Menata Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja Karyawan

Menata Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja
Menata Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja

Setiap perusahan tentu menginginkan menjadi yang terbaik dan sukses bagi jenjang karir karyawannya. Hal ini didapat dengan selalu memperbaiki diri dan menginovasi produk maupun jasa yang dihasilkan. Dengan menginovasi maka pelanggan atau pihak yang memanfaatkan perusahaan Anda tidak akan kecewa. Malah mereka akan lebih percaya kepada kualitas perusahaan.

Dengan berbagai keuntungan yang diinginkan, pihak perusahaan harus memikirkan bagaimana cara agar para karyawannya menghasilkan ide inovatif. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ruangan kantor yang layak. Tatanan ruang yang tepat dapat memudahkan mereka untuk meningkatkan Produktifitas Kerja. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa digunakan dalam menata ruang kantor. 

1.  Dari Penilaian dan Pendapat

Mulailah dengan mencari tahu terlebih dahulu penilaian para karyawan dengan keadaan ruangan sebelumnya. Mereka pun akan menjawab dan mengutarakan pendapat jika Anda bertanya. Anda tidak harus bertanya face to face, cukup buatlah kuisoner atau manfaatkan jaringan yang ada pada kantor. Dari pendapat mereka Anda bisa menjadikan itu sebagai pertimbangan dalam merubah tatanan ruangan. 

2.  Optimalkan Ruang Pertemuan

Anda juga harus memperbaiki fasilitas dari ruang pertemuan. Sebab dari situlah berbagai ide bersama akan lahir untuk perusahaan. Berikanlah bar kopi atau meja yang bisa digunakan siapapun. Dengan begitu para karyawan akan merasa nyaman di sana dan akan banyak interaksi pula. 

3.  Kombinasikan dengan Teknologi

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengkombinasikan ruang kerja dengan teknologi. Teknologi bisa memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi terbaru. Hal itu juga memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugas masing-masing. Misal dengan menambahkan internet. 

4.  Tidak Penuh

Berikanlah mereka ruang yang tidak penuh dengan perabotan. Ruang yang penuh dan sesak justru akan menambah tekanan serta mempersulit mereka untuk berpikir. Berikanlah space ruang yang lebar, peletakan barang pun jangan asal-asalan. Letakan personal komputer di atas meja yang memudahkan pergerakan. Tidak perlu menambahkan barang yang tidak perlu. 

5.  Jangan Membelakangi Jendela

Dalam meletakkan meja atau kursi jangan sampai menghadap ke dinding. Akan lebih baik lagi jika menghadap ke jendela. Sebab itu akan memperluas pandangan mereka. Pandangan yang semakin luas akan memudahkan mereka mendapatkan inspirasi. 

6.  Ruang Baca atau Olah Raga Ringan

Untuk memaksimalkan kenyamanan karyawan Anda juga bisa menambahkan ruang santai. Ruang tersebut bisa ruang baca atau tempat olahraga ringan seperti tenis meja. Ruangan bisa dipakai dengan waktu tertentu atau pada saat mereka suntuk dan kesulitan mendapatkan inspirasi. Isilah ruang baca dengan buku yang sesuai bidang perusahaan dan hiburan juga.

Produktivitas karyawan selain karena faktor internal, seperti inspirasi dan motivasi, juga didukung adanya faktor eksternal seperti suasana dan kondisi ruangan kerja.  Ruangan Kerja yang nyaman dan tenang memberikan dukungan moral kepada karyawan agar lebih produktif bekerja.  Beberapa tips tersebut diatas bisa diaplikasikan perusahaan yang ingin menata kantor kembali. Jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah agar ruang kantor tetap bersih dan rapi.

Leave a Reply