Kode Etik Dalam Membangun Kerja Sama Bisnis Anda

Kode Etik Dalam Membangun Kerja Sama Bisnis Anda
Kode Etik Dalam Membangun Kerja Sama Bisnis Anda

Untuk mengembangkan bisnisnya menjadi besar, sering kali pengusaha perlu melakukan sebuah kongsi. Kongsi merupakan wujud kerja sama dua pihak atau lebih untuk meraih tujuan bisnis bersama. Kongsi ini terbentuk dengan ketentuan tertentu yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Memang ada kalanya kongsi yang ada menghasilkan keuntungan, namun ada juga yang malah berujung pada perseteruan. Anda bisa melihat perselisihan grup Lippo dengan grup Astro. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam bekerja sama dengan pihak lain. Perlu diutarakan sebelumnya tentang segala sesuatu ke depannya agar berjalan lancar.

Selama perjalanannya pun dibutuhkan kode etik supaya berjalan lancar dan tidak timbul perselisihan. Berikut Beberapa kode etik yang harus Anda pahami dalam sebuah Kerjasama Bisnis.

Siapapun Asal Mengenalnya

Dalam bisnis tidak ada aturan dengan siapa Anda harus bekerja sama. Anda bisa mengajak siapapun untuk bekerja sama. Namun lebih baik, kenalilah lebih lanjut orang yang akan diajak atau yang mengajukan kerja sama. Minimal Anda mengetahui dimana dia tinggal dan berkunjunglah kesana untuk perkenalan lebih lanjut.

Mudah Diajak Komunikasi

Dalam bekerja sama, sebaiknya Anda memilih orang yang memang mudah untuk diajak berkomunikasi. Sebab komunikasi merupakan kunci dari sebuah kerja sama. Jika dia termasuk orang yang terlalu pendiam atau sulit ditemui urungkanlah bekerja sama dengannya. Bekerja sama dengan orang seperti itu mudah menimbulkan kesalahpahaman yang bisa berefek tidak baik untuk bisnis.

Ada Saksi

Kerja sama atau kongsi yang dibentuk sebaiknya dituangkan dalam sebuah surat perjanjian. Aturlah dan tulis segala hal yang menjadi rule Anda berdua. Dari jadwal pertemuan, pembagian tugas sampai dengan pembagian keuntungan. Jangan lupa untuk menyertakan saksi sehingga perjanjian lebih jelas.

Rasakan Chemistry

Dalam memilih mitra atau partner Anda harus mencoba merasakan apakah cocok dengannya. Semakin Anda cocok dan nyaman maka kerja sama pun akan lancar. Chemistry yang kuat akan memudahkan Anda berdua untuk menemukan berbagai ide serta inovasi untuk langkah bisnis lebih baik. Bisnis pun bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Komitmen yang Kuat

Kode etik berikutnya adalah dengan adanya komitmen yang kuat. Ajaklah mitra Anda juga untuk memegang komitmennya. Dengan begitu kerja sama akan berlancar dengan lancar.

Terbuka Satu Sama Lain

Dalam kerja sama Anda harus berupaya untuk membangun kepercayaan satu sama lain. Hal ini bisa dibangun dengan baik oleh keterbukaan satu sama lain. Janganlah miliki tujuan terselubung dari sebuah kerja sama. Itu hanya akan menyebabkan perselisihan timbul.

Perhatikan beberapa point di atas dengan jeli dan hati-hati. Sebab jangan sampai Anda menyesal setelah merasakan kerugian bekerja sama dengan kolega bisnis yang tidak tepat.

Leave a Reply