Inilah Kunci Suksesnya Perusahaan Besar Dunia yang penting bagi Anda

world companyMembangun sebuah Perusahaan bukanlah pekerjaan dalam beberapa tahun ke depan, namun akan menjadi sebuah perjalanan panjang untuk beberapa dekade atau bahkan beberapa generasi.  Perubahan kepemilikan perusahaan saat ini bukan lagi menjadi isu bagi pendiri atau pemilik, dimana eksistensi dari sebuah organisasi jauh lebih bermanfaat daripada status shareholder yang ada.

Perubahan ekonomi, teknologi atau globalisasi tidak banyak mengubah praktik bisnis utama dari perusahaan kelas dunia.  Dan berdasar analisa terdapat beberapa karakteristik utama yang konsisten membedakan perusahaan-perusahaan dunia dan menjadikannya unggul dari perusahaan lain.

1.  Eksekusi Strategi yang Sukses.

Perusahaan-perusahaan kelas dunia biasanya unggul dalam mengubah strategi menjadi kenyataan. Kebanyakan perusahaan memang memberi perhatian besar pada perencanaan strategis, tetapi banyak perusahaan yang cenderung gagal dalam hal eksekusi. Para World Most Admired Company (WMAC) justru sebaliknya, mereka unggul karena berhasil membuat obyektif yang jelas, menyelaraskan organisasi dan karyawan dengan tujuan-tujuan bisnis jangka panjang, dan mempraktikkan strategi dengan berhati-hati. Para WMAC juga sadar sepenuhnya akan dampak budaya perusahaan sehingga mereka menciptakan kultur yang kuat dan positif untuk mendukung strategi mereka.

2. Struktur dan Proses Kinerja untuk Jangka Panjang.

Dibanding perusahaan-perusahaan lain, perusahaan WMAC kelas dunia membangun struktur yang kuat untuk memungkinkan kesuksesan bisnis jangka panjang. Mereka menempatkan inovasi ke dalam budaya perusahaan dan menempatkan pentingnya mencari dan menyebarkan gagasan-gagasan baru. Mereka juga lebih sukses dalam menggunakan jangkauan global mereka sambil tetap memberikan keleluasaan kepada unit bisnis lokal dalam merespon kebutuhan pasar domestik.

3. Sukses melalui Karyawan (people)

Perusahaan WMAC mengenali pentingnya “intangible assets” mereka dan menciptakan kondisi yang baik agar karyawannya dapat berkembang. Mereka memiliki strategi human capital yang sudah dipelajari dan disetujui oleh level direktur dan memberikan fokus pada penciptaan kesempatan bagi kemajuan karir karyawan.  Para WMAC terus berinvestasi pada karyawan mereka, dan hal ini akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

4. Posisi Penting bagi leadership dan talent.

Perusahaan kelas dunia secara konsisten bekerja keras memastikan talenta yang tepat berada pada tempatnya. Mereka mempunyai prosedur yang teliti dalam mengevaluasi kandidat karyawan, menekankan pentingnya kesempatan pengembangan diri, dan menghubungkan benefit karyawan secara erat dengan kinerja mereka.

Perusahaan yang mampu mengimplementasikan praktik-praktik di atas secara konsisten cenderung akan lebih menarik bagi calon talenta terbaik serta mampu mempertahankannya. Perusahaan-perusahaan ini juga akan unggul di industri mereka serta pasar secara keseluruhan.  Kunci Sukses Perusahaan Dunia selalu melakukan Perbaikan dan Perubahan serta dilakukan dengan Komitmen dan Konsistensi.

Leave a Reply