Bagaimana Anda membangun Kepemimpinan yang baik? Inilah Tipsnya

berbagi visi sebagai ciri pemimpin yang baikKepemimpinan dapat Anda pelajari, setahap demi setahap, maka Tingkat Ketrampilan Anda dalam memimpin makin baik.  Pengaruh Anda makin kuat dan orang secara sukarela akan mengikuti tujuan Anda membawa perusahaan sukses dalam tumbuh kembangnya.  Sebelum menjadi pemimpin yang baik, mungkin Anda mempunyai banyak pertimbangan seperti Politik, Bisnis, Religius dan lainnya.  Berikut beberapa tips yang dapat dengan cepat diadaptasi sebagai pengembangan ketrampilan Anda dalam memimpin.

1.  Percaya Diri.

Anda tidak akan menjadi pemimpin yang baik jika tidak mempunyai percaya diri.  Kesiapan Anda memimpin atau sekedar berbicara dalam forum akan hilang pada saat tidak adanya percaya diri.  Kembangkan ketrampilan Anda dalam berbicara atau mengemukakan pendapat di muka umum, maka secara langsung ini akan membangun rasa percaya diri yang cukup tinggi.  Percaya diri akan terbangun pada saat Anda menguasai bahan yang akan disampaikan, dan semua dapat dipersiapkan sebelumnya.  Lakukan persiapan yang matang dan kembangkan percaya diri Anda. 

2.  Perilaku dan Pola Pikir Positif.

Pemimpin tidak melihat hasil buruk sebagai bencana dan kegagalan, namun selalu mencari sisi positif yang dapat menjadi pembelajaran berikutnya.  Permasalahan bukan akhir tujuan, sehingga Anda akan membuat perbedaan setelahnya.  Pikiran positif selalu melihat situasi dengan realistis dan siap menghadapi perubahan yang terjadi. 

3.  Kecerdasan Emosi.

Perilaku Positif, komunikasi yang baik, sikap empati adalah ciri dari kecerdasan emosional.  Anda selalu melihat dari perspektif orang lain, sehingga akan terbangun hubungan saling mengerti.  Anda mendengarkan dan memperhatikan orang lain berbicara, bukan sekedar menunggu waktu untuk berbicara. 

4.  Visi yang Jelas.

Kemampuan Anda menjelaskan visi yang akan diraih kepada setiap anggota tim.  Ketika tim mendapatkan gambaran yang jelas tentang visi dan misi organisasi, maka jelas kepemimpinan Anda telah terbentuk dengan baik.  Analogi dan cerita yang mudah dicerna menjadi salah satu cara Anda dalam menyampaikan visi. 

5.  Motivasi Tim.

Pemimpin adalah orang yang berpengaruh dan mampu mengangkat moral tim, sehingga tim akan termotivasi mencapai tujuan organisasi.  Kemampuan Anda membuat tim menerima visi merupakan kejelasan ketrampilan Anda  dalam kepemimpinan. 

6.  Contoh yang Baik (Role Model)

Pemimpin yang baik selalu menjadi contoh, mereka melakukan apa yang dikatakannya.  Bisa dipercaya dan penuh integritas adalah ciri pemimpin.  Keterlibatan Anda setiap hari sangat diperlukan dan kesigapan Anda melihat apa yang terjadi dalam organisasi selalu tampak. 

7.  Pengelolaan Kinerja yang Efektif.

Pemimpin dapat mengelola performa timnya dengan efektif sesuai ekspektasi yang jelas dan konsisten. Setiap anggota tim mampu dengan mudah mencapai kinerja maksimal ketika mereka tahu apa yang diinginkan.  Anda pun siap dengan perubahan kinerja jika ada isu yang terjadi di lapangan. 

8.  Memberikan Dukungan dan Stimulasi.

Pastinya jika Anda tidak mendukung usaha dan kerja keras tim mencapai tujuan, jelas ini bukanlah ciri seorang pemimpin.  Motivasi kerja tim akan terbangun manakala tugas dan kewajiban dapat terpenuhi setiap hari.  Tantangan dan Ketertarikan Kerja adalah acuan untuk berprestasi. 

Menjadi pemimpin yang baik adalah tujuan Anda dalam mengembangkan Kepemimpinan.  Menjadi pemimpin yang baik dapat dipelajari dan diterapkan.  Hanya perlu komitmen dan konsistensi Anda dalam memimpin yang harus disiapkan.

Leave a Reply