5 Tip Cara untuk Melepaskan Stres di Tempat Kerja

5 tip melepaskan stres di tempat kerja Anda
5 tip melepaskan stres di tempat kerja Anda

Tidak peduli apa pekerjaan Anda, pekerjaan selalu bisa membuat stres.  Namun bagaimana jika begitu stresnya Anda merasa tidak punya waktu untuk bersantai.? Akhirnya tumpukan pekerjaan terbawa ke rumah, dan mulai mengurangi waktu untuk diri sendiri atau waktu untuk teman dan keluarga Anda. Melepaskan Stres di tempat kerja harus dilakukan. Meski stres akan pasti datang, ada cara Anda daoat terlepas darinya di tempat kerja.

Menemukan Work-Life Balance bisa menjadi cukup sulit, terutama di era digital dimana dengan mudahnya pekerjaan akan mengikuti Anda. Keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi sangat berpengaruh pada produktivitas.  Berikut ini adalah lima tip untuk membantu Anda dalam mencapai keseimbangan Work-Life yang sehat dengan melepaskan stres di tempat kerja:

1. Jaga Gaya Hidup Sehat

Sekiranya diet dan olahraga belum mempengaruhi kesehatan fisik Anda, namun faktor-faktor ini cukup berdampak besar pada kesehatan mental. Jadwal latihan olah-raga reguler dan menyantap makanan sehat, akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola stres. Dan jika Anda kurang stres, tentu akan lebih siap meninggalkan stres di kantor.

Sayangnya, saat orang stres, kecenderungan orang ingin makan makanan berminyak dan berlemak seperti pizza atau es krim. Usahakan untuk menghindari ini sebisa mungkin, makanan ini hanya membuat Anda merasa lesu dan kurang mampu mengatasi stres. Hilangkan makanan berlemak tinggi, kafein dan gula dan pilihlah makanan kaya serat dan karbohidrat seperti ubi jalar, sayuran dan nasi.

Buah dan sayuran merupakan pilihan yang baik, dan dalam kasus ini, akan membantu melawan stres. Buah dan Sayuran mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengisi tubuh Anda dengan antioksidan.

Saat berolahraga, yang terpenting adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai. Jika Anda benci berlari, jangan lari. Cobalah Zumba, Kickboxing, Berenang atau olahraga permainan. Banyak cara untuk berolahraga tanpa menyiksa diri sendiri.

Anda bahkan mungkin akan bersenang-senang sambil menurunkan tingkat stres dan meningkatkan produktivitas, sehingga memudahkan Anda meninggalkan tumpukan pekerjaan yang sedikit lebih kecil di kantor.

2. Istirahat Sepanjang Hari Kerja

Para atlet akan beristirahat sepanjang pertandingan mereka, orang-orang yang bekerja pun harus beristirahat sepanjang hari kerja mereka. Studi menemukan bahwa beristirahat secara berkala sepanjang hari dapat menyebabkan kepuasan kerja yang lebih tinggi, mengurangi kelelahan emosional dan usaha yang lebih besar secara keseluruhan oleh karyawan untuk melangkah jauh dan melampauinya.

Frekuensi dan lama istirahat bervariasi dari setiap orang berdasarkan preferensi dan kelayakan, studi ini menyarankan karyawan setidaknya mencoba untuk melakukan istirahat sejenak di pagi hari. Istirahat pagi bisa membuat Anda merasa lebih berenergi, termotivasi dan fokus. Mereka bahkan bisa membantu mengurangi sakit kepala, kelelahan mata dan sakit punggung bagian bawah.

Singkatnya, beristirahat akan membuat tingkatan stres Anda berada pada level yang dapat dikendalikan.  Stres saat bekerja akan terkontrol, dan akan membiarkan Anda pulang dengan perasaan tenang, tidak frustrasi dan kelelahan.  Cobalah luangkan waktu Anda sesaat, minimal 30 menit, agar badan kembali segar, dan pikiran siap bekerja kembali.

3. Atur Waktu Kerja

Langkah pertama mengatur waktu adalah menyisihkan waktu untuk mengatur kerja Anda. Mengambil 10 – 20 menit di awal hari untuk melihat-lihat tugas dan menetapkan tujuan hari itu secara drastis dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Mengatur Waktu juga penting untuk menentukan “jam kerja” Anda. Teknologi terkadang membuat lebih sulit bagi beberapa seseorang untuk meninggalkan tempat kerja.  Namun, menetapkan batasan pada waktu Anda adalah salah satu tip paling dasar untuk menciptakan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan yang tepat.

Buatlah daftar penting Anda dan putuskan berapa banyak waktu yang akan dihabiskan setiap minggu. Ini bisa termasuk bergaul dengan keluarga Anda, bermain instrumen, membaca, belajar keterampilan baru, berlatih hobi atau hanya menonton film. Tidak peduli apa aktivitasnya, pastikan untuk memiliki beberapa “me-time” yang direncanakan dalam minggu Anda.

4. Siapkan “Besok Anda” untuk Sukses

Seiring mengatur waktu Anda di awal hari kerja, penting juga untuk mengukir waktu di penghujung hari untuk memikirkan prioritas hari berikutnya. Ini akan menyelamatkan Anda dari kericuhan pagi untuk mengingat apa yang seharusnya Anda kerjakan.

Ambil 10-20 menit lagi di penghujung hari untuk menulis catatan berikutnya tentang apa yang Anda lakukan hari itu, dan tugas apa yang Anda butuhkan untuk memulai di pagi hari. Metode ini akan memungkinkan Anda merampingkan pekerjaan Anda dan menjaga kelancaran hari demi hari. Hal ini juga mencegah Anda terobsesi tugas mana yang perlu Anda tangani keesokan harinya.

Persiapan agenda keesokan hari akan lebih efektif jika dilakukan sebelum Anda pulang.  Hanya beberapa menit sebelum pulang akan berdampak pada performa esok hari.  Dan hari esok akan mudah bagi Anda melepaskan stres di tempat kerja.

5. Nikmati Perjalanan Kerja Anda

Satu studi menemukan bahwa pasangan yang melakukan perjalanan kerja minimal 45 menit memiliki potensi 40 persen lebih tinggi untuk bercerai. Bagaimana Anda menghabiskan perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya, akan mempengaruhi produktivitas Anda di siang hari, dan sikap Anda saat Anda tiba di rumah.

Cobalah gunakan perjalanan pagi Anda sebagai waktu meditasi, refleksi dan latihan pernapasan. Keterampilan ini bisa membantu Anda tetap tenang dan fokus sepanjang hari. Dalam perjalanan pulang, berkonsentrasilah untuk melepaskan dan merayakan diri bahwa Anda tengah dalam perjalanan pulang. Lakukan apa pun yang membuat Anda merasa bebas dari stres – turunkan jendela dan nyalakan musik, ciptakan keheningan yang indah setelah sehari penuh tantangan.

Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bisa menjadi tantangan dan stres. Selain mempertahankan gaya hidup sehat dan memanfaatkan perjalanan Anda sebaik-baiknya, Anda bisa mengatasi stres ini dengan lebih mudah. Coba beristirahat disela-sela hari kerja, atur waktu Anda dan persiapkan diri untuk sukses.  Melepaskan stres di tempat kerja sangat penting bagi kelanjutan pengembangan karir Anda.

Leave a Reply