Membangun Jaringan Profesional dengan Daya Tahan Kuat

membangun jaringan profesional dengan daya tahan kuat
membangun jaringan profesional dengan daya tahan kuat

Membangun Jaringan Profesional tidak baik jika Anda tidak secara aktif terlibat dengan orang-orang di dalamnya. Menjaga komunikasi dengan mereka, meski hanya sapaan atau ucapan sederhana, namun dalam rentang waktu yang regular akan menjaga koneksi dan memberi nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Membangun Jaringan Profesional dengan daya tahan lama sangat penting dalam karir apapun. Baik sebagai pengusaha, pekerjan professional, atau pun sebagai pekerja lepas. Bila Anda mampu membangun kepercayaan di antara jejaring profesional yang besar, keyakinan mereka kepada Anda dapat menjadi sebuah senjata pamungkas, dan mampu meningkatkan peluang sukses dalam bidang apapun.

Mengetahui bahwa Anda telah mengumpulkan jaringan banyak orang yang dapat diandalkan untuk saling menghargai satu sama lain akan membuat Anda merasa lebih percaya diri maju dalam karir. Tentu saja, koneksi yang Anda buat tidak akan menjadi masalah jika satu-satunya tujuan mereka adalah melayani mendapatkan kebutuhan jangka pendek.  Misalkan Anda seorang ahli Strategi Manajemen, kemudian akan memberikan sebuah e-book gratis, dan setelah itu mereka akan “hilang”.  Bukan masalah…Karena sering koneksi hanya bersifat transaksional belaka.

Koneksi yang paling berharga akan ada untuk Anda disana – dan Anda akan berada di sana untuk mereka – sepanjang karir Anda. Itulah dasar mengapa Anda perlu membangun jaringan profesional dengan daya tahan kuat.

Koneksi Hari Ini, Mitra Besok

Anda mungkin telah bekerja dengan beberapa perusahaan selama bertahun-tahun yang mengira mereka memiliki buku koneksi profesional. Namun, setelah beberapa lama berlalu, mereka mendapati bahwa mereka tidak dapat mengakses orang-orang yang paling mereka inginkan ketika mereka memiliki alasan yang sah.

Jika Anda tidak menjangkau kolega secara berkala, Anda akan kehilangan sumber daya berharga itu. Inilah sebabnya Anda harus berusaha untuk mempertahankan kontak – dan ini akan membantu Anda berkali-kali. Tetap berhubungan dengan rekan alumni sekolah, misalnya, telah menghasilkan banyak kesempatan bagi Anda untuk berkolaborasi dalam beberapa proyek hebat dengan orang-orang hebat. Anda mungkin telah melewatkan kesempatan tersebut jika Anda tidak aktif berhubungan dan memberikan nilai kepada mereka.

Begitu Anda mulai berjejaring di berbagai acara industri yang sesuai dengan target pasar Anda (semua pengusaha harus melakukannya secara teratur!), ada beberapa hal penting yang harus diingat agar jaringan tetap aktif, terlibat, dan berkembang:

1. Cari cara untuk menambahkan nilai pada jaringan Anda

Perubahan organisasi dapat terjadi kapan saja, dan Anda dapat berpindah kerja setiap saat.  Namun demikian hubungan pertemanan dengan kolega harus selalu dijaga.  Setidaknya Anda masih mampu mengingat nama, dan momen kerjasama yang pernah Anda lakukan. Tidak ada yang menunjukkan rasa hormat lebih Anda kepada orang-orang tersebut, dibandingkan berbagi informasi dan koneksi yang mungkin relevan dan berharga bagi mereka.

Sharing adalah cara paling efektif bagi Anda mempertahankan dan membangun jaringan profesional yang kuat. Selain memperkuat ikatan hubungan Anda, ini menyebabkan mereka memandang Anda sebagai rekan yang terpercaya, dan ini sering menimbulkan keinginan mereka untuk membalasnya – meskipun itu bukan motivasi Anda untuk melakukannya.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan nilai dan menjaga koneksi adalah berbagi konten yang relevan. Jika Anda menemukan artikel pada waktu yang tepat meliput berita tentang industri atau minat kolega Anda, maka kirimkan kepadanya. Cara sederhana itu tidak biasa dan akan sangat dihargai.  Membangun Jaringan Profesional secara mendalam dan solid, dimulai dengan memberikan Add Value bagi mereka, sehingga suatu waktu mereka akan merasakan manfaatnya.

