Langkah Membuat Produk yang Lebih Baik dalam Hitungan Hari

Membuat Produk yang Lebih Baik dalam Hitungan Hari
Membuat Produk yang Lebih Baik dalam Hitungan Hari

Proses pembuatan produk akan meliputi kontrol terhadap Biaya, Efisiensi Bahan dan Kerja Efektif. Banyak perusahaan akan berpijak dengan pedoman tersebut, yakni Cost, Time and Quality. Terlepas dari bentuk perusahaan Anda, maka setiap perusahaan ingin lini produksi mereka bekerja Lebih Cepat tanpa Peningkatan Risiko atau Kesalahan. Bagaimana perusahaan Anda dapat Membuat Produk yang lebih baik dalam Hitungan Hari, tanpa terjadi peningkatan kesalahan.

Sebagaimana dikutip dari buku Design Sprint, A Practical Guide to Building Great Products, terdapat Kerangka Kerja dalam Lima Langkah yang disebut Design Sprint. Buku ini berdasarkan penelitian dari beberapa produk profesional untuk mencapai cara terbaik menghasilkan Design Sprint. Apakah pengertian Design Sprint tersebut dan bagaimana cara kerjanya bagi perusahaan Anda

1.  Pemahaman (Understand)

Perjelas apa yang menjadi masalah Anda dan apa yang akan Anda lakukan untuk menyelesaikannya. “Jika Anda tidak Benar maka Anda akan dalam Masalah Besar”. Itulah kira-kiranya maksud dari Understand.

Pemahaman disini menjelaskan bahwa Tim Anda harus mampu melihat dengan jelas masalah konsumen yang perlu diselesaikan melalui produk. Disinilah tantangannya agar Anda mereview hasil observasi dan penelitian terhadap konsumen atau pengguna potensial dari produk.

2.  Variasi (Diverge)

Lakukanlah Brainstorming untuk mendapatkan beberapa pilihan jenis produk. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini, termasuk brainstorming tradisional atau menggunakan alat bantu. Anda juga dapat melakukan permainan untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

3.  Konvergensi (Converge)

Setelah mendapatkan beberapa pilihan melalui Brainstorming, selanjutnya Anda akan meranking dan memilih. Pada fase ini, penting untuk diingat Anda ada dua fase yakni Prototyping dan Testing. Jadi, ketika Anda sudah memutuskan solusi apa yang akan dikerjakan, Anda tidak lagi berbicara produk secara abstrak. Saatnya sekarang untuk membuat peringkat solusi untuk dieksekusi oleh sebuah tim. Singkatnya, “konvergen” adalah fase menyaring ide-ide Anda ke dalam satu atau dua solusi yang dapat diuji.

4.  Purwa Rupa (Prototype)

Membuat contoh konsep yang minimum namun layak pakai. Jangan biarkan kesempurnaan menjadi musuh. Anda perlu membuat prototipe secepat dan semurah mungkindan memastikan bahwa itu produk tersebut cukup layak uji.

Bahkan dalam produk digital pun seperti aplikasi (apps) Anda juga perlu melakukan uji kelayakan produk. Jenis produk Purwa Rupa dapat berupa buatan sendiri dan murah. Idenya adalah kecepatan, bukan kesempurnaan dan estetika.

5.  Pengujian (Test)

Mengamati apa yang efektif bagi pengguna atau konsumen Anda. Pengujian adalah alasan lain yang harus diingat “minimum yang layak” sebagai bagian dari prototipe Anda. Anda akan mnghemat banyak waktu dan uang jika ternyata pengguna tidak suka prototipe Anda.

Itu sebabnya penulis menekankan pentingnya waktu Anda dalam tahap pengujian. Jangan senang dan berpuas diri dalam tahapan Design sementara akan terjadi penolakan disisi konsumen atau pengguna.  Langkah-langkah tersebut diatas akan membantu Anda dapat Membuat Produk yang Lebih Baik hanya dalam Hitungan Hari.

Leave a Reply