

Leave a Reply