Langkah Strategis mencapai Sukses dalam Hidup Anda

Langkah strategis mencapai sukses Anda
Langkah strategis mencapai sukses Anda

Banyak cara untuk sukses. Ada beberapa langkah strategis mencapai sukses. Semua orang ingin sukses, baik dalam urusan pribadi, keluarga ataupun kelompok seperti pekerjaan, pendidikan, karir dan profesi.  Bahkan sukses dalam lingkup sosial, budaya, urusan dan orang tua juga jadi perhatian.

Sukses mempunyai definisi tersendiri bagi Anda dan orang lain.  Namun dapat dimengerti bahwa sukses merupakan pencapaian individual yang berdampak kepada orang lain disekitar Anda.

Sukses adalah hasil dari sebuah proses pengembangan diri yang berkesinambungan berkelanjutan.  Sukses tidak mentok pada pencapaian materi, jabatan atau kekayaan.

Misalkan sebagai kepala keluarga tentu Anda ingin sukses memberikan pendidikan dan kehidupan terbaik kepada anak-anak dan pasangan hidup.  Sebagai seorang Pemimpin Perusahaan tentu Anda ingin sukses membuat organisasi akan bertumbuh dan berkembang dalam jangka panjang.  Dan masih banyak contoh lainnya.  Definisi sukses akan berbeda bagi masing-masing orang, sesuai profesinya.

Berikut langkah strategis mencapai sukses dalam hidup Anda dikutip dari linkedin.com.

1.  Tetapkan Tujuan Anda (Set Goals)

Ketika tahu kemana tujuan Anda, maka langkah hidup yang dijalani akan lebih menyenangkan dan membahagiakan daripada sekedar mengalir begitu saja.    Anda tidak harus menunggu sesuatu diluar sana untuk membahagiakan Anda di masa depan.  Karena begitu Anda memutuskan sesuatu tindakan maka alam raya akan segera menjadikannya.

Tujuan dibuat agar Anda dapat FOKUS pada proses yang harus dijalani.  Jika Anda tidak memiliki arah tujuan yang jelas, maka jalan pencapaiannya akan sangat beragam.  Usaha keras Anda akan dapat sia-sia jika arah tujuan masih abu-abu.

Langkah strategis mencapai sukses dimulai dengan langkah pertama, yaitu tetapkan tujuan apa yang akan diraih.  Selanjutnya pastikan masa waktu berapa lama dan proses apa yang siap dijalani.

2.  Jangan Takut Gagal (Don’t Fear Failure)

Setelah tujuan tersetting dengan jelas, selanjutnya Anda perlu paham bahwa kegagalan adalah bagian dari sebuah proses.  Yakni proses pembelajaran yang berujung pada keberhasilan dan sukses sejati.  Anda mungkin diajarkan bahwa gagal adalah pembelajaran buruk dalam hidup, namun ternyata dengan banyak menghadapi kegagalan Anda akan belajar untuk sukses.

Tidak akan pernah ada sepanjang hidup Anda akan selalu benar, atau setiap waktu Anda akan berhadapan dengan gagal.  Setiap keberhasilan akan melalui beberapa kegagalan.  Setiap usaha akan melalui banyak rintangan dan aral melintang.  Bukankah itu seni dalam meraih kesuksesan yang sebenarnya?

Gagal adalah proses introspeksi bagi Anda dalam belajar.  Cari tahu masalahnya dan temukan solusinya.  Anda pasti senang dengan hasil yang diperoleh dengan usaha dan semangat juangkan?

3.  Berani Menghadapi Resiko (Take Risks)

Hidup akan lebih menyenangkan dan menarik pada saat Anda berani mengambil risiko. Risiko bukan harus dihindari namun dihadapi, karena inilah proses pembekalan Anda menjadi orang yang berpengalaman.  Pada akhirnya Anda akan tahu kebenaran “No Pain No Gain”.

Risiko dapat dikalkulasi dengan baik, meski tidak ada jaminan akan tepat dan akurat.  Setiap peluang akan datang dari mana saja, namun tidak akan berada pada suatu waktu yang panjang.  Ini mendorong Anda perlu berani mengambil keputusan untuk memanfaatkan peluang tersebut.  Sebuah kehidupan yang sukses tidak memiliki penyesalan karena tidak mengambil cukup risiko.

4.  Terus Belajar (Keep Learning)

Makin banyak Anda tahu, makin banyak Anda tidak tahu.  Inilah konsep dasar dari belajar tiada henti. Apakah Anda merasa bahwa Anda sudah tahu segalanya?

Anda perlu mencari teman baru setiap saat, agar semakin luas wawasan dan pengetahuan Anda.  Pengetahuan selalu berdampak pada kehidupan setiap pagi, siang dan sore.  Ini menjadi alasan bagi Anda agar selalu bertumbuh dan berkembang.

5.  Tidak berpuas Diri (Don’t Settle)

Jika Anda belum menemukannya maka teruslah mencari, jangan pernah berhenti.  Beberapa kejadian dapat berlangsung dalam waktu yang sama, namun lainnya memerlukan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit.  Apapun yang ada didepan Anda harus dihadapi dan dilalui, jangan pernah berpikir menyerah dan berbalik arah.

