Manfaat Kritik Pedas Untuk Memperbaiki Kepemimpinan Bisnis

Manfaat Kritik Pedas Untuk Memperbaiki Kepemimpinan Bisnis

Manfaat Kritik Pedas Untuk Memperbaiki Kepemimpinan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis Anda pasti akan menghadapi 2 kemungkinan, yaitu Keuntungan dan Kerugian. Tetapi hal yang paling disenangi oleh semua pengusaha adalah keuntungan. Keuntungan merupakan hasil dari bisnis yang memberikan dampak positif bagi bisnis itu sendiri. Keuntungan atau profit akan digunakan untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

Dari keuntungan yang didapat tentu Anda ingin meningkatkannya bukan? Peningkatan ini bisa Anda dapatkan dan wujudkan dengan mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Pengembangan Bisnis harus dimulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Perbaikan, dan semuanya harus terus dilakukan berbarengan dengan pendapat dan kritikan yang masuk kepada Anda.

Sebagai pengusaha, pujian tentu hal yang wajar untuk didapatkan. Anda pasti akan sangat senang mendapatkan pujian apalagi dari banyak pihak. Namun tak jarang, Anda juga pasti dihadapkan pada kritikan pedas bahkan bisa menyinggung perasaan. Tetapi kritikan tersebut jangan sampai Anda masukan dalam hati, masukanlah ke dalam pikiran.

Begitu sebah kritikan masuk ke dalam pikiran, otak akan menerimanya dan rangsanglah ia menjadi sesuatu yang bermanfaat. Perlu diingat bahwa tidak semua yang menyayat hati adalah hal yang tidak baik. Berikut berbagai Manfaat dari Kritikan Pedas untuk Bisnis Anda menjadi lebih Tumbuh Berkembang.

1.  Evaluasi

Jika Anda mendapatkan kritikan seharusnya berterima kasihlah kepadanya. Sebab Anda dibantu dalam mengevaluasi kepemimpinan dalam berbisnis. Hal ini artinya harus menjadi pelajaran untuk Anda supaya lebih baik. Ingatlah apa saja yang menjadi kritikan dari rekan, mitra, ataupun pelanggan Anda. Dengan begitu semakin banyak hal yang bisa diperbaiki dari bisnis Anda.

2.  Pertimbangkan Pelakunya pula

Dalam menerima dan menanggapi suatu kritikan lihatlah pula siapa yang melakukannya. Apabila Anda tidak merasakan kritikan itu benar, siapa tahu ia hanya menginginkan kejatuhan atau kegagalan bisnis Anda. Buanglah dan tidak usah dianggap hati kritikan dari pihak seperti itu. Namun jika Anda merasa kritikan itu benar, segeralah masukan ke dalam poin untuk perbaikan bisnis.

3.  Solusi

Dengan mendapatkan atau menerima solusi cobalah renungkan baik-baik. Siapa tahu itu merupakan solusi dari masalah yang sedang Anda hadapi. Atau bisa juga menjadi ide pendongkrak dari sepinya orderan perusahaan Anda. Semua peluang itu bisa saja muncul dari berbagai pihak yang memberikan kritikan pada Anda.

  1. Ide Menarik

Terimalah semua kritikan yang diberikan secara ikhlas dan lapang dada. Cobalah untuk mencari poin penting dari kritikan tersebut. Jadi janganlah langsung menjadi negative thinking kepada pihak yang memberikan kritikan. Bisa saja poin di balik kritikan itu bisa menjadi ide inovatif untuk bisnis Anda. Bisnis bisa menjadi berkembang dengan dinamis sehingga tidak ada pelanggan yang kecewa terhadap performa bisnis yang Anda jalankan.

Berbagai Manfaat bisa didapatkan dari Kritikan Pedas yang Anda dapatkan. Terimalah saja cacian, makian, maupun kritikan yang ditujukan pada Anda, meski mungkin sulit menghadapinya. Namun itu semua bisa menjadi batu loncatan Anda untuk menggapai kinerja yang lebih baik.

Leave a Reply