Ketakutan Bill Gates dan Mark Zuckerberg demi Menggapai Sukses

bill-gates-mark-zuckerbergKita tidak lagi meragukan kesuksesan para pendiri Microsoft atau Facebook.  Meski berbeda generasi antara Bill Gates dan Mark Zuckerberg, namun keduanya saling menghargai dan menghormati, bahkan mungkin saling mengidolakan.  Kesuksesan mereka adalah keberhasilan dalam menaklukan ketakutan, dan mereka melangkah dengan penuh perhitungan dan pertimbangan untuk mengalahkan rasa takut tersebut.  Terbukti saat ini mereka menjadi salah satu orang-orang kaya dunia, dan tidak hanya kaya secara pribadi, mereka pun membangun sebuah komunitas sosial untuk berbagi kepada sesama.

Pengalaman adalah guru yang paling baik, dan pengalaman orang lain pun dapat menjadi mentor bagi sukses Anda.  Gates dan Zuckerberg berhasil menaklukan rasa takut diri sendiri untuk tetap maju mencapai cita-cita.  Bagaimana dengan Anda? Apakah akan tetap meratapi rasa takut atau menghadapinya dengan gagah berani, dan hasil gemilang yang menjanjikan didepannya. Berikut ini pelajaran menghadapi ketakutan dari Gates dan Zuckerberg dikutip dari inc.com

1.  Takut kepada Kegagalan

Kegagalan adalah hal yang paling ditakuti kebanyakan para entrepreneur.  Dengan perasaan takut gagal para pengusaha sukses justru makin meningkatkan energi bekerja lebih keras, lebih cepat dan lebih baik.  Dan pengalaman paling berharga adalah kegagalan terburuk yang terjadi.

2.  Takut tidak Mampu

Butuh banyak keajaiban bagi Anda untuk selalu berhasil pada usaha pertama.  Orang sukses adalah pembelajar terbaik untuk menutupi celah dari kemampuan dan ketrampilannya.  Dan mereka pun menjadi seorang ahli dalam mencari sumber yang dapat menutupi kekurangannya.

3.  Takut akan Pasar

Menghadapi pasar ibarat bermain ombak di laut sepanjang hari.  Jika Anda salah memprediksi pasar maka Anda akan jatuh dari papan luncur dan harus memulai kembali.  Seorang pengusaha sukses akan respek memperlakukan pasar dan melihat dinamikanya sebelum berkecimpung.

4.  Takut terhadap Penipuan

Fraud dapat terjadi dimanapun dan kapanpun oleh siapapun.  Kredibilitas merupakan sesuatu yang sangat dikhawatirkan, sehingga perlu penjagaan yang sangat intens, baik kepada tim internal ataupun kepada rekanan eksternal.

5.  Takut pada Penjualan

Meski menjadi seorang pengusaha sukses, belum tentu pengusaha merupakan penjual yang handal.  Ketakutan untuk menawarkan produk dan layanan yang dimiliki menjadi salah satu tantangan sukses.  Pengusaha selalu berharap produk dan layanan mereka menjadi pilihan yang jelas bagi pasar, sehingga menggunakan tenaga pemasaran dalam menjaring pelanggan.

6.  Takut Berbicara di Publik

Tidak semua pengusaha adalah seorang pembicara publik yang handal, bahkan kebanyakan mereka bukanlah orang yang terbuka dalam berbicara.  Ide brilian mereka tidak pernah terungkap langsung, terkdang melalui sebuah penjelasan yang cukup rumit kepada sekolompok orang.  Menjadi sukses dalam usaha, mereka perlu berbagi visi yang jelas, kuat dan ringkas.  Percaya diri adalah bagian penting dalam berbicara dimuka umum.

7.  Takut akan Kepemimpinan

Menjadi pemimpin bisa jadi sebuah keharusan bagi pengusaha sukses, dan ini adalah tantangan terberat bagi mereka dibandingkan menjadi bos atau memulai perusahaan sendiri.  Kepemimpinan adalah prioritas, dan diperlukan usaha untuk belajar, mendengarkan dan pengorbanan sehingga orang akan terinpirasi dan termotivasi.

8.  Takut dengan Persaingan

Siapakah yang merasa nyaman dengan persaingan.  Tentunya jarang orang yang merasakan hal biasa dalam sebuah kompetisi.  Sejak kecil setiap individu selalu dicekoki dengan persaingan dan kemenangan.  Persaingan yang diabaikan akan menjadi sebuah kegagalan dan kekalahan yang menyakitkan.  Pengusaha sukses harus menghormati dan mempelajari kompetisi mereka. Sebagai pengusaha sukses, Anda harus membuat strategi jangka panjang untuk membedakan cara pesaing yang tentunya tidak mudah diikuti.

9.  Takut akan Waktu

Waktu adalah alat ukur universal yang tidak pernah kembali.  Ketakutan kehabisan waktu menjadi salah satu ketakutan terbesar bagi pengusaha sukses.  Pengusaha sukses sangat memahami waktu sebagai skala konstan, dan mereka belajar bagaimana memanfaatkan kekuatan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

10.  Takut Malu

Mereka benci harus dipermalukan di depan umum. Mereka tahu bahwa menunjukkan Kerendahan Hati adalah cara paling pasti mempertahankan rasa hormat yang mereka butuhkan.

11. Takut Orang Banyak

Pengusaha sukses cenderung melakukan semuanya sendiri jika “mampu”. Namun kenyataannya adalah tidak ada kesuksesan mandiri yang sejati.  Pengusaha sukses sangat memahami bahwa mereka memerlukan daya tarik, pengembangan, dan retensi orang-orang hebat. Mereka akan memastikan adanya sistem dan budaya yang membuat orang-orang sebagai prioritas dalam organisasi.

12. Takut Kesia-siaan

 Tidak ada orang yang bekerja keras dan dalam jangkawa waktu lama, namun hanya untuk dilupakan. Pengusaha sukses tahu bahwa mereka harus membuat dampak yang signifikan bagi masyarakat. Mereka menjadikan masyarakat sebagai dasar pertimbangan bagi semua pekerjaan dan desain mereka.

13. Takut Diri sendiri

Pengusaha sukses akan komit untuk memperbaiki diri. Mereka tidak nyaman menjadi orang yang berdiri pada kebesaran sendiri.

Leave a Reply