Ketahui 6 Manfaat Game Untuk Pengembangan Diri Anda

6 Manfaat Game Untuk Pengembangan Diri Anda

6 Manfaat Game Untuk Pengembangan Diri Anda

Ikhtisar.com – Sebagian besar orang menganggap bahwa bermain game hanyalah kegiatan yang tidak bermanfaat dan membuang waktu dengan percuma. Tidak hanya itu, bermain game seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang tidak baik. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa bermain game justru bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan nyata.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, terdapat enam manfaat bermain game bagi pengembangan diri Anda. Berikut ulasan lengkapnya seperti yang dilansir dari laman Lifehack.org :

  1. Game Mengajarkan Anda Untuk Berani Menjelajah

Meksipun saat bermain game Anda jarang sekali bergerak, namun Anda dituntut untuk selalu berpikir dan berimajinasi serta melakukan eksplorasi. Selain itu, bermain game tentang petualangan bisa melatih keberanian Anda yang secara tidak langsung berpengaruh pada kehidupan Anda yang sebenarnya. Seperti saat Anda menemukan sesuatu yang berharga dalam sebuah permainan, Anda akan lebih bisa menghargai hal-hal baru di dunia nyata.

  1. Game Mengajarkan Sosialisasi

Secara kasat mata, bermain game memang bisa membuat Anda dinilai kurang bergaul atau anti sosial. Tetapi ternyata untuk memainkan sebuah game dibutuhkan sosialisasi dengan teman sepermainan. Bahkan dalam beberapa kasus, bermain game dapat memperluas pertemanan dengan para pecinta game serupa yang berada di luar negeri.

  1. Bermain Game Dapat Meningkatkan Empati

Emosi Anda dapat dipengaruhi oleh sebuah permainan game. Dengan emosi tersebut, Anda akan bisa menjadi seseorang yang lebih empati pada kehidupan sekitar Anda. Orang-orang yang bermain game merasa bahwa permainan game tersebut mengajarkan banyak hal tentang lingkungan sekitar mereka dan juga dunia.

  1. Game Akan Memperkuat Pandangan Anda Ke Depan

Bermain game akan membuat Anda mejadi orang yang visioner sebab kemampuan untuk memprediksi apa yang terjadi saat bermain game dapat membantu Anda menghadapi kehidupan di dunia nyata.

  1. Game Mengajarkan Tentang ‘Kecurangan VS Kejujuran’

Ketika bermain game Anda diperbolehkan untuk jujur atau curang demi memperoleh apa yang Anda inginkan. Hal tersebut mengajarkan pada Anda untuk memilih berbuat jujur atau curang dalam kehidupan nyata.

  1. Game Mengajarkan Anda Untuk Tekun

Dibutuhkan konsentrasi dan ketekunan agar Anda bisa menang saat bermain game. Begitu juga dalam dunia nyata, untuk meraih sebuah kesuksesan Anda harus selalu tekun dan berusaha dengan keras.

Itulah enam manfaat bermain game untuk pengembangan diri Anda. Dengan mengetahui keenam manfaat tersebut, diharapkan Anda tidak menganggap bahwa bermain game akan memberi pengaruh buruk bagi Anda. Hal yang terpenting adalah apabila Anda sering bermain game, Anda harus bisa membagi waktu dengan baik antara game dan aktivitas Anda yang lain. Game adalah simulasi kehidupan yang banyak pula manfaatnya bagi pengembangan diri selama Anda dapat bertindak bijaksana.

Leave a Reply