Manajemen Usaha dan Strategi Bisnis Perusahaan Indonesia

manajemen usaha perusahaan indonesia

manajemen usaha perusahaan indonesia

Setiap perusahaan tentunya ingin bertumbuh dan berkembang untuk jangka panjang.  Tidak hanya setahun dua tahun, namun bisa bertahan hingga beberapa generasi atau bahkan berpuluh atau ratusan tahun.  Banyak sudah Anda dapat melihat banyak perusahaan yang bertahan puluhan tahun atau ratusan tahun, dan telah menjelma menjadi perusahaan multinasional, yang mempunyai jaringan hingga seluruh dunia.  Sebut saja Toyota, Unilever, Philips atau yang baru-baru muncul seperti Samsung, LG, dan yang paling fenomenal saat ini yaitu Xiaomi, perusahaan dari negri Tirai Bambu.

Jika negara lain sudah mampu merambah dunia, bagaimana dengan Anda sebagai anak bangsa Indonesia, apakah tidak ingin menjadi pemain dunia dan pelopor kemajuan bangsa dari sisi ekonomi?  Apa yang sudah Anda lakukan dalam mengelola manajemen usaha dan strategi bisnis perusahaan Indonesia agar mengambil peran global?

Tentunya sebuah pertanyaan retoris, dimana kita sudah tahu jawabannya.  Akan tetapi kita harus akui bahwa ternyata tidak banyak diantara kita yang mampu memberikan jawabannya. Atau bahkan banyak pula diantara kita yang sudah cukup puas dengan menjadi pemain dinegri sendiri.  Manajemen usaha dan strategi bisnis bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia masih banyak yang bersifat konvensional, seperti konsep dagang, pasar rakyat, padat karya dan lainnya.  Konsep global yang mengedepankan teknologi masih minim diakomodir perusahaan Indonesia.

Terlepas dari keinginan dan cita-cita dari setiap perusahaan yang ingin bermain secara global, maka perusahaan Indonesia pun sudah ada yang mampu memainkan peran mereka disektor regional dan internasional.  Sebut saja badan usaha milik pemerintah seperti Pertamina, Telkom atau BNI, yang meski masih baru, namun sudah mampu listing dilantai bursa dunia.  Dan ini menjadi pertanda bahwa ada secercah harapan dimana bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang tidak hanya jumlah penduduk dan ribuan pulaunya, namun juga bangsa besar dari pergerakan sektor ekonominya.

Apa saja yang sudah dilakukan para pemain ini dalam manajemen usaha dan strategi bisnis mereka.  Berikut ini kita ambil beberapa contoh strategi bisnis yang mungkin dapat Anda implementasikan dalam organisasi Anda untu tumbuh berkembang sebagai pemain kelas dunia.

  1. Optimalisasi Core Business, sehingga dapat menekan biaya operasional perusahaan yang pastinya mengambil porsi terbesar. Selain efisiensi biaya, strategi pertumbuhan bisnis dilakukan dengan mengembangan jaringan potensial.
  2. Diversifikasi Produk yang merupakan topping dari produk utama, sehingga setiap pelanggan akan merasa mendapatkan nilai lebih dari produk yang mereka beli.
  3. Menyelaraskan Struktur Bisnis dengan Pengelolaan portfolio produk, agar pengembangan organisasi tidak melebar tanpa tujuan yang jelas. Dengan Organisasi yang Lean, maka biaya operasional akan optimal disetiap lini.  Istilah yang umum kita kenal adalah Cost Effectiveness, bukanlah melakukan cost cutting.
  4. Transformasi Budaya Perusahaan, sebagai penggerak setiap lini organisasi untuk sejalan dengan visi misi perusahaan. Tanpa adanya transformasi budaya, maka sistem sebaik apapun akan sulit membawa percepatan pertumbuhan perusahaan.

references :
http://www.telkom.co.id/UHI/UHI2011/ID/0610_perusahaan.html
http://www.pertamina.com/our-business/hulu/strategi-bisnis

Leave a Reply