Kepemimpinan Gaya TripAdvisor sebagai Pembelajaran bagi Anda

kepemimpinan tripadvisorBagi Anda yang suka berwisata atau travelling mungkin sudah tidak asing dengan TripAdvisor, dimana menjadi salah satu tempat mencari rekomendasi destinasi perjalanan Anda.  Namun demikian tentu ada sosok orang yang menggerakkan perusahaan tersebut menjadi sukses mencapai hampir 1 milyar dolar.  Dikutip dari fastcompany.com berikut pelajaran berharga bagi Anda dalam memimpin sebuah organisasi dari pengalaman Stephen Kaufer sebagai sang dalang dibaliknya. 

1.  Siap Menghadapi Perubahan

Sekecil apapun terjadinya perubahan di pasar maka Anda perlu mengkondisikan diri untuk siap menerimanya.  Organisasi kecil mungkin akan terombang-ambing dengan adanya perubahan, sehingga meski Anda nyaman dengan kondisi tersebut dan karyawan Anda pun senang dengan pekerjaan mereka dalam sebuah departemen kecil, tetap saja perlu adanya edukasi bahwa perubahan akan terjadi sewaktu-waktu dan Anda beserta Tim harus siap menghadapinya.  Anda perlu melihat apakah model bisnis saat ini masih bisa diakomodir oleh pasar ataukah harus segera melakukan perubahan, meski akan memulainya kembali dari awal.  Kaufer menjual expedia.com untuk fokus pada pengembangan tripadvisor dan ternyata bekerja dengan baik. 

2. Segera untuk Berubah

Meski organisasi kecil akan rentan terhadap perubahan sekecil apapun, namun dengan keinginan menghadapi perubahan maka tidak perlu adanya sikap antipati terhadap perubahan itu sendiri.  Meski organisasi Anda berubah menjadi besar dan bertambah secara man power, dan membuat proses kontrol dan monitoring makin rumit, namun dengan adanya proses pengambilan keputusan yang tepat dan akurat, maka tidak perlu ada kekhawatiran berlebih.   Kaufer menyadari adanya Proses Pengambilan Keputusan yang tepat, Transparansi Kebijakan di Perusahaan, Review Meeting dan lainnya yang melibatkan banyak orang sehingga peningkatan ide dan saran kreatif makin cepat terwujud. 

3. Pelajari Pasar

Produk dan Layanan Anda akan menjadi tren ketika sudah meluncur ke pasar dan diakomodir oleh orang yang berkompeten.  Anda perlu tahu siapa saja yang akan menyerap produk dan layanan Anda, sehingga merupakan langkah baik untuk meningkatkan kualitas penjualan dan layanan.  Kualitas layanan ini bisa dirasakan bermanfaat ketika Anda memposisikan diri sebagai pelanggan atau customer. 

4. Kreatif Menghasilkan Uang

Kaufer mengemukakan bahwa ia tidak yakin dapat menghasilkan uang. Kaufer mengetahui bahwa TripAdvisor memberikan fungsi yang penting bagi para penggunanya, namun tidak memahami dengan baik bagaimana caranya menghasilkan uang dari hal tersebut. Menurut Kaufer, salah satu aspek penting dalam membangun bisnis yaitu, “mengetahui dengan baik siapa yang akan membayarmu dan berapa banyak.”  Anda perlu cari tahu mengenai proses monetisasi dari bisnis Anda sehingga roda berputar organisasi akan berjalan lancar. 

5. Komitmen Sukses

“Jika seorang entrepreneur ingin meluncurkan suatu bisnis namun cenderung untuk bekerja selama 45 jam di setiap minggunya, ini bukanlah mental yang dibutuhkan untuk memulai bisnis,” ungkap Kaufer. Kaufer mengungkapkan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki komitmen untuk membuat apa yang mereka mulai menjadi sukses. Meskipun ada hal lain yang perlu dikorbankan dalam hidupnya. Kaufer mengakui pada awal-awal ia membangun TripAdvisor ia bahkan tidak memiliki waktu untuk makan malam dengan keluarganya.

Leave a Reply