Manajemen Perubahan dalam Organisasi Bisnis

Perubahan Teknologi, Ilmu Pengetahuan, Sosial Budaya dan lainnya adalah sebuah Fenomena Tantangan yang tidak dapat dihindari.  Perubahan yang terjadi selalu jauh lebih besar daripada apa yang dapat Anda pelajari selama hidup.  Suka atau Tidak, Mau tidak Mau, Anda dan Organisasi atau Perusahaan harus menghadapi perubahan.  Semakin besar Tantangan dan Perubahan yang terjadi maka Semakin Tinggi pula Anda dituntut untuk Fleksibel, Luwes dan Terbuka terhadap Prosedur dan Sistem Baru untuk menambah dan mempertahankan Efektivitas Kerja.

Meskipun sulit dibayangkan, namun Anda dapat merasa Nyaman atau Menerima sebagai sesuatu yang Tidak Mengganggu dengan adanya Perubahan.  Tidak ada yang Tetap dalam sebuah Kehidupan apapun, dan Anda perlu menyikapi kondisi ini dengan Bijak dan Dewasa.

1. Perubahan adalah Melakukan Sesuatu dengan Cara Berbeda.  Perubahan yang akan Anda hadapi adalah sebuah Proses yang Signifikan, Berkepanjangan dan Mengganggu (Disruptive).  Perubahan dapat berupa Pergantian Seluruhnya atau Sebagian.  Perubahan dapat berupa Diversifikasi Usaha, Regulasi Tak Terduga, Penentuan Ulang Visi dan Misi, atau Survival dengan Kondisi Sumber Daya Terbatas.  Perubahan ini perlu Anda kenali sebagai elemen yang mungkin hadir dalam Perjalanan Organisasi.

2.  Perubahan adalah Proses Penyesuaian Terus Menerus.  Dalam Industrial Management, dijelaskan bahwa Manajemen Perubahan adalah Proses Penyelarasan (Alignment) Berkelanjutan sebuah Organisasi dengan Pasarnya.  Proses tersebut dilakukan dengan Lebih Tanggap dan Efektif daripada Pesaing.  Untuk itu perlu Penyelerasan Strategi, Operasional, Budaya dan Penghargaan secara Berkesinambungan.  Para Manajer perlu paham bahwa Tugas mereka adalah Mengubah, Memanipulasi, Mengatur Ulang dan Memodifikasi Elemen Manusia dan Non-Manusia.

3.  Perubahan adalah Pencarian Stabilitas, Keseimbangan dan Daya Prediksi.  Pada intinya manusia selalu berharap adanya hubungan dengan Lingkungan dan Manusia lain secara Stabil atau Homeostatis.  Orang dengan kondisi terbaik adalah yang memiliki Porsi Tidur Nyenyak, Olah Raga Teratur, Makanan Bergizi.

Pada masa kini Anda bekerja pada hakikatnya adalah Mengelola Perubahan, Gaji dan Bonus Anda adalah Hasil dari Pengelolaan Perubahan yang Anda lakukan.  Anda adalah Manajer Perubahan.  Dan Tidak Tertutup Kemungkinan nanti 100% penghasilan Anda didapat dari mengelola perubahan secara efektif.  Perubahan tidak kenal henti dan Anda tidak dapat berharap Teknologi Berkembang seiring Kemampuan Anda menguasainya.  Anda tidak dapat berharap Pelanggan Anda berhenti Komplain dan Rewel, pun Anda tidak dapat berharap seluruh Karyawan Hadir Tepat Waktu, Energik, Antusias dan Produktif. Bahkan mungkin Anda akan menghadapi  Situasi Menantang, Perubahan Karyawan, Pelanggan Oportunis dan lainnya.

Bagaimana Anda dalam menguasai Manajemen Perubahan, berikut beberapa hal yang hendaknya Anda lakukan.

1.  Merenungkan Hal-hal yang Tidak Terhindarkan.

Saat ini internet telah mengubah Pola Pikir Industri Rekaman Musik.  Terdahulu para Produsen Musik masih berkutat dengan Kaset, Piringan Hitam, Tape Recorder dan lainnya.  Saat ini Anda tidak mungkin lagi mempertahankan Barang Lama dengan Harapan tetap menjadi Pemimpin Pasar.  Setelah lebih dari 100 tahun Mobil diperkenalkan, maka Industri Aksesoris Kuda makin menurun permintaannya.  Anda tidak ingin menjual Tali Kekang Kuda saat ini dimana Mobil sudah menancapkan Kukunya dalam Ekonomi Dunia.

2.  Membedakan Rancangan Strategis dan Pengabaian Strategis.

Sebuah Slogan yang berbunyi “Kami akan terus memimpin pasar Tali Kekang Kuda sekalipun Mobil Mendominasi” adalah bentuk sebuah Kegigihan.  Namun demikian walau masih memimpin Industri Kekang Kuda, Anda dan Tim tetap akan Terganggu dan Terpengaruh adanya Perubahan disekitarnya.  Sifat Produk dan Konsumen Anda sangat berbeda dibandingkan beberapa puluh tahun sebelumnya.

3.  Memelihara Fokus Ganda.

Tidak salah Anda memiliki Fokus Ganda, atau Rencana Cadangan.  Fokus adalah salah satu Kemampuan yang Penting dalam Mencapai Sukses.  Sebagai seorang Profesional Karir Anda siap Kapan pun dan Dimana pun untuk selalu berpikir Masa Depan.

Perubahan tidak dapat dihentikan dan dihindari, dan sebagai seorang yang Cermat serta Efektif Anda perlu menguasai Manajemen Perubahan dalam Organisasi Bisnis atau Karir Profesional.  Manajemen Perubahan adalah cara Anda menjadi Efektif dan Sukses.

ikhtisar.com

Leave a Reply