Inilah Cara Anda meningkatkan Kepemimpinan dalam Manajemen Perusahaan

Siapakah yang tidak mengenal General Electric, Perusahaan Dunia yang sudah menjadi salah satu Perusahaan paling Kompetitif dan Menguasi Pasar.  Namun terlepas dari Perusahaannya maka GE berkembang dari sosok Pemimpin mereka yakni Jack Welch.  Jack Welch mantan CEO General Electric mampu menciptakan GE menjadi Perusahaan paling Kompetitif di dunia, menggunakan tujuh poin program inti yang disebut sebagai Welch’s Seven-Point Program for Management by Leadership.  Program Manajemen melalui Kepemimpinan ini yang membuat orang tidak ragu akan Eksistensi dan Perkembangan GE saat ini.

Belajar dari Keberhasilan Jack Welch dalam memimpin GE berikut yang dapat Anda jadikan Pelajaran untuk mencoba Menerapkannya bersama Organisasi Anda untuk Tumbuh dan Berkembang.

1.  Mengembangkan Visi untuk Bisnis Kelas Dunia

2.  Mengubah Kultur untuk Mencapai Visi Bisnis Kelas Dunia

3.  Mensederhanakan atau Meratakan Struktur Organisasi

4.  Menghilangkan Birokrasi dan Menciptakan Kultur Korporasi

5.  Memberdayakan Individu-individu

6.  Meningkatkan Kualitas dan Efisiensi

7.  Menghilangkan Hambatan-hambatan 

manage by leadJack Welch memfokuskan pembenahan manajemen GE melalui Kepemimpinan Korporasi yang berlandaskan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.  Dengan begitu banyaknya Sumber Daya Manusia yang ada maka akan memberian Faktor Multiplikasi yang Hebat.  Dalam sebuah kesempatan Jack Welch menyampaikan pesan kepada Stakeholder (Pemegang Saham), “Dalam Kultur Tradisional, para manajer akan memperoleh Kekuasaan melalui Informasi atau Pengetahuan Rahasia (Confidential), seperti Marjin Keuntungan, Pangsa Pasar dan lainnya yang bersifat rahasia.  Namun dalam Kultur Modern, Peran Pemimpin adalah Mengungkapkan Visi, Melibatkan Karyawan dan Menerapkan Visi tersebut diseluruh Lini Organisasi”.  Pernyataan Jack Welch menegaskan bahwa Perubahan tidak mungkin dihindari, terlebih dengan Semakin Dekatnya Komunikasi antar Benua, Informasi yang Terbuka bagi setiap Individu dengan adanya Teknologi, Permintaan Pasar yang Dinamis dan Fluktuatif.  Hal ini membutuhkan Keterbukaan, Menjaga Hubungan Baik dengan setiap orang, dan Berkomunikasi melalui Tatap Muka.  Orang yang tidak mampu meyakinkan orang lain tentang Visi tersebut maka tidak akan pernah berhasil.

Dalam Kepemimpinan Jack Welch Pemberdayaan Karyawan memperoleh Porsi Utama.  Para Manajer memiliki Kebebasan yang luas untuk Membangun Unit Bisnis mereka dalam Praktek Kewirausahaan.  Memanfaatkan Kolektifitas Karyawan yang ada, Jack Welch melakukan Redefinisi Hubungan Kerja Sama antara Atasan dan Bawahan, sehingga penyelesaian Masalah dan Hambatan akan Selaras menuju Visi General Electric.

Dalam Mendukung dan Mengimplementasikan Tujuh Poin Program tersebut, maka diciptakan 4 Filosofi Dasar GE sebagai Landasan nya, yaitu:

1.  Imagine – Membayangkan

Kami menggunakan Imajinasi Kami pada Pekerjaan untuk Pelanggan, Orang-orang dan Masyarakat.  GE sangat intensif menjadikan Karyawannya Kreatif dalam Bekerja.

2.  Solve – Menyelesaikan

Kami membantu menyelesaikan beberapa Masalah Berat Dunia.  Sesuai dengan Visi yang Mendunia, tentu setiap Kegiatan GE akan mengacu pada Penyelesaian Permasalahan Dunia.

3.  Build – Membangun

Kami adalah Kultur yang Berkinerja Membangun Pasar, Orang-orang dan Nilai Pemegang Saham.  Kepentingan Pasar dan Pelanggan serta Nilai Lebih yang diharapkan Para Pemeang Saham menjadi Acuan Utama untuk Perform disetiap Unit Bisnis.

4.  Lead – Memimpin

Kami adalah “Meritocracy” yang Memimpin dengan Pembelajaran, Inklusif dan Perubahan.  Perubahan tidak akan dapat dihindari sehingga Proses Pembelajaran akan selalu terjadi setiap waktu.  Inilah yang menjadikan GE Memimpin Pasar.

Perusahaan Anda tentu memiliki Visi dan Misi yang Jauh ke Depan, dimana Anda hanya perlu mencari tahu Bagaimana Visi dan Misi ini dapat menjadi Budaya Perusahaan dan Terimplementasikan kepada seluruh Karyawan.  Manajemen dalam Kepemimpinan akan memudahkan Anda mencapai Visi Dunia membangun Organisasi.

ikhtisar.com

Leave a Reply