Ketrampilan dalam Kepemimpinan yang didapatkan melalui Hobi

Siapa Sangka bahwa Hobi Anda dapat membantu Anda membangun Ketrampilan yang Penting dalam Kepemimpinan.  Banyak sudah contoh Pimpinan Puncak Perusahaan yang mendapatkan Peningkatan Leadership Skills nya melalui Kegiatan Hobi mereka.  Para Trainer dan Executive Coach rata-rata mengembangkan Pemberdayaan (Encourage) dengan cara mengajak Menemukan Hobi.  Dibandingkan dengan sekedar membaca buku dan aktivitas memancing, maka pola Penemuan Hobi diluar Pekerjaan jauh lebih berdaya guna bagi para Leader.  Hobi mampu membawa orang jauh lebih Produktif dalam Pekerjaannya.  Ketrampilan apa saja yang dapat Dikembangkan melalui Kegiatan Hobi di luar Kantor?

1.  Pengambilan Keputusan (Decision Making)

Hobi diluar Pekerjaan memberikan Pikiran yang segar akan Perspektif Baru, Kemampuan Fokus dan Keputusan Terbaik.  Anda dapat membersihkan Pikiran dari segala Detil yang tidak perlu.  Mendaki Gunung nan terjal cukup menantang dan Anda akan Belajar Berhati-hati dan Tidak Asal Mengambil Keputusan.  Anda belajar untuk melakukan Analisa dan mengambil Jeda dalam Decision Making.

2.  Sistematika Berpikir (Systematic Thinking)

Berpikir Sistematis adalah syarat seorang Leader dalam mengelola Organisasinya.  Hobi pun memerlukan Sistem yang akan melatih Pikiran untuk Berpikir dalam Bisnis.  Menguasai Hobi Baru pun memerlukan Pendekatan Sistematis, dengan melakukan Trial and Error, Kesabaran dan Berlatih.  Semua Ketrampilan tersebut diperlukan dalam Organisasi dan Bisnis.

3.  Kreativitas (Creativity)

Menemukan apa yang Anda sukai membawa Anda untuk lebih Relaks dan Fokus, sehingga Pikiran akan terasuki Ide Baru. Ketertarikan Anda terhadap sesuatu diluar Pekerjaan memberikan Keseimbangan dan Perasaan Lebih Baik.  Hal ini berdampak dengan Meningkatnya Pikiran Baru atau Kreativitas Kerja Anda.

4.  Percaya Diri (Confidence)

Hobi dapat memberi Anda perasaan Lengkap dan Percaya Diri sehingga dapat dibawa kedalam Pekerjaan Kantor.  Adrenalin yang timbul karena Hobi Anda membangun Rasa Percaya Diri lebih baik dalam Membuat Keputusan pada Waktu yang Tepat.

Kegiatan yang Menyenangkan atau Hobi memberikan Perasaan Percaya Diri lebih besar dan membuat Kemampuan Berpikir Anda lebih Kreatif.  Pada akhirnya sebuah Hobi juga melatih Sistematika Berpikir dan Pengambilan Keputusan yang Tepat.  Trial dan Error menjadikan Anda lebih Tenang dalam Bertindak.

ikhtisar.com

Leave a Reply