Cara Terbaik menemukan Jenjang Karir Anda

Cara terbaik menemukan jenjang karir Anda
Cara terbaik menemukan jenjang karir Anda

Apapun pilihan karir Anda, pasti yang diinginkan hanya satu hal, SUKSES.  Definisi sukses tergantung Anda, dan tidak akan sama dengan orang lain, meski karirnya mirip atau bahkan sama. Cara terbaik menemukan jenjang karir Anda adalah dengan HASRAT, SEMANGAT, ITIKAD, LATIHAN dan BELAJAR.  Anda perlu mensikapi satu per satu hal-hal tersebut.

Karir adalah sesuatu yang melekat pada diri Anda, dan menjadi jati diri Anda.   Terlepas Anda bekerja sebagai Karyawan, menjadi Pengusaha, Pekerja Kontrak, atau Pekerja Mandiri.  Semua tentang karir adalah AKTUALISASI diri Anda terhadap KOMPETENSI, MOTIVASI, KEINGINAN, dan KEBUTUHAN.

Setelah Anda menetapkan pilihan karir, maka langkah-langkah strategis perlu Anda persiapkan.  Anda harus yakin dengan ARAH dan TUJUAN karir tersebut.  Jika Anda tidak yakin kemana harus melangkah, Anda patut berpikir untuk membuat PERUBAHAN KARIR. Atau Anda hanya ingin merasa lebih bermakna, berguna, bermanfaat dalam karir Anda, itu adalah pilihan.

Idealnya, Anda akan tahu panggilan karir sebenarnya di awal kehidupan dan menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan. Namun seringkali keadaan tidak berjalan mulus. Hasil satu survei menemukan bahwa orang berharap dapat mengubah karier tiga kali dalam hidup mereka; dan karier seumur hidup tidak lagi menjadi norma.

Mengikuti jejak orang tua Anda bisa menjadi pilihan banyak orang.  Atau memilih profesi lainnya secara acak juga hal yang lumrah.  Banyak anak dari seorang PNS yang ingin kembali menjadi PNS seperti orang tuanya.  Atau anak dokter menjadi dokter, anak penyanyi jadi penyanyi, pun anak artis juga menjadi artis kembali.

Menyikapi berbagai acuan mencari karir ideal, berikut ini adalah cara terbaik menemukan jenjang karir Anda sejak awal, agar terpacu membangun dan mengembangkannya.

1. PIKIRKAN yang MENYENANGKAN dan MENGGAIRAHKAN Anda

Langkah pertama adalah mencari atau memikirkan PROFESI yang menyenangkan dan menggairahkan.  Bukan profesi IDEAL, namun Anda excited mengerjakannya. Anda bekerja sesuai dengan kesenangan atau hobi, tentu sangat ideal.  Misalkan seorang pelari marathon, yang sudah menjiwa berlari sejak sekolah dasar dan berlanjut menjadi profesi mereka.  Mereka menikmati profesi karir sebagai pelari marathon.

Langkah ini jelas bahwa Anda semua ingin MENIKMATI dan benar-benar MENYUKAI karir. Pertanda terbesar bahwa Anda berada di jalur yang salah adalah jika TAKUT membicarakan pekerjaan sendiri.  Meski gairah bukanlah satu-satunya persyaratan untuk merasa PUAS dalam karir, banyak orang yang mengatakan bahwa ini, karena hasrat adalah yang membuat Anda terus BERTAHAN mengalami masa-masa sulit. Apakah ada jenis pekerjaan yang akan Anda bersedia lakukan secara gratis?  Rasanya tidak, meski hasil pekerjaan tersebut tidak melulu UANG.

2. Pertimbangkan BIDANG Apa yang membuat Anda BAIK

Mungkin Anda tidak merasa bergairah dengan karir saat ini.  Atau Anda melakukan dan menyukai banyak pekerjaan dan tidak dapat memutuskan hanya satu. Ketika kondisi ini muncul, maka inilah saatnya Anda memikirkan kepribadian dan fokus pada keterampilan yang dimiliki. “Jangan lakukan apa yang Anda sukai, namun lakukan sesuai siapa diri.”

