Langkah Awal Pengembangan Diri adalah Know Yourself, Kenali Diri Anda

Langkah Awal Pengembangan Diri adalah Know Yourself, Kenali Diri Anda
Langkah Awal Pengembangan Diri adalah Know Yourself, Kenali Diri Anda

Langkah awal dalam pengembangan personalitas Anda adalah dengan Know Yourself, Kenali Diri Anda.  Bagaimana Anda dapat tahu mana bagian diri sendiri yang perlu di upgrade sementar Anda tidak mengenalnya.  Bagaimana Anda dapat mengenali diri sendiri dengan baik, berikut tips untuk melakukannya.

1.  Carilah Sisi Baik diri Anda

Jangan Anda terpaku dengan kelebihan dan pencapaian orang lain.  Setiap pribadi akan memiliki jalannya masing-masing, dan rejekinya masing-masing.  Jika Anda percaya dengan kodrat atau takdir, maka yakinkanlah diri Anda bahwa porsi hidup Anda tidak akan diambil orang lain dan demikian sebaliknya.

Melihat hal tersebut, maka hal pertama kali yang Anda perlu lakukan adalah Carilah Sisi Baik Diri Anda, yang memang diakui orang lain.  Sehingga dengan mencari tahu mana sisi baik diri Anda, akan mudah bagi Anda melakukan pengembangan diri.  Pengembangan sesuatu yang akan lebih bermanfaat dan akan lebih menonjolkan kebaikan diri Anda.

Jika Anda adalah orang yang diakui suka membantu dan menolong, dan Anda akhirnya paham bahwa Anda memang seseorang yang suka menolong orang lain, maka perkuatlah perilaku tersebut dan makin perbanyaklah tindakan-tindakan menolong orang lain.

2.  Analisa Perilaku Diri Anda

Selain mengenali perilaku terbaik Anda, analisa pula perilaku Anda yang lainnya. Misalkan ternyata Anda seseorang yang lebih suka menyendiri atau bekerja sendiri, meski suka menolong, maka cobalah menganalisa bagaimana Anda dapat menjadi sosok yang suka menolong namun tidak menjadi terkucilkan karena lebih senang menyendiri.

Dengan analisa yang matang, Anda akan mampu melakukan modifikasi yang perlu dilakukan tanpa harus mengubah perilaku asli.  Tidak harus menjadi orang lain untuk menjadi pribadi yang menyenangkan.  Anda perlu tahu kapan jenis-jenis kemampuan tersebut memberi manfaat bagi orang lain dan akan semakin menutupi hal-hal yang “mungkin” dianggap negatif oleh orang lain.

3.  Kenali Kekuatan dan Kelemahan Anda

Dengan hasil analisa diri pribadi, Anda dapat memetakan mana perilaku atau karakter yang memang Kekuatan Anda dan manapula yang merupakan Kelemahan Anda.  Tidak perlu takut mengakui kelemahan diri dan tidak perlu juga sungkan menunjukkan kelebihan atau kekuatan Anda.

Kekuatan dan Kelemahan adalah faktor-faktor yang perlu dikelola dengan baik dan benar, sehingga masing-masing akan berdampak pada pengembangan diri Anda menjadi lebih baik.

Seseorang yang tertutup mungkin dinilai sebagai kelemahan dalam dunia pemasaran, namun bisa menjadi sebuah kekuatan dalam dunia quality control atau compliance.

Mengenali diri sendiri menjadi sebuah permainan watak yang cukup sulit juga jika Anda tidak jujur pada diri sendiri.  Langkah Awal Pengembangan Diri adalah Know Yourself atau Kenali Diri Anda, untuk membangun pribadi yang lebih handal dan diandalkan.

Referensi : Personality Development by Mindsparkk

Leave a Reply