Kiat Sehat bagi Anda dalam Mengatasi Stress

kiat mengatasi stressPermasalahan dalam sebuah profesi atau pekerjaan akan selalu datang dan pergi.  Ketika datang dan Anda siap menghadapinya mungkin tidak jadi issue dalam pekerjaan hari itu, namun bagaimana bila stress datang pada saat Anda belum siap menghadapinya.  Bisa jadi pekerjaan Anda hari itu akan menjadi beban yang tidak rasional, meski sebenarnya pekerjaan tersebut rutin dilakukan.  Stress tidak pernah dapat dihilangkan, namun Anda dapat meminimalisir kemungkinan buruk akibat adanya stress.  Berikut kita mengatasi stress dari Philip L. Rice penulis buku Stress and Health.

A.  Kiat Mencegah (Preventive)

1.  Menyadari dan menerima kenyataan secara konstruktif (avoiding by adjusment)

Anda dapat mencegah stress terjadi berlebihan ketika dapat menerima kondisi dan keadaan saat ini dengan apa adanya.  Kondisi yang Anda hadapi dapat diberdayakan menjadi sebuah sumber daya untuk meningkatkan kompetensi kerja dan prestasi.  Semakin Anda produktif dan efektif terhadap pekerjaan maka stress akan sedikit muncul.

2.  Mengurangi tuntutan yang tidak sesuai dengan kemampuan (adjusting demand level)

Faktor kemampuan diri untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan juga perlu dilihat secara proporsional.  Semisal Anda seorang akuntan, maka tentunya tidak perlu memaksakan diri mempresentasikan skema strategi marketing analisis yang detil.  Meski Anda cukup mengerti akan dunia marketing, namun teknis dan detil permasalahannya bukanlah bidang Anda, sehingga Anda perlu mawas diri dengan kemampuan. Mengerti akan kemampuan diri dapat dianalogikan seperti peribahasa Besar Pasak daripada Tiang, artinya Anda tidak perlu mengurusi hal-hal lain sementara hal pokok belum terselesaikan.

3.  Menciptakan solusi baru atau menambah sumber solusi (avoiding developing resources)

Solusi baru dapat Anda capai dengan sering bertukar pikiran, berdiskusi atau membaca buku.  Hal-hal yang tadinya tidak terpikirkan oleh Anda dapat menjadi sebuah solusi baru dalam meningkatkan semangat kerja dan mengurangi efek buruk stress.  Solusi baru merupakan cara Anda berpikir kreatif, dan berani melakukan tindakan-tindakan kreatif.

2.  Kiat Melawan (Combative)

1.  Mengatasi masalah secara riil, mental dan fisik

Masalah yang Anda alami dapat diatasi dengan bijak, sehingga meski tetap komit pada timeline, Anda dapat melihat setiap sudut masalah dengan pikiran jernih.  Selesaikan setiap masalah satu per satu, dimulai dengan yang paling mudah dahulu. Dengan selesainya setiap masalah satu per satu, akan berdampak pada efek mental positif bagi Anda untuk segera menyelesaikan lainnya.

2.  Menghentikan opini atau pemahaman yang stressful

Daripada berdebat akan masalah yang ada, mending Anda berdiskusi mengenai solusi penyelesaian masalah.  Opini dan pendapat negatif sebaiknya segera digantikan dengan semangat kebersamaan mencari solusi.  Pemahaman yang keliru dari suatu masalah harus segera diluruskan untuk mendapatkan solusi.

3.  Melakukan kegiatan yang fun, seperti membaca, menulis, menonton, olahraga

Stress dapat pula dilawan dengan kegiatan yang sebaliknya, seperti menonton tv, menulis atau berendam air hangat.  Segera larikan diri Anda (mental dan fisik) melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya adalah “me time”.  Istilah me time sudah cukup populer saat ini, yakni kegiatan yang sifatnya personal (diri sendiri) dan play (bermain).

4.  Relaksasi atau meditasi

Relaksasi selain memperlancar aliran darah dalam tubuh, dan meningkatkan oksigen dalam darah, ternyata berguna menurunkan tingkatan stress.  Stress timbul karena Anda tidak mengeluarkan emosi yang ada.  Cara unik menanggulangi stress selain relaksasi dan meditasi adalah dengan mengeluarkan seluruh emosi Anda, seperti dengan cara menangis atau berteriak.  Teriakkan sekeras-kerasnya emosi Anda, maka efek langsung stress akan berkurang.

5.  Mendekatkan diri pada Tuhan

Sebagai manusia yang percaya kepada pencipta alam semesta, Anda dapat mengalahkan stress dengan melakukan pendekatan diri pada Tuhan.  Berdoa dan Bersembahyang adalah cara efektif melawan stress yang terjadi.

6.  Menggali nilai spiritual yang ada

Nilai spiritual adalah nilai-nilai yang menjadikan Anda sebagai makhluk yang bersyukur akan karunia Tuhan.  Carilah nilai tersebut dari sekeliling Anda, dan dapatkan rasa nyaman setelahnya.

Leave a Reply