Langkah Mudah menjadi Pribadi yang Proaktif

Sudah bukan Wacana Asing lagi bahwa Kebutuhan Tenaga Profesional saat ini cenderung mencari Pribadi atau Individu yang Proaktif, Kreatif dan Inovatif.  Terlepas dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Kerja, ternyata Kebutuhan Dunia Profesional akan Tenaga Ahli dan Spesialis dengan Soft Skills yang Handal dan Mumpuni sangat Tinggi dan terus Berkembang.  Langkah Mudah menjadi Profesional Handal diantaranya sesuai Pelajaran Stephen R Covey tentang 7 Kebiasaan Manusia Sangat Efektif adalah Menjadi Pribadi yang Proaktif.  Berikut cara Efektif menjadi Pribadi yang Proaktif.

#Pertama :  Bertanggung Jawab.

Tanggung Jawab mengartikan bahwa Anda akan menyelesaikan apa yang telah dikerjakan dan apa yang telah dijadikan Kewajiban dan Tugas.  Anda harus Bertanggung Jawab dengan Semua Tindakan.  Anda adalah Pilot bagi Kehidupan Anda sendiri dimana Baik dan Buruknya adalah Konsekuensi dari Pilihan Anda sendiri.

#Kedua : Tindakan Sadar berdasarkan Nilai yang Diyakini.

Bertindak dengan Pemikiran Jelas dan Kondisi Tenang serta Yakin akan Dampak yang timbul merupakan salah satu Pembelajaran sebagai Pribadi yang Proaktif.  Seorang Pilot yang tengah menghadapi Badai akan melakukan segala Hal demi Keselamatan Pesawat dan Penumpangnya.  Kesadaran, Keyakinan dan Nilai atau Prinsip sebagai Pedoman Pengambilan Keputusan.

#Ketiga : Berpikir sebelum Bertindak.

Pada saat Anda Sadar telah memilih sebuah Keputusan untuk Bertindak, tentu Anda telah melakukan Analisa dan Pemikiran Mendalam.  Seorang Pilot tidak akan Bertindak berdasarkan Perasaan atau Feeling semata, namun semua Keputusan telah didasari Pikiran dan Analisa yang Tepat serta Akurat.  Hindari pengambilan Keputusan pada saat Suasana Hati tengah Galau karena sangat riskan menjadi Keputusan yang Buruk.

#Keempat : Kemampuan Mengambil Keputusan.

Keputusan Tidak Mudah untuk Diambil, walau banyak Masukan dan Saran, karena ada Konsekuensi dari Akibat Anda telah melakukan Pengambilan Keputusan.  Dalam situasi Buruk dan Ekstrim pun Anda harus mengambil keputusan.  Sebagai Seorang Pilot yang tengah menghadapi Badai, pilihan Anda hanya dua : Bertindak Aktif Menyelamatkan Penumpang atau Pasrah Membiarkan Badai Menghempas.

#Kelima : Berpikir Jernih.

Dalam Situasi seperti apapun juga Anda dituntut untuk Mampu Berpikir Tenang dan Jernih.  Emosi Anda tidak terpancing oleh Kondisi dan Situasi.  Istilah Umum adalah Hati boleh Panas Kepala tetap Dingin.  Ditengah Badai Seorang Pilot dilarang untuk Panik dan Kalut sehingga mengambil Keputusan yang Salah.  Sebagai Pilot Anda harus tetap Tenang dan Mengambil Keputusan Terbaik.  Walau Jantung Berdegup Kencang dan Hati Guncang namun Benak dan Pikiran Anda harus dijaga tetap Jernih dan Dingin.

#Keenam : Fokus.

Dalam Artian setiap Tindakan Anda adalah Fokus pada Hal yang Bisa diubah dan Anda cukup Khawatir dengan Hal yang Sulit Diubah.  Anda tidak terpancing dengan Lingkungan yang Sulit sehingga menghilangkan Arah dan Tujuan.  Seorang Pilot tidak akan Menggerutu dengan Badai yang datang tiba-tiba, namun Berkonsentrasi memfokuskan Pikiran dan Tenaganya untuk Melakukan yang terbaik melewati Terjangan Badai.

Sikap dan Perilaku Proaktif memberikan Kemudahan Anda melangkah menjadi Pribadi yang Lebih Baik dan Individu yang Lebih Efektif.  Menjadi Proaktif berarti Anda telah membekali Diri dengan Pelajaran Mental dan Jiwa yang Kuat. Langkah Anda akan Mudah pada saat menjadi Proaktif.

ikhtisar.com

One thought on “Langkah Mudah menjadi Pribadi yang Proaktif

  1. Portal Konseling July 27, 2015 at 8:46 PM

    terima kasih informasinya. saya butuh baget ini untuk membuat layanan bimbingan dan konseling

Leave a Reply