Latihan Mengelola Pikiran dan Meraih Impian Anda

Latihan Mengelola Pikiran dan Meraih Impian Anda
Latihan Mengelola Pikiran dan Meraih Impian Anda

Mendisiplinkan tubuh, mengatur emosi dan memperkuat jiwa Anda merupakan langkah-langkah untuk mampu mengelola pikiran serta tahapan meraih impian Anda.  Impian dalam hidup baik sebagai pribadi maupun sebagai profesional.  Dengan banyak latihan pengelolaan pikiran Anda akan mampu melihat secara luas bagaimana meraih Impian.

Memang benar bahwa pikiran kita cepat berubah-ubah, dan terus berceloteh sepanjang waktu dengan atau tanpa izin Anda. Ini juga merupakan fakta bahwa Anda tidak lagi mendengarkan kehendak hati manakala ingin fokus pada sesuatu. Bahkan jika Anda memaksa pikiran untuk melakukan sesuatu, itu ibarat seorang anak kecil yang ingin bermain game dengan santainya.  Anda bisa mengendalikan pikiran, namun perlu dipahami empat realitas yakni

  1. Tubuh
  2. Pikiran
  3. Perasaan(Hati)
  4. Jiwa

Jika keempat ini bisa bersatu padu, Anda akan mampu mendisiplinkan pikiran dengan mendisiplinkan yang lainnya.

1: Disiplin Tubuh Anda

Jika Anda dapat mendisiplinkan tubuh Anda, pikiran Anda akan disiplin. Ini adalah teknik yang telah diuji dan dipergunakan oleh semua akademi militer di seluruh dunia untuk mendisiplinkan pikiran para prajurit. Pelatihan ini dimulai dengan disiplin tubuh mereka dan dengan segera pikiran mereka akan disiplin dimana mereka mampu melompati tebing sesuai perintah atasan. Prinsip yang sama berlaku juga untuk Yoga, Meditasi, Ritual, Puasa dan banyak metode lainnya yang dimulai dengan disiplin tubuh dan karenanya akan mendisiplinkan pikiran.

2: Kendalikan Emosi Anda

Banyak orang menggunakan emosi mereka dari bahasa tubuh. Mereka dapat jatuh cinta setiap hari pun kemudian mengutuk orang lain karena tidak menanggapi isyarat mereka. Mereka bisa benci hampir kepada semua orang namun kemudian bertanya-tanya mengapa orang lain membenci mereka juga.

Anda harus membuat diri Anda lebih tahan terhadap stress emosional dengan membatasi ketergantungan Anda hanya pada beberapa orang. Anda juga harus mengurus emosi orang lain sehingga mereka juga mengurus emosi Anda. Setelah emosi Anda stabil, pikiran Anda pun tidak akan goyah.

3: Memperkuat Jiwa Anda

Seseorang telah mengatakan dengan bijak bahwa jika Anda memenangkan dunia tetapi kehilangan jiwa Anda, itu berarti tidak ada nilainya. Anda memelihara jiwa dengan melakukan tindakan yang benar, bermoral dan sesuai hukum dengan sadar dan untuk kepentingan semua orang. Namun, beberapa orang tidak keberatan menjual jiwa mereka untuk hal sepele. Setelah mereka kehilangan jiwa mereka, maka pikiran akan kehilangan arah. Jiwa adalah cahaya yang mengarahkan pikiran Anda ke arah yang benar. Tanpa itu, pikiran mulai menguasai Anda dan Anda menjadi budak-nya. Untuk menjaga jiwa, kembangkan keimanan kepada Tuhan atau perilaku Kemanusiaan. Jika iman Anda utuh, pikiran Anda akan mengikuti perintah tanpa mempertanyakan.

Leave a Reply