Anda memiliki banyak kesenangan dan gairah dalam berbagai bidang pekerjaan.  Marketing, Operation, Analyst, Data Mining, atau lainnya, semua mungkin menjadi bagian dalam pekerjaan Anda.  Namun untuk menemukan jenjang karir terbaik Anda, pilih yang paling “ANDA”.  Manakah profesi yang paling mendekati Diri Anda sesungguhnya.  Sesuaikan dengan HASRAT, MINAT dan BAKAT Anda, dan juga kombinasikan dengan KEMAMPUAN, PENGALAMAN dan PENGETAHUAN Anda.

3. Lakukan UJI COBA

Saat ini banyak alat uji yang bisa membantu Anda memetakan diri dan potensi yang dimiliki.  Alat uji ini berguna untuk memastikan bidang pekerjaan atau profesi yang FIT and PROPER.  Sehingga Anda bekerja sesuai dengan gairah dan kesenangan, pun sesuai dengan keahlian yang dikuasai.

Mungkin dahulu Anda bilang, tidak tahu apa yang paling disukai atau paling diminati. Tes asesmen karir di perguruan tinggi atau sekolah menengah banyak membantu mempersempit pilihan Anda. Tes indeks kepribadian Myers-Briggs cukup membuka peluang pilihan Anda.  Dan ada juga beberapa jenis tes penilaian lainnya yang dapat dilakukan.

Uji coba dari Rasmussen College mampu menyesuaikan KEMAMPUAN dan MINAT Anda yang dilaporkan sesuai dengan pekerjaan potensial. Anda pun bisa mencari tes uji coba lainnya secara online.  Uji coba akan menemukan karir yang sesuai dengan fokus motivasi Anda.

4. Cobalah MAGANG

Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam hal gaji, magang bisa menjadi cara yang bagus untuk menguji industri atau jenis karir – dan akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan penuh waktu.  Magang terutama diperuntukkan jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Sekalipun tidak berubah menjadi pekerjaan atau Anda tahu itu adalah karir yang salah untuk Anda, MAGANG dapat membantu membangun jaringan Anda – dari mana Anda bisa mendapatkan saran karir dan pekerjaan. Tidak semua pekerjaan magang hanya bersifat administrasi, servis atau klerikal.  Anda juga bisa mendapatkan kerja magang yang melakukan pekerjaan nyata.

Saat ini perusahaan besar, mencari talenta terbaik dengan program magang.  Mereka yang disinyalir berpotensi dalam program magang tersebut, dapat ditawarkan pekerjaan tetap setelahnya.  Magang menjadi kesempatan Anda menemukan jenjang karir terbaik Anda.

5. Carilah MENTOR

Belajar dari pengalaman orang lain akan memudahkan Anda dalam bidang profesi apapun.  Pengalaman adalah guru yang paling berharga.  Tidak sulit rasanya Anda mencari seorang MENTOR yang dengan sukarela membantu Anda menemukan jenjang karir yang paling pas.  Pastinya mereka sudah berada pada posisi terbaiknya saat ini.

Seorang mentor dapat membantu Anda membawa karir ke tingkat berikutnya dan memberi Anda wawasan langsung dari pelakunya.  Hal ini membantu memastikan Anda berada di jalur karir yang benar. Meminta seseorang untuk menjadi mentor Anda bukan juga perkara mudah.  Anda harus meminta pada orang yang TEPAT.  Lakukan dengan cara yang TEPAT.

Jika Anda berada pada sebuah perusahaan dan bekerja pada bidang yang Anda sukai, tidak salah Anda mencari seseorang sebagai mentor.  Sifatnya mungkin sebagai mentor sementara, namun cukup EFEKTIF memberikan Anda informasi yang sebenarnya.

6. Jelajahi Karir yang Tidak KONVENSIONAL

Anda semua tahu bahwa karir populer tersedia bagi semua orang – dokter, pengacara, guru, insinyur komputer, polisi, pemilik toko, dan lain-lain. Jika Anda merasa tidak bersemangat dengan semua pilihan itu, ketahuilah bahwa ada ribuan pekerjaan yang TIDAK BIASA yang mungkin belum Anda dengar. Profesi ini tersembunyi, mungkin juga perlu kerja ekstra mencarinya.

Mashable memiliki daftar pekerjaan impian yang memberikan bayaran cukup baik, seperti pengamat hewan panda, inspektur cokelat, dan lainnya. Thought Catalog menyoroti 10 lebih pekerjaan unik.