Jika sebelumnya Anda gagal, dan sudah mengambil hikmah dari proses belajar tersebut.  Maka selanjutnya jika Anda sudah berhasil dengan sebuah hasil, maka jangan pernah berhenti karena berpuas diri.  Masih banyak potensi dan peluang yang belum Anda dapatkan.

6.  Jalani Hidup Seimbang (Life Balanced)

Kehidupan selalu berbicara tentang keseimbangan, antara baik dan buruk, tinggi dan rendah.  Dalam kehidupan Anda akan menjalani perbedaan secara pasti, antara keluarga, pribadi, teman dan rekan kerja, komunitas, pasar dan lainnya.

Anda tidak mungkin memenuhi semua keinginan yang ada, namun Anda dapat meraih keseimbangan.  Lakukan pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin, dapatkan penghasilan yang baik dari pekerjaan jujur Anda.  Keseimbangan dapat meliputi badan dan pikiran, mental dan spiritual, pribadi dan keluarga.

7.  Carilah Mentor (Seek a Mentor)

Benjamin Franklin berkata, “beritahu aku maka aku lupa, ajari aku maka aku ingat, libatkan aku maka aku belajar”.  Cara terbaik meraih sukses adalah dengan belajar kepada mereka yang telah melalui jalan tersebut, sehingga Anda akan meminimalisir kejadian-kejadian yang berpotensi gagal.  Tidak terlalu sulit jika Anda mau belajar kepada orang yang pernah melakukannya.  Cukup Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM).  Cara ini sederhana namun efektif.

Mentor akan mempermudah Anda melakukan yang terbaik dan efektif mencapai sukses.  Anda perlu luangkan waktu untuk berterima kasih kepada mentor terdahulu yakni orang tua, guru sekolah dan lainnya yang menginspirasi Anda untuk sukses.  Mereka adalah mentor alami yang mengajarkan semangat juang dan kegigihan.

Sedangkan mentor yang khusus Anda perlukan adalah yang sesuai dengan profesi Anda.  Jika ingin menjadi pengusaha, maka belajarlah kepada usahawan yang sudah berhasil.  Jika ingin menjadi karyawan yang handal, maka cobalah berguru pada orang-orang hebat di perusahaannya.

8.  Diam dan Perhatikan (Listen)

Banyak orang hanya menunggu waktu berbicara ketiak dia diam, padahal dengan banyak mendengar Anda akan menemukan banyak ide dan pikiran.  Anda dengan lebih mendengar akan lebih mengerti apa yang dibicarakan dan terlibat dalam sebuah percapakan.

Ingatlah, bahwa keterlibatan akan membuat Anda akan belajar.  Mendengarkan memberi Anda kesempatan untuk menyuguhkan nasihat, solusi dan curahan.  Diam dan Perhatian memberi kesempatan pada pikiran Anda mengkreasikan sebuah ide dan solusi.  Ini adalah langkah strategis mencapai sukses Anda.

9.  Jaringan (Networking)

Mau tidak mau, hubungan relasi dengan orang lain adalah langkah strategis mencapai sukses.  Sukses Anda tidak mungkin diraih sendirian.  Apakah Anda pernah sukses dengan menjual sendiri produk Anda?  Mungkin iya, namun akan lebih booming jika Anda melibatkan orang lain, atau network.

Dalam membangun sebuah kesuksesan, tentu Anda tidak akan lepas dari orang lain.  Mereka yang menjadi rekanan, bawahan dan atasan Anda akan sangat berperan dalam pengembangan diri dan pengembangan karir profesional Anda.  Orang akan lupa apa yang Anda katakan, apa yang Anda lakukan, namun tidak akan pernah lupa bagaimana Anda memberikan perasaan kepada mereka.  Anda memerlukan orang lain untuk bersandar mencapai sukses.

10.  Bawa Catatan (Notebook)

Jangan pernah malas mencatat. Ingatlah bahwa kapasitas mengingat otak manusia sangat terbatas.  Meski kapasitas pikiran Anda tentu sangat besar. Namun perlu dimengerti bahwa kemampuan Anda dalam mempertahankan memori tidak lebih baik daripada sebuah catatan.

Memori otak Anda cuma mampu bertahan untuk tiga menit, dan jika Anda tidak ingin kehilangan banyak ide, bawalah catatan dan selalu membawanya kemanapun.  Langkah sederhana ini sangat berguna dalam merajut kesuksesan Anda.

8 thoughts on “Langkah Strategis mencapai Sukses dalam Hidup Anda

  1. dzineng yohame January 23, 2015 at 3:23 PM

    thank karena kami bisa belajar lebih lanjut lagi….

  2. dzineng yoheme detunallo February 13, 2015 at 1:36 PM

    thakz

  3. fikri September 20, 2015 at 5:47 PM

    nice

  4. reni waka February 25, 2017 at 2:31 PM

    Belajar …belajar dan terus belajar tanpa lelah.thanks

  5. Engelbertus March 27, 2017 at 5:40 AM

    Sangat membantu, terimah kasih???

  6. Jan Waliston July 22, 2017 at 1:32 PM

    Menambah wawasan saya, semoga bermanfaat.terima kasih..

    • Ikhtisar July 26, 2017 at 8:07 AM

      Dear Jan

      Terima Kasih atas atensi Anda
      Semoga masih ada artikel lainnya yang dapat memberikan Inspirasi dan Motivasi

      Salam Sukses,
      Ikhtisar.com

Leave a Reply