Mendengarkan lawan bicara Anda adalah Syarat sebuah Komunikasi yang Efektif

Mendengar adalah salah satu keterampilan yang penting dalam kehidupan kita. Apakah Anda seorang ayah, seorang murid, seorang guru, seorang ibu rumah tangga, seorang pembicara publik atau yang lainnya, Anda butuh menguasai keterampilan ini. Seberapa baik Anda mendengar akan berdampak pada profesi atau pekerjaan Anda dan hubungan Anda dengan orang lain.  Mendengar yang efektif adalah Memperhatikan dengan Simpatik apa yang lawan bicara Anda ungkapkan.  Mendengarkan lawan bicara Anda adalah Syarat sebuah Komunikasi yang Efektif.

Kenapa Anda harus Mendengar?

Setiap Individu cenderung ingin didengarkan dibanding mendengarkan, sedemikian jalan sukses Anda adalah bagaimana mengendalikan diri untuk Mengerti Terlebih Dahulu sebelum Dimengerti.  Kebanyakan orang lupa akan Kemampuan Mendengar yang Baik.  Mendengar mempunyai beberapa tujuan yakni:

  • Anda akan Mendapatkan Informasi
  • Anda akan Mamahami
  • Anda akan Mampu Menyelesaikan Masalah
  • Anda akan Belajar
  • Anda akan Mendapatkan Kesenangan
Mendengarkan lawan bicara Anda adalah Syarat sebuah Komunikasi yang Efektif

Mendengarkan lawan bicara Anda adalah Syarat sebuah Komunikasi yang Efektif

Penelitian menunjukkan bahwa memori otak didapatkan antara 25-50 persen dari apa yang Anda dengar.   Hal ini mempertegas bahwa jika Anda tengah berbicara kepada orang lain, maka setengah dari pembicaraan akan terlupakan.  Coba Anda melihat sejauh mana pada setiap Pertemuan, Seminar atau Rapat, telah mendengarkan dengan Benar dan Sungguh-sungguh.  Anda perlu pahami bahwa dengan Mendengar secara otomatis akan meningkatkan Produktivitas Anda dikarenakan Kemampuan dalam Komunikasi yang Efektif.  Karena itulah Mendengar merupakan salah satu syarat dalam Komunikasi Efektif.

Bagaimana Anda dapat menjadi Pendengar yang Aktif

1. Pusatkan Perhatian Anda

Semua orang suka diperhatikan, termasuk Anda. Saya yakin ketika Anda berbicara kepada orang lain, dan mereka berpaling muka atau bicara sendiri tentu hati Anda terasa sakit. Sama halnya dengan orang lain yang sedang berbicara kepada Anda, jika Anda tidak memperhatikan pasti mereka juga akan terluka. Jadi bersikaplah baik dengan betul-betul memperhatikan pembicara dengan sungguh-sungguh. Caranya adalah dengan melihat ke arah pembicara, konsentrasi, matikan HP Anda, jangan bicara sendiri dan jangan berpaling muka.

2. Tunjukkan Kesungguhan Anda

Serius atau tidaknya Anda dalam mendengar akan tampak jelas dari bahasa tubuh Anda. Bisa jadi Anda bilang serius tapi kalau bahasa tubuh Anda tidak menunjukkan demikian, bisa jadi keseriusan Anda hanya sekian persen. Untuk itu tunjukkan keseriusan Anda dengan baik dengan cara memberikan anggukan, senyuman, atau mencondongkan badan agak ke depan.

3. Berikan umpan balik positif

Sebuah umpan balik yang paling nyata adalah dengan mengajukan pertanyaan. Ketika Anda mendengar bisa jadi ada beberapa hal yang kurang Anda pahami atau perlu sebuah penjelasan lebih lanjut. Untuk itu sebagai pendengar yang baik Anda harus bertanya kepada pembicara atau lawan bicara. Jangan biarkan keraguan menghantui Anda. Selain hal ini penting buat Anda sebagai pendengar, ini juga akan memberikan manfaat untuk pembicara atau lawan bicara Anda. Minimal itu bisa menjadi evaluasi buat mereka atas apa yang telah disampaikannya.

4. Jangan Menghakimi

Salah satu kesalahan terburuk sebagai pendengar adalah menghakimi atau memberikan penilaian buruk sebelum pembicara atau lawan bicara selesai menyampaikan apa yang disampaikan. Terlebih jika penilaian itu tidak masuk akal. Hal ini sering kali terjadi, tanpa memberikan alasan yang jelas seseorang tiba-tiba membantah dengan membabi buta apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Anda tidak perlu memotong apa yang dikatakan orang sebelum mereka menyelesaikannya.

5. Lakukan Refleksi

Salah satu tahap yang tak kalah penting sebagai pendengar yang aktif adalah melakukan refleksi. Refleksi adalah suatu proses pencatatan terhadap poin-poin penting yang disampaikan pembicara atau lawan bicara Anda. Sadarilah bahwa daya ingat Anda itu terbatas, dan salah satu cara terbaik adalah dengan mencatat. Percayalah catatan Anda akan menjadi investasi penting buat hidup Anda dan perjalanan karier Anda.

Leave a Reply