Ketrampilan Dasar Komunikasi yang Efektif

Bagaimana Anda dapat menjadi Sukses dalam Pekerjaan atau Bisnis tergantung salah satunya dengan Kemampuan dan Ketrampilan Komunikasi Anda kepada Kolega dan Rekan Bisnis.  Ketrampilan Komunikasi sudah menjadi Syarat Utama membangun Kesuksesan.  Dan komunikasi efektif adalah cara Anda menerapkan Hubungan yang Baik dengan Lawan Bicara dalam mencapai Tujuan yang diinginkan.

Komunikasi dapat didefinisikan dalam banyak cara, namun secara Sederhana Anda dapat mengartikan Komunikasi adalah Perpindahan Informasi , Pesan Verbal dan Non Verbal, Proses yang terjadi karena Pertukaran Informasi antar orang dengan Perilaku, Simbol dan Tanda-tanda.

Elemen Kunci dalam Komunikasi adalah Anda, Lawan Bicara dan Pesan yang akan disampaikan.

#Anda perlu menjadi Profesional yang Berpengalaman dan Terdidik atau Terlatih dalam Proses Komunikasi.  Ketika itu Anda akan mendapatkan Kredibilitas dari Karyawan, Manajemen Puncak, Publik, Media dan Kolega Kerja.

#Menjadi Komunikator yang Efektif Anda perlu tahu dan paham Pendengar yang tengah dihadapi.  Menghadapi Pimpinan Puncak Organisasi tentu sangat berbeda dengan menghadapi Rekan Kerja.  Begitu pula menghadapi Pelanggan akan berbeda dengan menghadapi Rekan Bisnis.  Intinya Anda perlu paham bahwa Efektivitas Komunikasi berlaku sama untuk satu orang atau banyak orang.

#Dan Elemen terkahir dalam Komunikasi Efektif adalah Pesan atau Isi yang akan disampaikan dalam Komunikasi.  Apa yang akan Anda katakan dan Bagaimana Cara Terbaik menyampaikannya?  Pesan yang baik mengandung Who, What, When, Where, Why and How Your Message agar Ketertarikan dan Perhatian Lawan Bicara dapat terjaga.

Alat Dasar dalam Komunikasi

Dalam Komunikasi terdapat Perangkat yang sangat penting untuk Anda perhatikan sebagai Dasar Komunikasi yang Efektif, yakni:

  1. Listening (Mendengarkan)
  2. Speaking (Berbicara)
  3. Reading (Membaca)
  4. Writing (Menulis)

Kemampuan dan Ketrampilan Anda tentang Alat Dasar Komunikasi dapat Dipelajari dan Ditingkatkan.  Pertama Anda perlu meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Kedua Anda perlu paham dan mengerti apa yang paling penting dalam Komunikasi Dua Arah, Ketiga setelah itu Anda perlu Belajar Ketrampilan Komunikasi Baru dan Terakhir Anda harus Berlatih dan Berlatih untuk menjadi Lebih Baik dan Lebih Efektif sebagai Komunikator.

Dalam Komunikasi yang Efektif ditahap Awal Anda perlu Belajar Berbicara (Speaking), untuk selanjutnya Belajar Membaca (Reading) dan Menulis (Writing). Dan yang Utama dalam sebuah Komunikasi Anda perlu Belajar Mendengarkan atau Memperhatikan (Listening).  Mendengarkan merupakan Ketrampilan Paling Penting dalam Komunikasi yang dapat selalu Anda Kembangkan dan Perbaiki.  Mendengarkan, lebih tepatnya Memperhatikan Jauh Lebih Sulit daripada Menulis, Membaca atau Berbicara.

ikhtisar.com

Leave a Reply