Memperbaiki Proses Bisnis untuk Meningkatkan Efisiensi

memperbaiki bisnis proses untuk meningkatkan efisiensiTahun berselang dan hari berganti menjadi sebuah keniscayaan yang tiada dapat dihentikan atau bahkan dihindari. Perubahan waktu dan situasi kondisi akan selalu terjadi, dengan sikap adaptiflah yang akan membuat organisasi Anda bertahan dan tetap bertumbuh. Perubahan akan selalu terjadi dan sikap Anda menghadapi perubahan akan membuat Anda tetap unggul dari para pesaing dan kompetisi pasar atau Anda akan tertinggal dan hilang dari peredaran.
Sebuah proses bisnis akan menjalani perubahan-perubahan, dan perbaikan-perbaikan, yang sudah menjadi wacana dan keharusan dilakukan. Perubahan proses bisnis (baca : memperbaiki) akan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja individu dan tim, sehingga berdampak pada performa keseluruhan organsasi bisnis Anda. Memperbaiki Proses Bisnis sangat berpengaruh dominan pada efisiensi kerja dan efektivitas atau produktivitas. Banyak proses bisnis lama yang harus di improve atau banyak pula proses bisnis baru yang harus di enhanced. Bagaimana Anda dapat memperbaiki proses bisnis adalah cara paling efektif memperbaiki kinerja organisasi dan meningkatkan pertumbuhan laba dan keuntungan perusahaan.

Pentingnya Proses Bisnis

Proses dapat bersifat formal atau non formal. Proses yang Normal dikenal dengan sebutan prosedur, yang terdokumentasi baik dan mempunyai langkah-langkah jelas. Sedangkan Proses Non Formal adalah proses yang Anda sendiri membuatnya dan melakukan, tanpa harus menuliskannya.

Proses dalam Bisnis yang tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya akan berdampak buruk, diantaranya adalah :

  • Komplain Pelanggan atau Nasabah
  • Kolega yang menjadi Frustasi
  • Pekerjaan Berulang atau Pekerjaan yang tidak selesai
  • Pemborosan Biaya
  • Kesia-siaan Sumber Daya
  • Terjadi Kebuntuan dan Waktu yang Molor

Leave a Reply