Alasan Memulai Jenjang Karir di Perusahaan Besar

Memulai Jenjang Karir di Perusahaan Besar
Memulai Jenjang Karir di Perusahaan Besar

Banyak lulusan perguruan tinggi berebut masuk perusahaan besar.  Banyak alasannya, dan banyak pula manfaatnya.  Anda perlu pahami Alasan Memulai Jenjang Karir di Perusahaan Besar, sebagai langkah pengembangan karir selanjutnya.

Setelah mengirim beberapa lamaran pekerjaan, mungkin akan ada beberapa perusahaan yang menelpon untuk melakukan panggilan wawancara. Perasaan Anda tentu senang tetapi sekaligus juga bingung atau bimbang. Senang karena itu tandanya sebentar lagi akan memasuki dunia kerja, tetapi bingung untuk memilih tawaran dari perusahaan mana yang sebaiknya di ambil.

Ada yang berpendapat untuk memilih PERUSAHAAN RINTISAN (Start Up), karena akan lebih FLEKSIBEL.  Namun dominan masih banyak yang memilih PERUSAHAAN BESAR, yang sudah settle, stabil dan mapan.  Semua kembali pada pilihan masing-masing, sesuai dengan TUJUAN membangun jenjang karir kedepannya.

Untuk Anda yang baru saja lulus,  ada beberapa ulasan mengapa sebaiknya memulai jenjang karir di perusahaan besar yang tentunya sudah mapan. Dibandingkan bekerja pada perusahaan rintisan, akan lebih banyak PEMBELAJARAN yang didapat bila Anda bekerja di perusahaan besar. Namun sekali lagi, ini kembali pada PILIHAN dan TUJUAN Anda masing-masing.

Secara global berikut ini beberapa ulasan kenapa lebih baik Anda memulai membangun karir di perusahaan besar, antara lain :

1. Semakin TERPACU untuk meningkatkan KEMAMPUAN

Akan ada ratusan orang yang melamar di beberapa perusahaan besar. Seleksi dan persaingannya mungkin cukup ketat. Dari sekian banyak pelamar, Anda salah satu orang yang terpilih untuk bekerja di sana. Tidak dipungkiri hal ini sangatlah membanggakan, menjadi bagian dari perusahaan besar yang jadi IMPIAN orang lain.

Ketika bertemu dengan teman lama, Anda dapat bercerita tentang lingkungan pekerjaan dengan rasa BANGGA. Tetapi lebih dari itu, Anda akan lebih TERPACU untuk terus menunjukkan KINERJA yang baik. Anda tidak ingin bila posisi digantikan oleh orang lain. Oleh karena itu semangat persaingan akan membuat semakin maju.

Sebagai NEWBIE dalam sebuah organisasi yang MAPAN, Anda tidak ingin tinggal diam, dan hanya menunggu perintah.  Atau pun Anda hanya ingin gugur kewajiban dengan datang pagi dan pulang sore.  Perusahaan besar memiliki sumber daya yang besar, proses bisnis yang kompleks dan target jangka panjang yang prestisius.  Jika Anda tidak segera beradaptasi dengan budaya perusahaan, bisa jadi karir Anda akan tersendat, bahkan tidak berlanjut. 

2. Mempunyai KESEMPATAN menapaki JENJANG KARIR yang lebih tinggi

Salah satu ciri perusahaan yang sudah mapan yaitu memiliki sistem kepegawaian yang lebih terstruktur. Perusahaan besar diharuskan untuk memberikan gaji yang layak dan beberapa jaminan untuk karyawannya. Oleh sebab itu, Anda yang memilih bekerja di perusahaan besar berkesempatan mengetahui tata cara pengelolaan Sumber Daya Manusia atau SDM yang baik.

SDM adalah aset bagi sebuah perusahaan, dan jika organisasi semakin lengkap, maka sumber daya tidak boleh kurang.  Dan setiap sumber daya akan dipersiapkan jalur karir yang sesuai dan lebih jelas. Perusahaan besar tentu saja sudah menyiapkan jenjang karir untuk para karyawannya. Anda yang sudah NYAMAN bekerja di perusahaan tersebut tentu mempunyai kemungkinan besar untuk meneruskan karir untuk waktu yang panjang.

Jenjang karir di perusahaan mapan, memiliki struktur yang cukup lengkap.  Setiap tahapan memerlukan proses ASSESSMENT promosi jabatan.  Dengan kondisi yang lengkap tersebut, Anda bisa mempersiapkan diri mengembangkan kompetensi untuk menempati posisi tertentu.

3. Memperluas KONEKSI dan menemukan PELUANG kerja baru

Relasi perusahan juga dapat menjadi relasi baru Anda. Perusahaan besar tentu telah memiliki relasi yang luas. Kesempatan ini dapat digunakan untuk memperluas jaringan dan Anda mempunyai kesempatan untuk berhubungan dengan perusahaan-perusahaan besar yang lainnya. Semakin luas relasi yang didapat, maka semakin terbuka kesempatan Anda untuk membangun karir.  Mungkin Anda akan berkarir pada perusahaan lain, namun sudah dimulai dengan membangun relasi sejak dini.

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang besar merupakan POTENSI jejaring Anda sekarang dan masa depan.  Informasi dari sejawat dan kolega bisa berdayaguna ketika Anda memutuskan membangun karir lainnya.  Perusahaan besar juga berisikan orang-orang dari tempat lain yang membawa perubahan atau masukan baru.  KEMAMPUAN berpikir Anda akan semakin lengkap dengan sering berdiskusi bersama mereka.

Itulah beberapa alasan untuk memulai jenjang karir di perusahaan besar. Setiap perusahaan tentu memberikan penawaran yang beragam. Di perusahaan besar yang mapan Anda mendapat lebih banyak pengalaman yang berharga dan berbagai kelebihan dibanding perusahaan rintisan.  Tidak berarti perusahaan rintisan tidak berharga.  Namun memulai dari perusahaan mapan, Anda akan mempunyai banyak pembelajaran.

Kelak saat Anda sudah cukup paham dengan dunia kerja, dan SIAP untuk membangun karir baru, tidak salah Anda berkecimpung dalam perusahaan rintisan baru.  Anda dapat menjadi IKAN BESAR dalam kolam kecil.  Pengalaman Anda akan semakin lengkap setelah belajar di perusahaan multinasional, dengan bergabung bersama perusahaan kecil.

Jika posisi Anda lebih tinggi pada perusahaan baru, Anda tengah melatih DECISION MAKING dan LEADERSHIP skill.  Perusahaan memberikan PEMBEKALAN kepada Anda dalam membangun KOMPETENSI.  Memulai jenjang karir di perusahaan besar bisa menjadi OPSI pertama, namun proses mendapatkannya perlu USAHA KERAS.

Leave a Reply