Memilih Ukuran Kinerja Awal Tim Anda

Manajemen Kinerja atau Performance Management mencakup aktivitas Sistematik yang menjamin bahwa Sasaran dan Tujuan Strategik Organisasi secara Konsisten akan tercapai secara Efektif dan Efisien.  Manajemen Kinerja dapat berfokus pada Kinerja Organisasi, Divisi, Departemen, Manajer, Karyawan atau Proses yang dipergunakan menghasilkan Produk dan Jasa.  Pemilihan Ukuran Kinerja dalam mengukur Keberhasilan dalam mencapai Sasaran dan Tujuan merupakan Aspek yang Cukup Sulit dan Penting. Bagaimana Anda dapat menentukan Ukuran yang Tepat dalam Penelusuran Kemajuan Kinerja sehingga Perencanaan Strategis dapat Tercapai?.

Ukuran Kinerja yang menyeluruh harus terkait dengan Visi Misi Sasaran dan Tujuan, mengandalkan Kemampuan untuk Mengukur (Measurability), Dapat Dipercaya (Valid and Reliable), Tanggung Jawab Jelas, Memperhatikan Prioritas, Berguna untuk Customer Internal atau External.  Terdapat beberapa langkah dalam menentukan Pemilihan Ukuran Kinerja yang tepat bagi Manajemen Kinerja Perusahaan Anda.

1.  Memilih Ukuran Kinerja Awal

2.  Mengevaluasi Ukuran Kinerja

3.  Memilih Ukuran Kinerja Kunci

4.  Menentukan Kebutuhan Data

5.  Mendefinisikan Ukuran Kinerja

6.  Menentukan Kinerja Awal (Baseline Performance)

Memilih Ukuran Kinerja Awal (Baseline Performance Measurement)

Pada kesempatan ini Anda akan mempelajari cara yang efektif dan efisien dalam Menentukan Pilihan Ukuran Kinerja Individu atau Tim.  Pada tahap ini Anda perlu melakukan Peninjauan Ulang Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan Organisasi, Program dan Sub Program Kerja.  Anda akan mengidentifikasikan ukuran umum yang dipergunakan seperti Input, Output, Outcome, Efisiensi, Produktivitas dan Kualitas.

Ukuran Input (Input Measures)

Input adalah Sumber Daya yang dipergunakan dalam proses penyerahan Produk dan Jasa dan Faktor yang dapat Mempengaruhi Kinerja Organisasi.  Input dalam hal ini diantaranya seperti : Peralatan Kerja, Komputer, Tenaga Kerja, Biaya Operasional dan lainnya.  Ukuran Input juga berasal dari Luar Organisasi seperti Jumlah Pesanan Masuk, Jumlah Pelanggan Datang, Jumlah Komplain Nasabah dan lainnya.  Ukuran Input belum dapat menentukan Ukuran Kinerja namun berguna sebagai Informasi bagi Penentuan Produktivitas dan Kualitas.

Ukuran Output (Output Measures)

Merupakan informasi jumlah Volume Produk dan Jasa yang diserahkan kepada Pelanggan, Tingkat Beban Kerja atau Aktivitas dalam Program Tertentu dan lainnya.  Contoh Output diantaranya Jumlah Pelanggan yang Puas, Jumlah Pesanan yang Terkirim.  Output belum dapat dijadikan Ukuran Kinerja karena belum mampu Menjelaskan Apakah Sasaran Program Tercapai, Apakah Kualitas Terpenuhi dan Apakah Efisiensi terjadi pada Pelayanan.

Ukuran Outcome (Outcome Measures)

Merupakan Dampak dari Pelayanan yang diberikan.  Outcome mempertegas Manfaat Bisnis atau Dampak Aktual dari sebuah Tindakan Organisasi. Contoh Outcome adalah Jumlah Pelanggan yang Datang Kembali dengan Pesanan yang Sesuai dan Tidak Komplain.  Ukuran Outcome merupakan salah satu Ukuran Kinerja yang dapat dipergunakan Organisasi Bisnis ketika melakukan Proses Perencanaan Strategis.

Ukuran Kualitas (Quality Measures)

Satuan yang dipergunakan dalam Ukuran Kinerja dengan memperhatikan Baiknya Proses Pelayanan Produk dan Jasa kepada Pelanggan.  Dalam hal ini contoh Ukuran Kualitas adalah Prosentase Jumlah Pelanggan Kembali tanpa Komplain dari keseluruhan pelanggan.   Dalam Konsep Manajemen Strategi, Kualitas lebih Utama daripada Kuantitas.  Kepuasan Pelanggan menjadi Acuan dalam Ukuran Kinerja.

Ukuran Efisiensi (Efficiency Measures)

Ukuran Kinerja dengan Acuan Efisiensi merupakan informasi sebaik apa Sumber Daya yang dipergunakan dalam Pelayanan Bisnis.  Efisiensi mengidentifikasikan Orientasi pada Penghematan dan Penghilangan Pemborosan.  Efisiensi adalah salah satu Ukuran Kinerja yang cukup Populer dipergunakan Organisasi Bisni.  Contoh Ukuran Efisiensi seperti Biaya Rekrut per Karyawan, Rata-rata Waktu Respon Keluhan Pelanggan, Rata-rata Waktu Kerja dalam sehari dan lainnya.

ikhtisar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>