3 Pintu Paling Tepat Untuk Melejitkan Jenjang Karir Anda

Pintu Paling Tepat Untuk Melejitkan Jenjang Karir
Pintu Paling Tepat Untuk Melejitkan Jenjang Karir

Bagi seorang pencari kerja, kebutuhan yang paling efektif tidak hanya terletak pada gaji yang Anda dapatkan, tetapi juga dari jenjang karir dalam perusahaan yang sedang ditekuni. Sebab, gaji mengikuti karir, bila karir yang didapat semakin cepat atau semakin tinggi maka tentu akan berimbas kepada gaji dan kompensasi yang semakin besar. Oleh karena itu, tidak masalah bila Anda memiliki gaji yang belum sesuai dengan harapan, akan tetapi karir yang ada di depan telah menjanjikan.  Pintu untuk Melejitkan Jenjang Karir Anda dapat berada didepan Anda dan Anda perlu siap untuk melewatinya.

Namun, untuk menjajaki karir sendiri tidaklah mudah, banyak hal yang harus dihadapi. Misalnya, Anda harus bersaing untuk mendapatkan posisi dalam sebuah pekerjaan. Maka Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar proses persaingan dapat diikuti hingga berhasil mencapainya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda persiapkan untuk menghadapi tantangan yang terjadi seperti yang dikutip dari Careerealism berikut ini :

1. Tentukan Tujuan Karir yang jelas

Melamar diberbagai bidang dalam beragam perusahaan akan membuat fokus Anda terpecah. Imbasnya Anda tidak akan mengetahui untuk posisi dan fungsi apa Anda bekerja nantinya. Bahkan yang paling ekstrim adalah Anda akan menolak sebuah tawaran kontrak dari sebuah pekerjaan setelah mengalami berbagai tes yang berat dan melelahkan. Alasannya tidak lain adalah kurang sesuai dengan passion atau minat.

Keadaan tersebut jelas merugikan Anda baik fisik maupun waktu. Oleh karena itu, hal pertama yang paling penting adalah menentukan tujuan karir yang jelas. Jangan terpengaruh kepada keinginan teman atau sekedar datangnya tawaran gaji yang menggiurkan. Usahakan keinginan tersebut berasal dari Anda dengan melihat apa yang bisa dikerjakan di sana, baik bagi perusahaan maupun masyarakat di sekitar.  Jenjang Karir yang sesuai akan melejitkan Anda pada posisi yang tepat.

2. Membuat CV yang cemerlang

CV (Curriculum Vitae) diperlukan bagi mereka yang ingin memiliki karir yang lebih baik. Tidak hanya oleh para fresh graduated, tetapi CV juga harus dibuat oleh kalangan experienced. Bagi para pelamar baru, Anda bisa menyesuaikan bentuk CV dengan tampilan yang menarik. Minimal buatlah CV Anda agar bisa dilihat oleh HRD sebuah perusahaan. Ibarat sebuah tugas proposal, seorang dosen akan lebih tertarik pada proposal yang memiliki cover menarik untuk membacanya lebih lanjut.

Namun bagi Anda yang telah memiliki pengalaman, CV bisa menjadi gudang prestasi Anda secara tertulis. Tidak perlu desain yang terlalu menarik untuk membuktikan Anda cocok di posisi tersebut. Hanya saja, untuk membuat perusahaan lebih tertarik, Anda bisa mulai menuliskan hal-hal yang Anda lakukan dalam perusahaan lama dan ketertarikan minat untuk berada di perusahaan yang dilamar. CV akan memberikan gambaran sejauh mana Anda berhasrat melejitkan jenjang karir pada perusahaan yang dituju.

3. Ambil Kesempatan

Karir yang baik akan menunjang kehidupan yang lebih baik pula. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan pengorbanan dengan mengambil beberapa kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapainya. Misal, Anda perlu memiliki skor TOEFL 500, maka cobalah untuk latihan dengan cara mengambil kursus.

Sebuah kesempatan juga memerlukan pengorbanan beberapa materi. Oleh karena itu, persiapkan keperluan yang Anda butuhkan dengan cara menyisihkan beberapa penghasilan atau uang saku Anda untuk mengambil kesempatan. Ingat, sebuah kesempatan tidak datang 2 kali, bila ada waktu untuk mengambilnya maka pergunakan secara maksimal.  Setiap momen yang bisa memberikan kesempatan Anda melejitkan jenjang karir pada posisi berikutnya jangan dipandang remeh.  Training, Workshop, Seminar, Kunjungan Kerja dan lainnya adalah bagian dari proses pengembangan karir berkelanjutan.

Jangan pernah ragu untuk mengambil kesempatan yang berguna untuk mengembangkan karier. Jika Anda menginginkan kemajuan karier dan belum mendapatkannya, cari tahu mengenai apa yang Anda butuhkan, entah itu pengalaman atau keahlian tertentu.  Apabila Anda mendapatkan pelatihan di tempat kerja, jangan sampai Anda menolaknya. Jika di kantor tidak mendapat pelatihan, Anda bisa mencari kursus atau kuliah di luar kantor.  3 pintu tersebut diatas sedikitnya akan membuka wawasan Anda bagaimana melejitkan jenjang karir dengan cepat.

Leave a Reply