2. Menunjukkan Anda peduli untuk menjaga Hubungan

Setelah Anda kontak dengan seseorang dan sempat punya percakapan substansi dan relevansi – tidak peduli seberapa singkat – maka lakukan tindakan cepat dan segera menindaklanjutinya saat Anda masih segar dalam pikiran mereka. Jika tidak, Anda berisiko cepat terlupakan, mengurangi manfaat pertemuan pertama tersebut.  Follow Up perkenalan Anda sehingga akan berdaya tahan lama dalam jaringan profesional nantinya.

Lakukan sesekali percakapan substantif dan berarti (baik melalui telepon, elektronik, atau makan siang atau ngopi) dengan orang-orang yang paling berarti dalam jaringan Anda. Ajak mereka “kongkow” sehingga makin mendekatkan koneksi.  Cari tahu apa yang terjadi dalam kehidupan dan pekerjaan mereka sehingga Anda dapat tetap berhubungan dengan hal-hal penting yang terjadi untuk mereka dan berusaha menambahkan nilai, memperkuat hubungan Anda.

Jikalau memang sulit melakukan komunikasi langsung (tatap muka), Anda dapat memberdayakan sosial media atau teknologi lainnya.  Yang terpenting adalah Anda menempatkan mereka sebagai orang penting dalam jaringan profesional tersebut.  Semakin Anda memberikan “perhatian” lebih akan semakin kuat relasi Anda dengan mereka.

3. Membangun Kebiasaan memberi Pujian 

Bila Anda mendengar tentang sesuatu yang hebat yang terjadi pada orang-orang di jaringan Anda, cari tahu dan akui keberhasilan dan prestasi mereka. Orang senang dipuji, meski hanya sekedar ucapan “Selamat Bro…”, atau “Good Luck, for you position..”.  Tidak butuh banyak waktu, tapi ini memupuk niat baik, dan semua orang menghargai isyarat sederhana itu.

Jika Anda tidak memiliki sistem untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di jaringan Anda secara teratur, kemungkinan besar Anda akan dilupakan atau diabaikan. Buat sistem yang sesuai dan tetaplah berhubungan. Kuncinya adalah menindaklanjuti dan penasaran/tertarik pada dunia orang lain.  Keberhasilan Anda sesungguhnya tergantung pada orang disekitar Anda, karena mereka adalah penilai sejati.  Prestasi yang Anda buat tidak lepas dari kontribusi orang dalam jaringan Anda.  Berikan mereka kesempatan untuk mendapat apresiasi Anda, meski hanya berupa ucapan.

4. Berikan Undangan Acara Eksklusif

Pilih anggota jaringan Anda untuk berpartisipasi dalam peristiwa penting yang Anda rasa menarik atau menguntungkan bagi mereka.  Misalkan Anda mengadakan even Fun Run di kantor dan Anda tahu bahwa ada beberapa kolega dari jejaring profesional Anda suka acara tersebut.  Tidak ada salahnya Anda memberi mereka free ticket agar mau hadir dan memeriahkan acara.  Ini adalah Undangan Eksklusif dan memperkuat citra diri Anda sebagai seorang kolega yang berdaya guna.

Anda mungkin sering terlibat dengan acara spesial, acara undangan khusus yang tidak diiklankan, jadi ketika Anda menghubungi individu di jaringan dan menginformasikan sebuah undangan, rekan-rekan Anda pasti sangat senang dan merasa terhormat ketika Anda memasukkan mereka dalam undangan, bahkan jika pun mereka ‘tidak bisa hadir’.

Bahkan jika Anda tidak berada dalam posisi untuk menambahkan undangan ke acara eksklusif, biarkan orang-orang di jaringan Anda tahu bahwa Anda melihat sebuah peristiwa yang mungkin mereka minati akan membuat mereka tahu bahwa mereka sangat penting bagi Anda.

Tidak dapat terlalu dibesar-besarkan betapa pentingnya membangun jaringan professional Anda dan memperkuat hubungan tersebut dari waktu ke waktu. Melalui koneksi yang terpercaya, Anda dapat melibatkan para ahli dan pakar khusus lainnya yang membantu tim Anda. Bantuan pada bidang keahlian, bakat, atau akses yang tepat kepada influencer dan klien. Bantuan ini untuk mempercepat kredibilitas, daya tarik dan pertumbuhannya terhadap sasaran pasar.

Apa yang terjadi di sekitar Anda pastikan untuk menambahkan nilai. Membangun Jaringan Profesional merupakan modal Anda untuk daya tahan yang kuat bagi perkembangan karir ataupun bisnis.

Leave a Reply