Memahami Proses Perencanaan Karir, sebuah langkah menuju Aktualisasi Diri Anda

jenjang karir andaPerencanaan karir adalah sebuah proses yang menjadi salah satu bagian dalam Pengembangan Jenjang Karir Anda.  Dalam proses perencanaan karir ini Anda akan melakukan beberapa aktivitas seperti Self-Assessment, Penelitian, Pengambilan Keputusan, Pencarian Pekerjaan dan Penerimaan Penawaran Kerja.  Langkah-langkah tersebut adalah rangkaian kegiatan yang Anda harus siapkan dalam proses-proses perencanaan karir yang matang, sehingga Anda dapat menemukan Aktualisasi Diri dalam karir Anda.

Sebagaimana sudah banyak literatur dan artikel yang mengulas bagaimana Anda dapat membangun dan melakoni Jenjang Karir yang tepat dan sesuai dengan hasrat dan passion, tidak adal salahnya berikut kita ulas lebih lanjut mengenai cara-cara Anda mempersiapkan Perencanaan Karir yang baik, sebagaimana dilansir oleh about.com.

1.  Self-Assessment (Penilaian Diri)

Penilaian Diri adalah sebuah keharusan dalam setiap pencarian jenis pekerjaan atau karir yang Anda inginkan.  Hal ini berfungsi untuk melakukan evaluasi lebih dini mengenai sejauh mana kapasitas dan kapabilitas Anda dalam sebuah jenis pekerjaan. Anda harus paham seperti apakah Anda, sejauh mana ketertarikan Anda, ketrampilan dan kualitas personal yang dimiliki.  Hal ini sangat vital dan krusial dalam penentuan perencanaan karir yang tepat bagi masa depan Anda.

Seumpama Anda lebih bergairah dalam dunia programming komputer, maka sebaiknya Anda tidak memaksakan diri dalam perencanaan jaringan dan keamanannya, meski hal tersebut masih cukup similar sebagai bagian dari dunia teknologi informasi.  Namun dengan memaksakan mencari kerja bidang keamanan jaringan IT, tentunya akan banyak sumber daya yang harus Anda kerahkan untuk memperoleh posisi kerja tersebut dibandingkan Anda bertarung dalam perebutan posisi Senior Analyst.

2.  Research (Penelitian)

Setelah mampu melakukan Self-Assessment, selanjutnya Anda lakukan penelitian mendalam, baik online maupun konvensional.  Hal ini dipergunakan untuk mencari informasi lebih banyak sejauh mana pasar mengakomodir karir yang Anda incar, dan sebesar apa kompetisinya.  Anda dapat bercengkrama dengan orang-orang yang sudah berkarir dalam bidang tersebut, dimana hal ini akan membuat Anda mempersiapkan diri menghadapi kenyataan yang ada kelak.

Anda dalam melakukan penelitian untuk beberapa jenis pekerjaan, lingkungan yang berbeda, industri yang berbeda.  Pilihan-pilihan Anda akan menambah wawasan dan membantu dalam pengambilan keputusan nantinya.

3.  Decision Making (Pengambilan Keputusan)

Melibatkan pro kontra dari pilihan Anda sebagai hasil dari penelitian sebelumnya.  Pengambilan keputusan akan menentukan prioritas, bahkan risk-taking.  Karena dunia profesional dan industri selalu cepat berubah, maka tidaklah realistik manakala Anda mengambil keputusan secara mutlak.  Perlu adanya penyesuaian atau Adaptability memilih beberapa jenis pekerjaan sekaligus dan mampu mempertahankan sikap positif terhadap pilihan Anda.

Semisal Anda pernah bekerja sebagai Akunting bahkan telah menjadi akuntan yang handal, maka jika perubahan pasar mengarah pada Financial Planning, maka Anda perlu mencoba melakukan penyesuaian. Kemampuan Anda beradaptasi dengan perubahan akan memudahkan Anda mendapatkan posisi yang diiincar.  Akuntansi dan Financial Planning tidak terlalu overlapping dalam prakteknya dibandingkan IT Programming dan IT Network Security.

4.  Search (Pencarian)

Setelah Anda mengidentifikasikan tujuan kerja, Anda dapat memulai hunting pekerjaan yang diincar.  Aktivitas yang diperlukan diantaranya adalah Networking, Identifikasi Perusahaan, membuat Lamaran Kerja dan Proses Wawancara.

Anda dapat manfaatkan rekan-rekan kerja atau kolega dari perusahaan lain untuk memulai mencari, atau menggunakan media sosial.  Persiapkan resume terbaru Anda agar lebih menjual dalam proses pencarian kerja.

5.  Acceptance (Penerimaan)

Jika ada beberapa penawaran kerja yang datang, maka Anda perlu mempersiapkan diri mengambil keputusan.  Keputusan Anda akan menjadi sebuah milestone baru dalam karir Anda.  Pastikan Anda menerima pekerjaan sesuai dengan hasrat dan harapan Anda untuk menciptakan Jenjang Karir lebih gemilang.

Leave a Reply