Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda

Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda

Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda

Organisasi bisnis bergantung dengan kemampuan orang-orang yang mengelolanya. Tanpa adanya orang yang kompeten, maka sebaik apapun sistem kerja, proses dan prosedur, aturan main dan perangkat lainnya, tidak akan mampu menjadikan visi misi organisasi menjadi realita. Wacana diatas kertas akan selamanya menjadi hiasan meja dan komputer para pengambil keputusan. Inilah mengapa Anda sebagai Leader harus mengembangkan Team Building dalam organisasi sehingga memberikan manfaat dan daya guna maksimal.

Team Building menjadi salah satu implementasi Manajemen Strategi, merupakan sebuah proses berkelanjutan untuk membantu kelompok kerja berkembang menjadi sebuah unit kerja kohesif. Anggota tim tidak hanya saling berbagi harapan untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok, namun juga akan berbagi Kepercayaan dan Dukungan satu sama lain serta menghormati perbedaan individu. Anda berperan sebagai pembangun tim untuk memimpin menuju kekompakan dan produktivitas. Anda harus secara teratur memelihara dan mempertahankan kehidupan tim, seperti halnya Anda melakukan untuk masing-masing individu.

Keterampilan membangun tim yang baik, akan menyatukan karyawan pada tujuan bersama dan menghasilkan produktivitas lebih besar. Tanpa mereka, Anda hanya membatasi diri sendiri dan staf lainnya untuk berupaya dan berkontribusi maksimal.

Prinsip Dasar Team Building

Sebuah tim akan mampu menyelesaikan masalah lebih cepat dibandingkan seorang individu. Kombinasi seorang analyst dan seorang praktisi akan efektif memperbaiki kesalahan proses dibandingkan seorang praktisi sendiri atau seorang analyst sendiri. Tim kerja yang solid adalah sebuah fundamental dasar keberhasilan organisasi dalam menjalankan proses-proses yang kompleks atau rumit.

Prinsip dasar pentingnya Team Building adalah sebagai berikut :

  1. Membangun Komunikasi yang baik antar masing-masing individu, baik sebagai anggota tim ataupun sebagai pribadi. Komunikasi adalah elemen dasar penyamaan persepsi, visi dan misi, tujuan dan harapan.
  2. Meningkatkan Angka Produktivitas dan Kreativitas. Sebuah tim mampu menyelesaikan puzzle lebih cepat dibandingkan seorang diri. Tim mampu memberikan banyak masukan ide dan saran perbaikan jika terjadi kendala proses.
  3. Motivasi berlapis dari Anggota Tim. Masing-masing anggota tim sangat berkeinginan meraih sukses, dan karena mereka harus terlibat dan terikat dengan lainnya, maka satu sama lain perlu saling mendukung dan memberikan semangat. Motivasi yang muncul pada masing-masing anggota dikarenakan adanya dukungan dari rekan sesama anggota tim.
  4. Iklim Kolaborasi dan Kerjasama. Sebuah tim tidak akan bekerja maksimal manakala salah satu diantara mereka tidak mempunyai sikap dan perilaku positif. Jika anggota tim hanya ingin menonjol sendiri, maka tidak akan tercipta sinergi. Tim Building berguna untuk meningkatkan sikap kerjasama dan kolaborasi sesama.
  5. Kepuasan dan Komitmen Lebih Tinggi. Tim tentu ingin meraih sebuah pencapaian yang luar biasa. Tidak hanya keberhasilan sesaat, namun keberhasilan jangka panjang, sebuah sukses yang berkelanjutan. Adanya tim yang saling memotivasi akan memberikan dampak keinginan do more dan earn more pada masing-masing orangnya.
  6. Kepercayaan dan Dukungan Lebih Besar. Kegagalan tim akan dirasakan oleh semua orang, tidak hanya pimpinan tertinggi, namun juga para pelaku operasional harian. Team Building akan mengeliminasi risiko gagal karena adanya tingkat Kepercayaan yang lebih tinggi untuk kesuksesan bersama, dan adanya Dukungan yang lebih tinggi menjadikan rasa aman dan nyaman pada anggota tim untuk berkontribusi.
  7. Perbedaan akan Bekerja lebih Efektif. Seorang Business Analyst memerlukan seorang Marketing Manager untuk membangun sukses sebuah produk dipasar. Kerjasama beda fungsi akan membuka wawasan dan sudut pandang yang lebih luas, dan memudahkan tim memberikan keputusan terbaik.
  8. Tujuan Akhir yang Jelas. Membangun dan Mengembangkan Tim akan memberikan penjelasan yang lebih baik mengenai obyektivitas Tim. Masing-masing fungsi akan mengerjakan tugas dan wewenang mereka, tanpa mengganggu fungsi lainnya.
  9. Kebijakan dan Prosedur Lebih Baik. Adanya Team Building menjadi alat kontrol bagi masing-masing fungsi. Proses dan Prosedur akan berjalan simultan dan berlaku pada koridor yang semestinya, karena masing-masing anggota akan sangat peduli akan Next Process mereka.

Team Building adalah proses membentuk karakter unik organisasi Anda, untuk mencapai obyektif bersama-sama. Tumbuh Kembang Organisasi tidak akan berhenti ketika Team Building sudah menjadi pondasi organisasi yang kokoh. Manfaat Team Building bagi Tumbuh Kembang Organisasi Bisnis Anda jelas untuk kesejahteraan masing-masing anggota, keberlangsungan produk dan jasa yang dijual dan service excellence kepada konsumen dan pelanggan. Team Building adalah salah satu Manajemen Strategi yang efektif bagi kelangsungan bisnis Anda.

Leave a Reply