Dunia teknologi informasi memberi banyak ide dan pilihan berbagai macam jenis profesi atau pekerjaan.  Pada akhirnya Anda akan menemukan pekerjaan yang mungkin tidak biasa, TIDAK KONVENSIONAL, namun Anda menikmatinya.

Sebagaimana contoh lainnya, Penulis Buku atau Fotografi, dan lainnya.  Ini adalah jenis pekerjaan yang dulu aneh terdengar.  Profesi sebagai Pelari Maraton, yang tidak terikat dengan institusi manapun, ternyata bisa memberikan INCOME dari sponsor, dan Anda menjalaninya dengan kesenangan.

7. Bertanyalah pada Orang Lain

Cara lain untuk menemukan jenjang karir terbaik Anda, adalah dengan bertanya meminta pendapat orang lain.  Anda tentunya sudah berhubungan dengan mereka, dan memiliki profesi yang serupa.  Media sosial bisa menjadi acuan pertama Anda mencari informasi.

Kesamaan pemikiran atau visi bekerja dengan orang lain, dapat memberikan Anda berbagai kreasi jenis profesi baru.  Misalkan, kelompok penulis buku, saat saling berdiskusi atau BRAINSTORMING bisa berpikir menjadi seorang penerbit buku, membuka usaha percetakan, usaha periklanan, dan lainnya.  Meminta masukan rekan kerja Anda bisa menjadi cara terbaik menemukan jenjang karir Anda.

8. Gunakan Formulasi K + G + N

Karier yang sempurna untuk Anda adalah gabungan dari HASRAT, BAKAT, MINAT dan NILAI. Kemungkinan besar sesuai formula K + G + N, singkatan dari KEKUATAN + GAIRAH + NILAI, pertimbangkan kekuatan dan hasrat Anda, dan nilai-nilai Anda.

Anda tidak perlu bernegosiasi tentang cara Anda bekerja, karena semua tidak berhubungan dengan orang lain.  Anda yang harus menentukan bagaimana bisa bekerja sesuai dengan Kekuatan yang dikaruniakan, Gairah yang membuat Anda semangat, dan sesuai Nilai yang Anda yakini.

9. Buatlah RENCANA Karir

Seperti kebanyakan hal dalam bidang apapun, jenjang karir akan menguntungkan jika Anda memiliki TUJUAN dan RENCANA untuk itu. Mungkin Anda berpikir ingin menjadi penulis, tapi langkah selanjutnya setelah itu adalah mengedit. (Apakah Anda benar-benar ingin melakukan itu?) Atau mungkin Anda ingin beralih profesi dari editor menjadi pemilik restoran. (Bagaimana Anda akan sampai di sana?)

Menemukan jenjang karir terbaik Anda, selalu dimulai dengan sebuah PETA karir yang jelas dan terarah.  Anda harus berpikir STRATEGIS dan TAKTIS.  Tonggak sejarah karir Anda dimulai dengan rencana karir yang baik.  Program yang akan dilakukan, waktu yang harus dilalui, sumber daya yang dipersiapkan, dan rencana cadangan yang menyertai, semua perlu diperjelas dan dipertegas.

Memetakan kemanapun Anda pergi, dengan milestone yang konkrit, seolah-olah itu adalah proyek besar Anda.  Liku-liku rencana perjalanan karir Anda perlu digambarkan dengan SEKSAMA, karena tidak semua jalan berlangsung LURUS dan MULUS.

10. Lihat Karir Anda BATU LONCATAN, Bukan JALAN LURUS

Tentu saja, semua rencana karir dan gagasan ini tidak pernah ada dalam sebuah batu. Batu yang Anda pijak adalah batu loncatan.  Jenjang karir Anda adalah lari maraton, bukan sprint dan bisa berubah menjadi jalan yang sangat berkelok-kelok

Connecting the Dots, sebagaimana ungkapan Steve Jobs, adalah cara Anda melihat kemana Arah Anda kelak.  Rajutan dari semua pengalaman Anda akan membawa ke dalam jenjang karir yang layak.  Menemukan jenjang karir terbaik Anda adalah pengalaman dan pembelajaran tiada henti.

Leave a Reply