Lakukan Hari ini jika Anda ingin menjadi Manajer yang Lebih Baik

manajer yang lebih baikAnda sangat berharap kehadiran Anda sebagai Manajer mendapatkan Tempat dan Ruang yang berarti bagi Tim dan Lingkungan sekitar.  Anda sangat manusiawi jikalau ingin dikenal dan dikenang.  Berikut Anda pahami dan pelajari beberapa langkah Inisiatif dan Kreatif ini, dan lakukan satu per satu setiap hari, sehingga Anda akan merasakan menjadi Manajer yang Lebih Baik.

  • Pilihlah Orang-orang yang Terbaik

Anda hanya akan menjadi Manajer yang baik ketika memiliki orang-orang yang tepat dan baik dalam Tim.  Tentukan dan pilih orang terbaik untuk bergabung dalam Tujuan dan Kerangka Kerja Anda.

  • Jadilah Motivator

Orang-orang melakukan sesuatu karena menginginkannya, namun terkadang mereka melakukannya karena konsekuensi yang tidak menyenangkan ketika tidak melakukannya.  Namun sebagian besar apa yang kita lakukan adalah karena adanya imbalan yang kita harapkan.  Tidak ada bedanya dalam urusan Kerja, setiap orang bekerja baik karena Bayaran, Prestise atau Pengakuan.  Mereka berlaku buruk karena Meremehkan dan masih dibayar.  Sedangkan mereka berlaku sangat baik karena ingin menarik perhatian seseorang.  Untuk memotivasi orang Anda, Gambarkan dengan jelas keinginan mereka dan bagaimana Anda dapat mendukung mereka mencapainya.

  • Bangunlah Tim Anda

Tidaklah cukup bagi seseorang sukses dalam bekerja hanya karena ter-Motivasi, mereka harus bekerjasama dalam Tim untuk mencapai Tujuan Bersama.  Pada akhirnya ketika Anda menginginkan semua berjalan sesuai yang dikehendaki, maka Anda tidak lagi diperlukan sebagai manajer, untuk itu bangunlah Tim Terbaik Anda.

  • Jadilah Pemimpin jangan hanya Manajer

Anda sudah membangun Tim Terbaik, Anda juga sudah memotivasi mereka bekerja dengan baik menunjukkan Kinerja mereka. Namun masihkah ada yang tertinggal.?  Motivasi mereka hanya akan sia-sia belaka ketika Anda tidak menunjukkan Arah dan Tujuan yang harus dicapai.  Pimpin mereka dengan Motivasi mencapai Goals.  Perlu Anda pahami dalam setiap Level Organisasi selalu ada Pemimpin dan Jadilah Anda salah satunya.

  • Jadilah seorang Komunikator

Komunikasi dapat menjadi salah satu ketrampilan terpenting seorang manajer.  Namun demikian kemampuan dan ketrampilan lainnya juga bergantung padanya.  Anda tidak mungkin menjadi seorang pemimpin bila tidak mampu mengkomunikasikan visi Anda.  Anda tidak akan dapat memotivasi orang jikalau mereka tidak mengerti keinginan Anda.  Komunikasi dapat ditingkatkan dengan pelatihan.

  • Perbaikilah Manajemen Keuangan Anda

Untuk bertahan dalam bisnis maka perusahaan harus menghasilkan uang, yang mana membawa masuk uang lebih banyak daripada mengeluarkannya.  Tergantung fungsi dan tugas Anda dalam organisasi, Anda dapat terlibat lebih banyak pada beberapa area lainnya sehingga membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.

  • Perbaikilah Manajemen Waktu Anda

Hal terpenting lainnya adalah Waktu yang harus Anda kelola sebaik mungkin.  Efektivitas kerja baik diri sendiri maupun orang lain akan sangat berguna bagi Anda menjadi Manajer yang baik.

  • Tingkatkan Kemampuan Anda

Jangan terlalu fokus pada orang-orang Anda sehingga lupa akan diri sendiri.  Luangkan waktu Anda untuk meningkatkan ketrampilan dan membenahi kekurangan.  Identifikasikan semua permasalahan yang bisa segera Anda perbaiki untuk peningkatan performa pribadi.

  • Praktikkan Etika Manajemen

Berlaku sesuai Aturan dan Norma akan membuat tumbuh kembang perusahaan berlangsung dalam jangka panjang.  Etika Bisnis harus dijaga sesuai koridor yang ada agar kesalahan-kesalahan fatal dapat dihindari melalui Penerapan Proses yang Baik dan Benar.

  • Ambillah Waktu Senggang

Luangkan waktu Anda sehingga dapat menurunkan Tingkat Stress yang Terlalu Tinggi.  Hal ini sangat mungkin untuk menjaga kondisi kerja yang kondusif.  Tidak semua orang senang selalu berada dekat bersama Anda.  Dengan sedikit melepas beban pikiran melalui Tertawa Lepas, Berlaku “Gila” akan membawa Anda ketingkat Produkivitas lebih Tinggi.

Pada akhirnya, manajemen adalah ketrampilan yang dapat dipelajari dan Anda dapat menjadi Manajer yang Lebih Baik dengan terus belajar (improve) setiap hari.  Lakukan setiap langkah satu per satu dan tanpa disadari Anda telah menjadi Manajer yang Lebih Baik dan pastinya semua orang akan melihat itu.

ikhtisar.com

Leave a Reply