Konsep Dasar Strategi adalah Manajemen Kualitas, maka jadikanlah acuan bagi Perusahaan Anda

Sebuah Organisasi tentu memerlukan Perencanaan Strategis dalam Mengembangkan dan Menumbuhkan Bisnisnya.  Perencanaan Strategis ini dapat bersifat sementara atau pun bersifat jangka panjang.  Konsep Dasar Total Quality Management merupakan salah satu acuan dalam Manajemen Strategi Organisasi.  Bagaimanapun juga Strategi yang paling Handal adalah Mengutamakan Kualitas dibandingkan Kuantitas.  Kualitas dari segala macam produk dan layanan yang Anda miliki sebagai Nilai Jual kepada Pelanggan, Stakeholder atau Rekanan.

Dr. Joseph M Juran salah satu Guru dalam Bidang Manajemen Kualitas memberikan Definisi tentang Manajemen Kualitas sebagai Kumpulan Aktivitas dan Kegiatan yang berkaitan dengan Kualitas dan memiliki Karakteristik sebagai berikut:

1.  Kualitas adalah bagian dari setiap Agenda Manajemen Atas (Top Management).

Manajemen Atas merupakan salah satu Pengendali Organisasi dalam menjalani Visi dan Misi Perusahaan, dan untuk mencapai Sasaran serta Cita-cita Bisnis yang telah dicanangkan, maka perlu adanya Agenda Kerja yang terintegrasi di semua lapisan organisasi.

quality manajemen2.  Tujuan dan Sasaran Kualitas selalu masuk dalam Rencana Bisnis (Business Plan)

Tumbuh Kembang Perusahaan diawali dengan Business Plan yang jelas, setelah Anda mempunyai Business Model yang akan dijalankan, selanjutnya kelengkapan dari sisi Infrastruktur dan Substansi Bisnis harus didukung dengan sebuah Perencanaan yang Strategis.  Kualitas menjadi salah satu poin penting dalam Business Plan.

3.  Tujuan dan Sasaran selalu fokus pada Pelanggan dan Kesesuaian Kompetisi Pasar serta mengacu pada Peningkatan Kualitas Tahunan

Tidak ada namanya Bisnis jika Anda tidak melakukan Penjualan.  Dan penjualan sangat relevan dengan pelanggan.  Sedemikian Peningkatan Kualitas akan terkait dengan Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan dan Pasar.

4.  Sasaran Manajemen Kualitas selalu disebar dalam Tingkatan Pengambil Tindakan (Execution Level)

Rencana yang Strategis dan Matang tidak akan terwujud dalam sebuah Performa dan Kinerja yang Sukses jika hanya menjadi Wacana di tingkat Pengambil Kebijakan.  Karena itulah Manajemen Kualitas akan disebarkan diseluruh Pengambil Tindakan atau Level Eksekusi.

5.  Pelatihan atau Training dilaksanakan disemua Tingkat

Untuk membuat sebuah Rencana Strategis berhasil diperlukan persamaan persepsi dan pemahaman akan Manajemen Kualitas.  Anda perlu melakukan Sosialisasi dan Pelatihan tentang Manajemen Kualitas disemua Lapisan Organisasi.

6.  Pengukuran Manajemen Kualitas berlaku menyeluruh di semua level organisasi

Proses yang berjalan dengan Baik pada akhirnya memberikan Hail yang baik pula, dan untuk menghindari adanya Penyimpangan dan Penyalahgunaan Wewenang atau Kebijakan, diperlukan Pengukuran Kerja yang bersifat Periodik ataupun Tentative, sehingga Manajemen Kualitas bernilai sempurna sejak direncanakan sampai dilaksanakan.

7.  Pengawasan atau Monitoring dari Manajemen Atas terhadap Hasil yang telah dicapai dengan Sasaran yang diinginkan

Pengukuran akan diimbangi dengan Pengawasan atau Monitoring.  Jika terdapat Kendala yang masih dalam lingkup toleransi, maka Rencana Strategis masih dapat diteruskan dengan sedikit modifikasi lainnya.

8.  Adanya Penghargaan atau Reward kepada level dengan Kinerja Terbaik

Bagaimana pun, sebuah Kerja memerlukan Apresiasi dan Penghargaan.  Reward membangkitkan Semangat dan Passion setiap Karyawan Anda dalam mencapai Kinerja Maksimal.

9.  Sistem Penghargaan (Reward) selalu mengalami Perbaikan dari waktu ke waktu

Setiap Waktu reward dan penghargaan perlu disesuaikan menurut Situasi dan Kondisi Kerja.  Tidak mungkin penghargaan tahun sebelumnya masih menjadi acuan di tahun ini.

Manajemen Kualitas adalah Fundamental dalam sebuah Strategi Perusahaan.  Ketika Organisasi selalu bermain dalam Lingkungan Kualitas yang Baik, maka Hasil dan Kinerja akan berlaku untuk Jangka Panjang.

ikhtisar.com

One thought on “Konsep Dasar Strategi adalah Manajemen Kualitas, maka jadikanlah acuan bagi Perusahaan Anda

  1. isokonsultindo November 8, 2016 at 12:09 PM

    Artikel yang sangat bermutu, namun Manajemen Mutu juga sangat diperlukan bagi setiap Organisasi maupun Perusahaan

Leave a Reply