Kisi-kisi membangun Networking bagi seorang Introvert

cara membangun networking bagi introvertSikap dan perilaku manusia dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni orang yang “terbuka” atau dikenal dengan sebutan Ekstrovert dan orang yang “tertutup” atau Introvert. Perbedaan sikap dan perilaku ini adalah bentuk dari Human Personalities Theory, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1921 oleh Carl Gustav Jung seorang Psikiatris dan Psikoterapis berkebangsaan Swiss.

Perbedaan umum kedua perilaku ini bukan lagi hal baru tentunya, karena semakin banyaknya informasi dan perubahan dunia, semakin mudah pula Anda mengidentifikasikan tipe orang yang dihadapi, apakah seorang introvert ataukah seorang ekstrovert. Perilaku seorang ekstrovert akan mengarah keluar yakni pada orang-orang dan benda-benda, sedangkan perilaku seorang introvert akan cenderung kedalam seperti ide dan konsep. Contoh kontradiksi perilaku ini dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Ekstrovert akan berorientasi “Aksi” sedangkan Introvert berorientasi “Pikiran”.
  • Ekstrovert mencari “Keluasan” Pengetahuan dan Pengaruh sedangkan Introvert akan mencari “Kedalaman”.
  • Ekstrovert akan memilih “Frekuensi” interaksi dimana seorang Introvert lebih memilih “Substansi” interaksi.
  • Ekstrovert akan sangat berenergi manakala berhubungan dengan orang-orang sementara Introvert lebih memilih untuk menyendiri.

Dengan perbedaan yang cukup kontras ini, maka cara membangun sebuah networking bagi Introvert pun dilakukan dengan cara yang lebih halus, sebagaimana dikutip dari about.com berikut cara membangun jaringan bagi seorang Introvert demi menjaga kelangsung karir lebih baik.

  1. Jaringan Online
  2. Hubungan Personal (one on one)
  3. Mengajak Teman
  4. Jangan Lupakan Kenalan Lama
  5. Lakukan Follow Up setelah berkenalan
  6. Persiapkan Diri Anda
  7. Senyum
  8. Jadilah Diri Sendiri

Leave a Reply