Latihan Berikut ini adalah Cara Mudah untuk Meningkatkan Kreativitas Anda

latihan untuk lebih kreatifMenjadi Kreatif bukan lagi hal yang sulit dilakukan, karena saat ini sebagai seorang pemimpin organisasi atau pengusaha tentunya Anda dituntut untuk selalu berada satu langkah didepan, untuk selalu siap dengan sebuah ide besar.   Apakah Anda ingin merancang sebuah produk baru atau sekedar menjaga posisi di pasar (market share), maka kemampuan untuk datang dengan solusi kreatif dan inovatif bukan lagi hal aneh dalam kehidupan sehari-hari.  Tingkat Kreativitas tentu berbeda setiap orang, namun kreativitas sering kabur dengan adanya begitu banyak norma atau aturan yang berlaku.  Anda perlu membayangkan sebuah kondisi yang jauh berbeda dengan dunia nyata untuk mendapatkan Ide dan Pikiran Kreatif.

Beberapa latihan berikut mungkin dapat Anda lakukan yang dirancang untuk membantu Anda mempertimbangkan pilihan lebih banyak, seperti melakukan sebuah Brainstorming.  Kreativitas memerlukan kebebasan dan Anda perlu mencoba melihat ke jalan-jalan untuk mewujudkannya.

1. Bayangkan Situasi Akrab

Berpikir lebih kreatif menuntut Anda untuk mempertimbangkan pilihan lainnya secara jelas.  Cobalah untuk berpikir berlawanan dengan kondisi normal, sehingga akan membawa sebuah pemikiran yang berbeda dan memungkinkan menjadi sebuah ide bisnis besar.  Semisal, sebuah restoran yang saat ini hanya menyediakan berbagai macam menu tanpa menyimpan begitu banyak bahan baku, karena permintaan pelanggan.  Restoran akan menggiring pelanggan kepada Menu yang mereka sediakan.  Bagaimana jikalau sang pemilik restoran memberikan bentuk lain, yaitu menyediakan seorang koki yang handal untuk membuat menu pilihan pelanggan dimana pelanggan akan membawa sendiri bahan baku masakan. Atau pemilik restoran akan menyediakan bahan baku masakan dan memberikan kebebasan kepada melanggan untuk memasak sendiri dimeja mereka. Inilah salah satu bentuk ide Kreatif dan Inovatif.  Inilah sebuah Situasi yang Akrab dengan Anda.

2. Belajar Menentang Aturan

Melanggar aturan bukan berarti Anda siap dengan tindak pidana, tentu bukan seperti demikian adanya.  Menentang Aturan atau Norma yang berlaku adalah cara Anda melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan Norma Masyarakat Umum.  Banyak contoh yang mungkin Anda lakukan seperti membaca puisi keras-keras disebuah toko kelontong, menawarkan bantuan kuli angkut dipasar membawa barangnya.  Inti ini semua adalah membuat Anda berada dalam zona tidak nyaman agar mampu membangkitkan potensi kreativitas yang dimiliki.  Jangan pedulikan tanggapan orang lain yang mungkin menjatuhkan atau melecehkan.  Pelajaran ini membantu Anda mengumpulkan keberanian mengambil resiko kreatif.  Jangan memaksa otak Anda terbelenggu dan tidak mampu keluar zona nyaman.  Cara lain yang cukup unik dapat dilakukan diantaranya dengan memakai baju yang berwarna warni dan cukup mencolok.

3. Buatlah Daftar yang Mengganggu Anda

Anda tentu memiliki banyak gangguan dalam kehidupan sehari-hari, seperti suara bising, terik panas matahari, debu jalanan, atau internet lambat dan koneksi data yang sering putus.  Buatlah daftar-daftar yang cukup mengganggu Anda dalam menjalankan aktivitas.  Hal ini akan memberikan celah bagi Anda untuk memikirkan solusi lainnya sehingga tidak akan tersandung dengan masalah yang sama.  Anda secara tidak langsung akan berpikir bagaimana caranya menghindari kondisi yang mengganggu tersebut di kemudian hari.

Kreatif dalam Bertindak merupakan cerminan Kreativitas Pikiran.  Meningkatkan kreativitas dapat dilakukan dengan latihan yang mudah, latihan seperti Belajar Melanggar Norma, Membayangkan Situasi Familiar bagi Anda dan Membuat Daftar Pengganggu.  Inilah cara mudah mengembangkan Kreativitas Berpikir.

Leave a Reply